Jam Kerja Fleksibel, 8 Alasan Kenapa Kamu Harus Jadi Freelancer – Memilih bekerja lepas atau freelancer membutuhkan banyak pertimbangan. Setiap hal tentu ada kelebihan dan kekurangan. Tak terkecuali, menjalani profesi freelancer.

Bila dibandingkan pegawai kantor yang memiliki tunjangan dan gaji bulanan terjamin, seorang freelancer bisa saja tidak mendapat klien satu pun dalam sebulan. 

Akan tetapi, tidak ada yang bisa mengalahkan kebahagiaan karena kita bisa memulai bisnis sendiri sebagai freelancer atau entrepeneur.

Berikut adalah alasan paling populer yang bisa membantu kamu untuk memutuskan apakah freelancing ideal untuk kamu.

8 Alasan Kenapa Kamu Harus Jadi Freelancer

1Jadi Bos Bagi Diri Sendiri

jadi boss untuk diri sendiri
Gambar: ShutterStock

Alasan paling umum untuk memulai karir sebagai freelancer adalah kemampuan untuk menjadi bos Anda sendiri. Tidak ada lagi hari – hari kerja dengan manajemen atau atasan yang suka memerintah.

Tidak ada lagi potongan gaji karena terlambat datang ke kantor, tidak ada lagi Surat Peringatan karena kamu tidak mencapai target perusahaan. 

Menjadi bos bagi diri sendiri adalah alasan utama orang memilih pekerjaan lepas. Bahkan, kamu bisa melakukan hobi yang kamu sukai dengan bayaran yang tinggi. 


2Akhir dari Politik Kantor

politik kantor - konflik
Gambar: ShutterStock

Politik kantor memiliki kebiasaan mengerikan yang membuat banyak orang menderita dan stres. Banyak karyawan mengatakan itu adalah bagian terburuk dari pekerjaan mereka.

Politik kantor ini meliputi ada rekan kerja yang sering cari muka pada manajer, persaingan sesama teman kantor yang tidak sportif, dan konflik serta gosip yang membuat lingkungan kerja sangat tidak nyaman. 

Untungnya, jika kamu bekerja sebagai freelancer, kamu bekerja untuk dirimu sendiri. Kamu bisa mengucapkan selamat tinggal pada politik di kantor untuk selamanya. 


3Membuat Keputusan Sendiri

membuat keputusan - berpikir
Gambar: ShutterStock

Pekerja lepas atau freelancer memungkinkan kamu untuk mengontrol kondisi dan membuat keputusan sendiri. Tidak ada perdebatan tentang apa yang harus kamu lakukan karena semua terserah pada keputusanmu. 

Kapan kamu akan mulai mengerjakan, di mana kamu akan bekerja, dan siapa saja klien atau proyek yang kamu ambil, adalah kamu sendiri yang memutuskan. Sama sekali tidak ada perdebatan, dan lebih banyak kebebasan mengambil keputusan.


4Waktumu Adalah Milikmu Sendiri

manajemen waktu
Gambar: ShutterStock

Tidak ada lagi jam kantor nine-to-five, kecuali jika kamu mengatur jadwal seperti itu. Jika kamu merasa paling produktif antara pukul 02.00 hingga 06.00 pagi, maka terserah kamu untuk bekerja kapan saja sesuai keinginan. 

Jika klien kamu ingin kamu online antara jam 09.00 hingga jam 17.00, kamu juga bisa mengadakan pertemuan klien ini setiap saat sesuai kesepakatan. 


5Kamu Bebas Bekerja Dimana Saja

kerja di mana saja - kerja sambil liburan - kerja remote
Gambar: ShutterStock

Sebagai pekerja lepas atau freelancer, kamu bebas menentukan sendiri dari mana kamu akan bekerja. Apakah di kamar hotel, apartemen, kedai kopi, di tepi pantai, atau tepi kolam renang, kamu sendiri yang menentukan di mana kamu akan bekerja. 

Klien tidak akan mempermasalahkan dari mana pun kamu bekerja, selama pekerjaan itu bisa selesai tepat waktu dan berkualitas.


6Kamu Bebas Memilih Proyek 

agen asuransi - asuransi kesehatan
Gambar: ShutterStock

Jika kamu seorang web designer dan tidak suka bekerja di perusahaan tembakau, kamu tidak perlu melakukannya. Atau jika kamu seorang penulis lepas, dan tidak ingin menulis artikel bertema judi online, maka kamu juga tidak perlu melakukannya. 

Kamu bebas memilih proyek yang kamu ingin kerjakan sesuai keinginan hati. Hal ini tentunya berbeda dengan karyawan kantor yang harus bertanggung jawab mengerjakan proyek yang ditugaskan manajer kepada mereka. 

Pekerja lepas memilih proyek berdasarkan keahlian dan minat mereka. 


7Kamu Bebas Memilih Klien untuk Bekerjasama

les privat private course
Gambar: ShutterStock

Klien kurang komunikatif, sering membayar gaji terlambat atau bahkan menunda  – nunda pembayaran yang jatuh tempo, adalah klien yang diibaratkan seperti mimpi buruk.

Sebagai freelancer, kamu bebas memilih klien untuk bekerjasama. Kamu tentunya ingin bekerja dengan orang – orang yang baik, lingkungan kerja nyaman dan menyenangkan, serta klien yang bisa membina hubungan baik dalam jangka panjang. 

Jika klien sudah memiliki sikap – sikap “toxic” yang bisa menghambat laju bisnismu, jangan ragu untuk mencari klien baru yang lebih bisa diandalkan.


8Kamu Dapat Menghasilkan Lebih Banyak Uang Daripada Sebelumnya

usaha sampingan di rumah
Gambar: ShutterStock

Di masa – masa awal karir jadi freelancer, kamu mungkin akan mengambil pekerjaan yang bisa kamu dapatkan, meski dengan harga rendah. 

Namun, seiring waktu, kamu akan memiliki lebih banyak tawaran pekerjaan ketimbang harus mengikuti lelang pekerjaan. 

Jadi, kamu memiliki lebih banyak opsi untuk memilih dan menyeleksi proyek mana saja yang kamu akan ambil. Menariknya lagi, kamu dapat menaikkan tarif. 

Biasanya, seorang freelancer dibayar jauh lebih tinggi daripada pegawai biasa. Mengapa begitu? Pekerja lepas memenuhi semua pengeluaran mereka. Seperti biaya kesehatan, tagihan listrik, tagihan sambungan internet, peralatan komputer, dan lain – lain. 

Seiring perkembangan bisnis dan pengalaman jam terbang yang tinggi, penghasilanmu sebagai freelancer juga akan meningkat bahkan tak terbatas. 


Artikel Lainnya:

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.