Bosan Kerja Kantoran? Ini 7 Pekerjaan Freelance dengan Gaji Tinggi – Menjadi freelancer dengan bayaran tinggi merupakan impian semua pekerja.

Maklum saja, sebagai pekerja lepas yang kondisi finansialnya tidak memiliki jaminan, tentunya gaji tinggi bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan hidup dan biaya bulanan.

Akan tetapi, meski terdengar menyenangkan. Pada kenyataannya, bekerja di dunia freelancing tidak semudah membalik telapak tangan.

Ada kalanya, persaingan begitu ketat dan membuat kamu harus memutar otak agar bisa mendapatkan lebih banyak klien dengan harga yang pantas.

Biasanya, pembayaran jasa freelancer tergantung pada tingkat keahlian, pengalaman, dan kualitas pekerjaan yang dihasilkan.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui target pasar atau klien kamu dan keterampilan mana yang bisa meraup penghasilan tinggi.

Dengan begitu, kamu bisa mempelajari keterampilan baru tersebut atau merencanakan karier freelancer yang lebih cemerlang di masa depan.

Bagi kamu yang tidak tertarik untuk menjadi pegawai kantoran, simak 7 pekerjaan freelance dengan gaji tinggi berikut ini. Siapa tau, penghasilan kamu bisa lebih yahud dibanding jadi pegawai kantoran!

Bosan Kerja Kantoran? Ini 7 Pekerjaan Freelance dengan Gaji Tinggi

1Programming And Software Development

menjadi pekerja lepas dan memiliki pendapatan lebih banyak
Sumber: dribble.com

Ini dia pekerjaan freelance dengan gaji tinggi yang pertama. Programming dan pengembang perangkat lunak masih menjadi pekerjaan menjanjikan di dunia freelancing.

Tengok saja, James Knight, ia rela melepas pekerjaan tetapnya di perusahaan raksasa teknologi, Google untuk menjadi freelancer.

Baca juga: Kerja Remote dari Rumah, Simak 5 Tips Agar Kamu Tetap Termotivasi

Kini ia mengantongi lebih dari $1.000 per jam atau sekitar Rp14 juta sebagai programmer software dan aplikasi seluler.

Keterampilan ini membutuhkan kecakapan khusus dan cukup sulit dikuasai. Tidak banyak pembuat code yang baik di luar sana. Jadi, permintaan coders sangat tinggi dan bayaran juga tinggi.


2Desain dan Pengembangan Web

inspirasi - kreativitas freelancer

Menurut laporan statistik UpWork, Pengembangan PHP adalah keterampilan paling laris pada 2015. Desain Web menempati urutan ke-7. Tak heran bila ini menjadi salah satu pekerjaan freelance dengan gaji tinggi.

Ada banyak permintaan sebagai desainer web. Namun, patut dicatat bahwa industri desain web freelance cukup ramai saat ini. Apalagi, mudah untuk mempelajari desain web dan mulai mengembangkan situs web.

Akan tetapi, untuk memulai bisnis pengembangan web, kamu harus memiliki strategi yang tepat. Misalnya, kamu bisa bisa membangun situs dengan WordPress atau melakukan penyesuaian sesuai tema yang diinginkan klien.

Kamu akan bisa mendapatkan lebih banyak penghasilan, apabila menawarkan jenis layanan yang tepat pada klien yang tepat pula.


3Pemasaran Konten / Menulis

Influencer - youtuber
Gambar: ShutterStock

Tren pemasaran online dan pengembangan teknologi digital seperti Inbound Marketing. Metode ini mengembangkan cara agar sebuah brand atau produk bisa ditemukan dengan mudah oleh calon konsumen. Terutama, melalui media penelusuran internet atau Google.

Untuk itu, penulisan konten saat ini dianggap sebagai salah satu bidang “terpanas” yang dicari banyak klien. Mau kerja pekerjaan freelance dengan gaji tinggi? Ini bisa jadi jalan untukmu.

Baca juga: Bagaimana Cara Merekrut Freelancer Berbakat ke Bisnis Kamu?

Sudah banyak lho, freelancer yang membuktikan bahwa dengan menulis konten yang baik, ia bisa menghasilkan jutaan rupiah, bahkan jutaan dolar.

Dengan melakukan pekerjaan seperti blogging untuk perusahaan/brand, menulis konten untuk media sosial produk tertentu, dan pemasaran konten lainnya, kamu bisa menghasilkan pundi–pundi rupiah yang berlimpah.

Sekalipun, semua orang bisa menulis. Namun, tidak semua orang bisa menjadi penulis yang terampil.

Kamu harus memiliki bakat menulis, banyak membaca, dan yang paling penting, kamu harus selalu mengasah kreativitas.

Dari sini, kamu bisa menciptakan tulisan yang luar biasa dan dibayar dengan baik. Bahkan, gelar master di bidang sastra atau keterampilan esai bernilai A+ tidak menjadi jaminan kamu bisa menjadi penulis lepas yang dibayar mahal.

Itu semua hanya terbentuk dari latihan dan pengalaman selama bertahun – tahun.


4Desain Grafis

Belum cocok dengan pekerjaan di atas? Tenang, pekerjaan pekerjaan freelance dengan gaji tinggi selanjutnya adalah menjadi seorang desainer grafis.

Faktanya, pekerjaan desain grafis menjadi pekerjaan lepas yang paling diminati. Tak main-main, pekerjaan ini bisa menghasilkan sekitar $85 per jam atau sekitar Rp1,2 juta per jam. Keren!

Pekerjaan ini juga membutuhkan skill khusus dan kreativitas tinggi untuk menciptakan desain gambar yang bernilai artistik sekaligus bisa menyampaikan pesan yang diinginkan oleh brand atau produk yang ingin dipromosikan.

Desain grafis bisa meliputi pekerjaan seperti: membuat infografis, desain logo, desain ikon, dan ilustrasi berita.


5Copywriter

freelancer bisa bekerja di mana sana dan kapan saja
Sumber: dribble.com

Copywriter berbeda dari pemasar konten dan penulis. Freelancer lepas ini mengkhususkan diri dalam menulis konten untuk halaman situs, deskripsi untuk produk, layanan, dan sebagainya.

Baca juga: Serupa Tapi Tak Sama, Ini Beda Remote Work & Telecommuting

Tarif biaya jasa untuk copywriter tergantung pada tingkat pengalaman dan keterampilan setiap freelancer.

Linda Formichelli, copywriter lepas berpengalaman, dapat menghasilkan $250 per jam atau setara dengan Rp3,5 juta per jam.


6Pemrograman MySQL

pendapatan freelance - tarif freelancer - kebahagiaan freelancer dibandingkan pekerjaan kantoran
Gambar: ShutterStock

Setiap perusahaan modern di seluruh dunia saat ini, memiliki basis data atau database yang tersimpan sebagai aset penting perusahaan.

Untuk mengelola basis data dengan aman dan baik, dibutuhkan seorang teknisi yang memiliki keterampilan khusus, terutama pengetahuan di bidang bahasa scripting web seperti PHP dan MySQL.

Pekerjaan lepas ini bisa menghasilkan sekitar Rp600 juta per proyek, tergantung pengalaman dan keahlian setiap freelancer.


7Pemasaran Instagram

Dari semua saluran media sosial yang ada sekarang, Instagram berkembang dengan cepat menjadi saluran paling populer.

Siapa pun entah itu influencer, perusahaan, brand dan bisnis apa pun bisa memanfaatkannya untuk memasarkan produk atau layanan yang ditawarkan.

Baca juga: 8 Cara Milenial Menghasilkan Uang Dari Internet Secara Digital

Itu sebabnya, perusahaan rela menyewa seorang pemasar yang berpengalaman dengan Instagram.

Bahkan, seorang Instagram marketer profesional bisa menghasilkan hingga enam digit penghasilan.

Namun, untuk rata–rata pemasar Instagram pada umumnya bisa mendapatkan penghasilan Rp200 ribu per jam.

Ya, dari 7 pekerjaan freelance dengan gaji tinggi di atas, mana yang paling kamu minati? Jangan lupa, buatlah tabungan khusus untuk menampung upah dari hasil kerja kerasmu.

Baca juga: Mau Tambah Penghasilan? Yuk, Geluti 11 Usaha Sampingan di Rumah Ini

Selain ditabung, jangan lupa juga untuk menginvestasikannya karena dengan berinvestasi, kamu bisa menambah penghasilan seiring berjalannya waktu, lho.

Selamat mencoba dan semoga pendapatan kamu selalu meningkat, ya!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.