7 Karakter Freelancer Sukses yang Bisa Mendatangkan Banyak Uang – Saat ini jutaan orang di seluruh dunia menggolongkan diri mereka sebagai freelancer.

Bekerja jarak jauh, telecommuting, freelancer atau pekerja lepas sangat populer, apa pun sebutannya. Baik pekerja sendiri maupun perusahaan, sama–sama mendapatkan keuntungan dari hubungan ini. 

Baca juga: Jam Kerja Fleksibel, 8 Alasan Kenapa Kamu Harus Jadi Freelancer

Sayangnya, tidak semua orang cocok menjalani profesi sebagai freelancer jarak jauh. Jadi, jika kamu melihat skenario potensial ini dari sudut pandang pemberi kerja, coba ketahui dulu beberapa kriteria karakter yang harus dimiliki freelancer sukses sebelum merekrutnya.

Berikut adalah 7 karakter freelancer sukses yang mampu mendatangkan banyak uang. Apa saja, sih?

7 Karakter Freelancer Sukses yang Bisa Mendatangkan Banyak Uang

1Motivasi diri

freelance kerja online di rumah - Karakter Freelancer Sukses

Tetap fokus dan semangat kerja saat di kantor konvensional, jauh lebih mudah ketimbang bekerja dari jarak jauh. Ketika kamu bekerja dari rumah, kemungkinan akan ada banyak gangguan. 

Baca juga: 10 Peluang Kerja Online yang Harus Dicoba Sekarang

Entah itu, bersantai, bermalas-malasan, dan hal lainnya. Sangat penting bagi kamu untuk tetap bersemangat dan memotivasi diri agar bisa bekerja sesuai deadline.

Karena sebagai freelancer, kamu sendiri yang akan menjadi bos bagi dirimu sendiri tanpa ada orang lain yang memberitahu apa yang harus kamu lakukan. 


2Disiplin

deadline sibuk banyak project - karakter freelancer sukses

Walaupun pekerja jarak jauh tidak harus berurusan dengan drama dan konflik seperti di lingkungan kantor tradisional, tetapi kamu masih bisa terkena dampak dari pengalihan konsentrasi. 

Terutama, untuk kamu yang bekerja dari rumah. Itulah sebabnya, disiplin harus menjadi karakteristik yang sangat penting jika kamu ingin sukses.

Pekerja jarak jauh harus pandai mengelola waktu dan menetapkan tenggat waktu serta menindaklanjutinya. Kamu juga harus mendapatkan istirahat dan olahraga yang cukup. 


3Komunikator yang luar biasa

layanan profesional - pekerja lepas - freelancer - Cara Milenial Menghasilkan Uang Dari Internet Secara Digital - membuat proposal freelancer
Gambar: ShutterStock

Karena karyawan jarak jauh tidak menghabiskan banyak waktu di kantor, maka mereka harus menjadi komunikator yang baik. 

Pekerja remote harus mahir mengggunakan email dan telepon, memahami bagaimana menyampaikan hasil secara jelas dan ringkas. 

Komunikasi adalah faktor penting dalam semua jenis hubungan. Inilah yang membuat semua pekerjaan dapat berjalan lancar dan menjadi bagian dari terwujudnya kesuksesan. Apalagi, freelancer jarak jauh bekerja secara secara virtual.

Baca juga: 10 Situs Freelance yang Wajib Dicoba Seluruh Freelancer

Para freelancer sukses memiliki keterampilan komunikasi yang baik. Ini harus menjadi dasar dari kemampuan mereka. 

Mereka mampu mengekspresikan diri, apakah dalam mempresentasikan pekerjaan mereka atau dalam menyampaikan pemikiran dan ide-ide mereka kepada klien. 

Komunikasi yang dilakukan sebaiknya berkonsep dua arah. Sebagus apa pun freelancer berbicara, mereka juga harus mampu menjadi pendengar yang baik dan mendengarkan apa yang diinginkan klien serta tetap berpikiran terbuka. 

Rapat, diskusi, dan brainstorming sangat sering terjadi dalam pekerjaan jarak jauh. 


4Responsif

mengajar bahasa inggris
Gambar: ShutterStock

Freelancer jarak jauh yang sukses juga harus responsif dalam menanggapi dan melayani klien. Klien terkadang membutuhkan informasi dan jawaban secepatnya.

Itu sebabnya, selain menjadi komunikator yang baik, pekerja jarak jauh harus sangat responsif. Mereka harus selalu aktif dan bisa dijangkau selama hari kerja. Entah itu, melalui telepon atau email


5Cerdas teknologi

bisnis online - jualan produk online - jualan online - usaha sampingan di rumah
Gambar: ShutterStock

Pekerja jarak jauh juga harus memahami teknologi. Karena sebagian besar waktu yang dihabiskan akan bekerja dengan komputer dan perangkat digital atau gadget lainnya.

Oleh karena itu, teknologi modern harus menjadi bagian penting dalam hidup freelancer yang sukses.

Baca juga: It’s Yesterday! 5 Stigma Keliru Tentang Freelancer yang Harus Dihindari

Jangan sampai apabila kamu mempekerjakan freelancer jarak jauh, ia akan lebih sering menghubungi tim IT perusahaan karena kesulitan pada hal – hal yang seharusnya bisa dipecahkan sendiri. 


6Mandiri dan Inisiatif

peluang kerja online voice over - voice actor
Gambar: ShutterStock

Kemandirian merupakan karakter freelancer yang sukses tanpa terlalu mengandalkan instruksi atasan atau klien mereka.

Jika mereka menghadapi kendala, mereka seharusnya memiliki solusi sendiri. Setidaknya, hal ini menunjukkan bahwa freelancer sukses juga mempunyai upaya kolaboratif dan inisiatif yang hebat. 

Baca juga: 8 Cara Milenial Menghasilkan Uang Dari Internet Secara Digital

Kualitas lain yang dimiliki freelancer sukses adalah problem solver atau bisa memecahkan masalahnya sendiri. Ini terutama berlaku untuk pekerja jarak jauh yang menghadapi masalah dalam komunikasi.

Misalnya, karena pemadaman listrik, masalah koneksi internet, keadaan darurat, dan sebagainya. 


7Kolaborator hebat

les privat private course - membuat klien senang - banjir orderan job
Gambar: ShutterStock

Kolaborasi adalah salah satu soft skill teratas yang dicari pemilik bisnis saat bekerja sama dengan freelancer.

Kolaborator terbaik adalah diplomat dalam arti bahwa mereka membangun hubungan kerja mereka dengan rasa saling percaya.

Karakteristik ini biasanya akan datang secara alami apabila freelancer merupakan tipe yang senang bekerja sama dan kolaboratif. 

Mereka adalah tipe orang yang selalu berpikir tentang “kita” dan bukan “aku.” Kolaborator menunjukkan kemampuan kepemimpinan dan bersedia untuk meningkatkan. Bahkan, jika itu tidak selalu menempatkan mereka dalam sorotan. 

Baca juga: Bagaimana Cara Merekrut Freelancer Berbakat ke Bisnis Kamu?

Freelancer ini juga memiliki keterampilan komunikasi yang hebat. Mereka mau mendengarkan dengan penuh perhatian, mengajukan pertanyaan yang tepat, dan mencari jawaban yang tepat.

Pekerja lepas jarak jauh yang merupakan separuh mayoritas tenaga kerja muda saat ini akan berkembang pesat dalam beberapa tahun ke depan. Bagaimana, apakah karakter freelancer sukses sudah kamu miliki?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.