6 Karir Freelance Terbaik untuk Lulusan SMA – Bagi lulusan SMA yang ingin segera mandiri dari sisi finansial tanpa perlu lagi merepotkan orangtua, karir freelance bisa jadi alternatif pilihan ideal.

Tidak perlu berkecil hati, apabila kamu hanya memiliki ijazah SMA. Karena kamu masih bisa kok, mendapatkan pekerjaan tanpa gelar apa pun. Bahkan, kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang berpenghasilan tinggi hanya dari rumah.

Faktanya, memang banyak freelancer sukses yang tidak memiliki kualifikasi pendidikan dari perguruan tinggi.

Berikut adalah beberapa jenis pekerjaan freelance terbaik untuk lululusan SMA yang bisa dikerjakan dari rumah atau secara remote.

Jika kamu tipe orang yang berani menghadapi tantangan? Baik! Langsung saja simak daftar berikut ya.

6 Karir Freelance Terbaik untuk Lulusan SMA

1Penulis Lepas

menulis - story telling - blogging - jadi freelancer
Gambar: ShutterStock

Karir freelance terbaik untuk lulusan SMA pertama dalam daftar ini adalah dengan menjadi seorang penulis lepas.

Menjadi seorang penulis lepas memang bukan karir yang paling menguntungkan dan menjadi impian setiap orang. Tetapi, karir ini bisa dilakukan oleh semua orang dari jurusan apa pun.

Baca Juga: Jam Kerja Fleksibel, 8 Alasan Kenapa Kamu Harus Jadi Freelancer

Misalnya, ada banyak jenis penulis lepas seperti copywriter yang menulis teks untuk situs web dan deskripsi produk.

Kemudian, ada pula blogger lepas yang menulis untuk blog. Editor lepas yang mengedit tulisan dan konten. Serta, masih ada banyak kategori penulisan lain seperti penulis teknis, penulis novel, penulis konten media sosial, dan lain – lain.

Tergantung pada apa minat dan keterampilan menulis yang kamu miliki, kamu bisa memilih kategori penulisan yang paling nyaman dan cocok dengan keahlianmu.

Setelah kamu memiliki pengalaman dan jam terbang yang tinggi, kamu bisa mencoba proyek lain. Seperti ahli strategi pemasara digital untuk bisnis atau start up.


2Programmer / Coder

situs freelance indonesia terbaik - programming - website - development
Gambar: ShutterStock

Pemrograman adalah tanpa diragukan lagi karir yang paling menguntungkan yang dapat kamu kejar. Pekerjaan ini akan menghasilkan sekitar $ 100 per jam minimum jika kamu memiliki apa yang diperlukan untuk membuktikan keahlianmu.

Baca Juga: 10 Situs Freelance yang Wajib Dicoba Seluruh Freelancer

Coding juga memiliki jalur karier yang mengesankan. Misalnya, kamu dapat bergabung dengan startup sebagai founder dengan memberikan keterampilan pengkodean serta meminta imbalan berupa saham perusahaan.

Kamu bisa menggunakan situs atau platform tertentu untuk menemukan peluang semacam ini. Situs ini biasanya berisi pekerjaan atau lowongan kerja dari startup baru yang juga menerima co-founder dan membagikan sahamnya.


3Desainer

desain grafis - graphic designer
Gambar: ShutterStock

Meskipun mudah untuk belajar aplikasi Photoshop, dibutuhkan lebih banyak keterampilan sebagai seorang desainer.

Baca Juga: Catat ya! Ini 5 Kesalahan Freelancer Saat Bidding Project

Setidakya, kamu perlu belajar menggunakan warna, tipografi, vektor, template, design user interface, design user experience, design user interaction, dan banyak lagi.

Sebagai desainer lepas, kamu bisa mengikuti jalur karir yang berbeda untuk meningkatkan karier dalam banyak cara.

Misalnya, kamu dapat menjadi manajer, leader, atau koordinator tim yang memiliki bawahan atau mengembangkan proyek di bawah pimpinanmu.


4Digital Marketer / Pemasar Digital

Influencer - youtuber
Gambar: ShutterStock

Karir freelance terbaik untuk lulusan SMA selanjutnya adalah menjadi digital marketer. Saat ini pemasaran digital menjadi salah satu strategi bisnis yang paling menonjol di berbagai bisnis. Pemasar lepas sangat erat kaitannya dengan menulis.

Baca Juga: Mau Tambah Penghasilan? Yuk, Geluti 11 Usaha Sampingan di Rumah Ini

Jadi, apabila kamu suka menulis, kamu bisa belajar dan mengembangkan keterampilan marketing agar tulisanmu bisa membantu klien memasarkan produk atau mengembangkan brand bisnisnya.

Pemasaran digital ini termasuk pemasaran email, pemasaran konten, SEO, pemasaran inbound, pemasaran melalui media sosial, dan masih banyak lagi.

Terlebih lagi, apabila kamu memiliki kreativitas yang tinggi dalam hal pemasaran. Keterampilanmu akan sangat dicari oleh para pemilik start up untuk mempromosikan dan menjual produknya.

Baca Juga: 10 Peluang Kerja Online yang Harus Dicoba Sekarang

Bisa dikatakan pemasar lepas yang menggunakan ide – ide kreatif untuk memasarkan produk adalah karir yang sangat menjanjikan di masa sekarang ini.


5Seniman

peluang kerja online jasa edit video - video editing
Gambar: ShutterStock

Seniman dan ilustrator kerap dibayangkan sebagai orang yang memprihatinkan dari sisi finansial. Ini karena ada beberapa seniman yang menjual jasanya di jalanan dengan beberapa rupiah saja.

Untungnya, berkat internet semua itu berubah untuk selamanya. Saat ini banyak seniman dan ilustrator yang bekerja secara profesional untuk perusahaan komik atau studio animasi.

Baca Juga: 8 Cara Milenial Menghasilkan Uang Dari Internet Secara Digital

Ada juga beberapa ilustrator yang bekerja menggambar untuk buku anak – anak atau perusahaan penerbitan buku dan novel.

Selain itu, karir yang sangat populer saat ini adalah menggambar untuk konsep seni dan skema dalam permainan video atau film.

Jangan khawatir, masih ada banyak jalur karier berbeda yang dapat kamu coba sebagai seniman lepas.

Bahkan jika kamu tidak bisa mendapatkan pekerjaan sebagai seniman lepas di perusahaan, masih ada banyak cara lain untuk menghasilkan uang, seperti menjual poster, ilustrasi, dan template situs web online.


6Social Media Specialist

admin sosial media
Gambar: ShutterStock

Menjadi social media specialist juga merupakan salah satu karir freelance terbaik untuk lulusan SMA yang bisa dipertimbangkan.

Di era digital, hampir setiap orang memiliki setidaknya satu akun media sosial. Di luar sana ada banyak perusahaan yang akan membayar kamu untuk membuat profil jejaring media sosial yang bersinar.

Baca Juga: 5 Tips Negosiasi Gaji untuk Fresh Graduate

Kamu akan bertanggung jawab membuat postingan konten, berinteraksi atau menanggapi komentar audiens, dan membuat profil media sosial sebuah brand menonjol dibandingkan yang lain.

Mana nih karir yang ingin kamu coba terlebih dahulu? Itulah 6 karir freelance terbaik untuk lulusan SMA yang bisa kamu pilih untuk dijalani.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.