5 Kebahagiaan Freelancer yang Tak Dimiliki Pekerja Kantoran – Bekerja di perusahaan yang memiliki peraturan terlalu ketat, sering dituding sebagai pembunuh produktivitas dan kreativitas karyawan.

Bukannya bisa bekerja maksimal, pegawai malah merasa stres dan menganggap pekerjaan sebagai beban. Seringkali, tidak sedikit pegawai yang mengeluh pekerjaan penuh mereka sangat membosankan.

Inilah sebabnya, banyak orang yang mulai melirik pekerjaan lepas atau freelancer. Menurut statistik seperti dikutip dari laman Entrepeneur, Amerika Serikat dan India merupakan negara penghasil freelancer profesional tertinggi di dunia.

Orang India dikenal di dunia sebagai mitra kerja yang terampil dan hebat. Terlebih lagi, mereka sudah mahir bahasa Inggris sejak kecil sebagai bahasa ibu kedua di India.

Contohnya seperti Dipesh Garg, CEO dan Founder Truelancer.com. Bisnisnya menjalankan platform freelancer dengan proyek–proyek yang relevan. Portal yang didirikan ini memiliki lebih dari 450.000 freelancer.

Rata-rata freelancer mengaku sangat nyaman dan bahagia dengan pekerjaan yang ditekuni. Berikut adalah beberapa kelebihan bekerja lepas ketimbang bekerja kantoran yang bisa kamu pertimbangkan.

5 Kebahagiaan Freelancer yang Tak Dimiliki Pekerja Kantoran

1Kebebasan Memilih Klien dan Proyek

kerja di rumah - work from home

Salah satu kebahagiaan freelancer yang tak dimiliki pekerja kantoran adalah kamu bebas memilih klien atau proyek yang ingin kamu selesaikan.

Baca juga: It’s Yesterday! 5 Stigma Keliru Tentang Freelancer yang Harus Dihindari

Pekerjaan lepas memberikan kemudahan bagi seseorang untuk memilih jenis proyek berdasarkan minat dan keterampilan terbaik yang dimiliki. Dengan begitu, hasil pekerjaan akan lebih maksimal.

Berbeda dengan bekerja kantoran, umumnya pekerjaan akan mengikuti arahan dari pimpinan atau manajer. Suka atau tidak suka, kamu harus menyelesaikan tugas yang diberikan dengan penuh tanggung jawab.


2Fleksibilitas Tempat dan Jam Kerja

Kerja sambil liburan
Gambar: CanWork

Kebahagiaan lainnya yang dimiliki freelancer adalah mereka bebas mengerjakan proyeknya dari mana saja dan kapan saja.

Yang terpenting, mereka bisa menyelesaikan proyek sesuai dengan tenggat waktu yang sudah disepakati dengan klien.

Baca juga: 8 Cara Milenial Menghasilkan Uang Dari Internet Secara Digital

Hal ini yang kerap menjadi motivasi banyak orang memilih pekerjaan freelancing. Mereka bisa menyeimbangkan antara kehidupan pribadi dan karier. Tentu, kebahagiaan freelancer akan didapat.

Dengan bekerja dari rumah atau dari mana pun, mereka bisa menghasilkan uang tanpa perlu meninggalkan anak atau keluarga terdekat.

Untuk seorang freelancer, hal yang paling penting adalah memberikan pekerjaan yang berkualitas dan ia dapat memilih lokasi kerjanya dan memiliki fleksibilitas waktu.


3Peluang untuk Mendapatkan Uang Lebih Banyak

dapat uang online - kerja online

Freelancing memungkinkan individu untuk mendapatkan akses ke klien di luar hambatan geografis. Baik itu negara bagian yang berbeda di negara tersebut atau bahkan di luar negeri.

Ini membantu seseorang memperluas geografi dan mengerjakan apa yang paling bermanfaat bagi keterampilan mereka.

Baca juga: 7 Strategi Jitu Menambah Penghasilan dari Buku

Saat ini, bisnis dan pekerja mengalami perubahan yang cepat. Freelancing membuka dunia bisnis dengan peluang baru untuk memakai jasa atau layanan secara global.


4Peluang untuk Bereksperimen

kerja di rumah freelancer - kerja lepas
Gambar: ShutterStock

Kebahagiaan freelancer lainnya yang bisa dirasakan adalah kesempatan untuk benar-benar bereksperimen dengan keahlian kamu.

Kamu bisa memperluas dan mengembangkan lagi wawasan atau keterampilan yang kamu miliki dan mencapai kemampuan terbaik yang kamu bisa.

Baca juga: 10 Situs Freelance yang Wajib Dicoba Seluruh Freelancer

Sebagai freelancer profesional, kamu mungkin akan mendapatkan berbagai jenis proyek yang berbeda–beda dan semuanya menuntut agar diselesaikan dengan baik.

Semakin banyak jam terbang dan proyek yang terselesaikan, semakin banyak pengalaman dan keterampilan yang kamu latih.

Misalnya saja, jika sebelumnya kamu memiliki bakat dan minat di bidang menulis artikel. Kamu bisa mencoba bereksperimen untuk menawarkan jasa penulisan caption di media sosial, company profile, blogging, deskripsi produk, hingga menulis naskah skenario film, e-book, dan masih banyak lagi.

Bayangkan, jika kamu bekerja sebagai seorang karyawan kantoran. Bisa jadi, kamu tidak akan berkembang sejauh itu. Karena umumnya, pekerjaannya sama dari waktu ke waktu, mengikuti proyek yang dimiliki perusahaanmu.


5Merasakan Kebebasan Hidup

bisnis online - jualan produk online - jualan online - usaha sampingan di rumah
Gambar: ShutterStock

Menjadi bos bagi diri sendiri memungkinkan kamu mengatur jadwal dan proyek sesuai apa yang kamu inginkan.

Tidak ada hal terindah dan menyenangkan di dunia ini selain menjadi orang yang merdeka dan bebas mengatur kehidupanmu sendiri.

Baca juga: 10 Peluang Kerja Online yang Harus Dicoba Sekarang

Karir freelancer bisa digambarkan seperti titik awal yang bisa mengubah hidup seseorang seumur hidup. Tak sedikit freelancer yang akhirnya bisa berkembang menjadi seorang individu yang lebih baik.

Sebagai contoh, jika kamu sebelumnya hanya bekerja sebagai pegawai kantoran dengan gaji Rp3 jutaan. Setiap hari berangkat pukul 08.00 pagi dan pulang kerja pukul 05.00 sore, terjebak kemacetan lalu lintas yang membosankan.

Kemudian, setelah beralih menjadi freelancer, kamu bebas menentukan sendiri proyek dan klienmu untuk mendapatkan uang. Kamu juga tidak perlu keluar rumah karena semua dilakukan secara online.

Dalam satu bulan, kamu juga bisa mengambil beberapa proyek sekaligus untuk menambah pendapatan. Dari sinilah, kamu bisa memulai membangun kehidupan yang lebih sejahtera dan menyenangkan.

Meskipun saat ini dunia freelancing cukup ketat persaingan, kamu tidak perlu berkecil hati. Freelancer yang lain sama seperti kamu, mereka juga berusaha mencari nafkah untuk keluarganya.

Jangan menganggap freelancer lain sebagai saingan, tetapi sebagai seorang mitra yang saling membantu di industri yang sama.

Jadi, sudah siap merasakan kebahagiaan freelancer dibandingkan pekerja kantoran?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.