8 Contoh Kerja Lepas untuk Penyandang DisabilitasFreelancing atau bekerja secara remote merupakan cara terbaik mencari nafkah tanpa perlu keluar rumah.

Bagi penyandang disabilitas, pekerjaan remote tentunya akan sangat membantu agar mereka tetap bisa menghasilkan uang dengan mudah.

Tidak banyak karier yang mudah dilakukan bagi penyandang disabilitas. Untuk itu, pekerja lepas bisa menjadi salah satu alternatif pekerjaan yang ideal bagi kaum disabilitas.

Agar bisa menjadi freelancer yang bekerja remote dari rumah, kamu harus memiliki keterampilan yang bisa dipasarkan. Kamu akan memakai keahlianmu untuk membuat layanan yang bisa dijual ke klien nanti.

Sebagai contoh, jika kamu bisa mendesain atau menggambar, kamu bisa menawarkan layanan merancang busana atau mendesain logo.

Sementara itu, jika kamu bisa membuat artikel, kamu bisa menawarkan jasa menulis e-book atau blogging.

Nah, berikut ini adalah 8 contoh kerja lepas untuk penyandang disabilitas. Ada apa saja, sih?

8 Contoh Kerja Lepas untuk Penyandang Disabilitas

1Transkripsi Audio ke Teks

kerja santai - kerja online - kerja dari rumah - kerja di rumah - kerja remote - Dunia Freelance
Gambar: ShutterStock

Ini dia contoh kerja lepas untuk penyandang disabilitas yang pertama. Pekerjaan transkripsi adalah salah satu pekerjaan termudah yang dapat kamu coba sebagai penyandang disabilitas.

Baca juga: 10 Situs Freelance yang Wajib Dicoba Seluruh Freelancer

Pekerjaan ini mengharuskan kamu untuk mendengarkan konten audio atau video. Kemudian, mengonversi semua yang diucapkan dalam audio tersebut ke dalam format teks.

Pekerjaan ini termasuk jasa yang cukup populer dan laris, terutama karena tren aplikasi podcasting.

Banyak podcaster yang menyewa jasa transcriptionists untuk mengubah setiap sesi atau episode podcast menjadi format teks. Dengan begitu, podcaster bisa mempublikasikan ke dalam blog.

Baca juga: 4 Blogger Buku Favorit yang Sering Kasih Rekomendasi Buku Bagus

Strategi hebat yang dapat digunakan untuk mencari pekerjaan transkripsi adalah menelusuri platform podcasting seperti iTunes atau Stitcher.

Kemudian, hubungi pembuatnya dan tanyakan apakah kamu bisa memberikan layanan transkripsi kepada mereka.


2Menulis Blog

kerja kapan saja - freelance - freelancer - freelancing

Saat ini ada banyak brand bisnis atau perusahaan ternama yang menciptakan blog sebagai branding awareness dan strategi pemasaran produk.

Jika kamu mahir dalam menulis dan memiliki perbendaharaan kata-kata yang baik, kamu bisa menawarkan jasa menulis blog.

Baca juga: 7 Strategi Jitu Menambah Penghasilan dari Buku

Bahkan, jika kamu belum memiliki portofolio tulisan sebelumnya, kamu bisa langsung mulai ikut dalam lelang proyek menulis blog.

Tetapi, sebaiknya kamu bisa mencoba terlebih dahulu menulis sebuah artikel, kemudian publikasikan melalui media sosial, blog pribadi, atau situs dan portal berita online untuk khalayak. Mintalah saran dari teman atau komunitas agar tulisanmu lebih berkualitas.


3Menjadi Asisten Virtual

komunikasi - kerja lepas - freelancer
Gambar: ShutterStock

Pekerjaan asisten virtual agak menantang untuk dikelola daripada kebanyakan pekerjaan lain. Pekerjaan ini biasanya melibatkan keterampilan manajemen waktu.

Alasannya, kamu harus pandai mengatur jadwal klien, menjawab email dengan baik, dan terkadang mengelola janji bertemu atau bahkan bekerja sama dengan beberapa orang lain yang juga bekerja untuk si klien tersebut.

Misalnya, jika kamu mendapatkan pekerjaan asisten virtual untuk blogger yang sukses, kamu harus mengatur jadwal blognya, membalas email, serta mampu mengelola penulis yang bekerja untuknya, dan masih banyak lagi.

Tertarik untuk menjalani kerja lepas untuk penyandang disabilitas ini?


4Menguji Aplikasi Seluler

chat - percakapan - diskusi - media sosial

Bisa dibilang, untuk melakukan pekerjaan ini, kamu tidak diharuskan memiliki keterampilan khusus.

Kamu hanya diminta untuk mengetes atau menguji sebuah aplikasi seluler dengan cara menginstalnya di smartphone kamu. Kemudian, cobalah untuk menggunakan aplikasi ini di ponsel atau komputer.

Pekerjaan ini umumnya akan menguji sebuah aplikasi atau fitur yang sama sekali belum diluncurkan secara luas ke khalayak umum.

Baca juga: 10 Peluang Kerja Online yang Harus Dicoba Sekarang

Jadi, pengembang aplikasi membutuhkan umpan balik dan saran agar aplikasinya bisa berjalan sukses.

Jika kamu menemukan kekurangan atau bug dan kesulitan menggunakan aplikasi ini, kamu cukup melaporkannya saja.


5Dubbing atau Pengisi Suara

freelance musisi - freelance seniman - podcast - pengisi suara - dubber - kerja sampingan untuk mahasiswa

Jika kamu memiliki suara yang bagus dan menguasai bahasa inggris atau bahasa asing lain dengan baik, maka bisa menjadi modal yang bagus sebagai artis sulih suara (dubber).

Saat ini banyak rumah produksi yang membutuhkan jasa seorang pengisi suara untuk konten video dan audio yang akan diunggah ke laman Channel Youtube maupun dipublikasikan sebagai film animasi televisi.

Jenis pekerjaan lain adalah podcaster yang akan mempromosikan iklan, kamu akan disewa oleh pembuat konten video untuk membuat presentasi, perkenalan video, dan sebagainya.


6Layanan Pelanggan

kerja di mana saja - kerja lepas untuk penyandang disabilitas

Pekerjaan layanan pelanggan sangat mudah. Kamu akan bekerja sebagai perwakilan perusahaan dan menanggapi pertanyaan pelanggan terkait dengan aspek penjualan dan teknis.

Terkadang kamu harus menggunakan aplikasi tertentu milik perusahaan untuk menjawab dan menanggapi pertanyaan pelanggannya.


7Penerjemah

mengajar bahasa inggris
Gambar: ShutterStock

Fasih berbahasa asing seperti bahasa Inggris, Mandarin, atau bahasa asing lainnya? Kamu bisa jadi penerjemah. Mungkin, ini jadi salah satu alternatif kerja lepas untuk penyandang disabilitas.

Baca juga: Kerja Remote dari Rumah, Simak 5 Tips Agar Kamu Tetap Termotivasi

Jasa ini sekarang banyak ditawarkan di beberapa platform freelancing. Misalnya untuk menerjemahkan dokumen, artikel, bahkan eBook dari satu bahasa ke bahasa lain.

Nah, itulah dia 8 contoh kerja lepas untuk penyandang disabilitas yang bisa dilakukan. Jangan khawatir, mungkin pada awalnya sulit menemukan pekerjaan lepas yang cocok.

Namun, setelah kamu mendapatkan banyak rating dan bintang, kamu akan lebih mudah menemukan proyek atau bahkan klien dalam jangka panjang. Semoga berhasil!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.