Tambah Penghasilan dengan 10 Kerja Sampingan untuk Mahasiswa Ini – Masa-masa kuliah memang menyenangkan. Selain tak perlu memakai seragam lagi, waktu belajar di kelas pun tak sepadat saat SMA.

Apalagi biasanya ada jeda yang cukup lama antara satu mata kuliah dengan mata kuliah yang lainnya dalam sehari.

Hmm…kamu suka bingung tidak sih, menghabiskan waktu yang ada saat menunggu jam kuliah? Mau pulang ke rumah dulu, rasanya malas. Kalau ke Mall, buang-buang uang saja. Tapi hanya duduk-duduk di kampus juga membosankan. 

Kalau begitu, bagaimana kalau kamu bekerja part time saja? Asyik lho, selain kamu bisa menghabiskan waktu dengan lebih bermanfaat, kamu juga akan mendapatkan uang saku tambahan. Seru kan?

Nah, kalau kamu masih bingung harus bekerja di mana, kami akan memberitahu 10 kerja sampingan untuk mahasiswa seperti kamu!

10 Kerja Sampingan untuk Mahasiswa

1Kerja di radio

freelance musisi - freelance seniman - podcast - pengisi suara - dubber - kerja sampingan untuk mahasiswa - freelance voice over

Bisa dibilang ini adalah kerja yang paling asyik. Radio adalah tempat yang menyenangkan untuk mendapat ilmu, pengalaman, dan juga uang tambahan.

Tak hanya menjadi penyiar saja, ada banyak posisi yang bisa kamu coba, mulai dari operator, scriptwriter, dan produser.

Baca juga: 7 Tips Hari Pertama Magang Buat Kamu, Dijamin Asyik!

Selain itu, radio biasanya sering membutuhkan crew tambahan untuk acara-acara off-air mereka. Senang kan, selain bisa bertemu artis idola, kamu pun dapat uang saku tambahan?


2Pustakawan

freelancer peluang kerja online - kerja sampingan untuk mahasiswa
Gambar: ShutterStock

Nah, banyak yang belum tahu kalau perpustakaan di kampus-kampus sering membutuhkan mahasiswa yang bekerja part time.

Walaupun sudah ada karyawan tetap, tapi biasanya karyawan paruh waktu dibutuhkan untuk pekerjaan yang bersifat fisik, seperti merapikan buku-buku di rak, menyusun katalog, melayani peminjam buku, dll. 

Baca juga: 7 Strategi Jitu Menambah Penghasilan dari Buku

Kalau kamu termasuk mahasiswa yang senang membaca dan bekerja dengan suasana tenang, kerja sampingan untuk mahasiswa berikut ini pasti cocok buatmu.

Selain itu, kelebihan lainnya adalah karena lokasinya yang masih di berada di dalam kampus, kamu tidak usah mengeluarkan ongkos tambahan. 


3Pramusaji di restoran

Pramusaji di restoran tambah penghasilan kerja sampingan

Pilihan lainnya yang bisa kamu ambil adalah menjadi pelayan di berbagai restoran, terutama restoran cepat saji yang biasanya banyak menerima karyawan part time.

Selain mendapat gaji bulanan, biasanya kamu juga mendapat jatah makan saat sedang bertugas. Lumayan kan, jadi tak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk membeli makan siang atau malam?


4SPG/SPB pameran dan produk kecantikan

sales promotion girl SPG

Apakah kamu termasuk mahasiswa yang supel, ramah, dan senang berada di keramaian? Nah, kerja sampingan untuk mahasiswa, yaitu sebagai Sales Promotion Girl atau Sales Promotion Boy di pameran-pameran dan Mall. 

Baca juga: 6 Tips Mengerjakan Skripsi dan Magang di Waktu Bersamaan

Ada banyak produk yang membutuhkan SPG/SPB, misalnya saja produk kecantikan, minuman kesehatan, alat olahraga, pameran produk UKM, dan lainnya.

Biasanya, karena ada beberapa SPG dan SPB yang bertugas, kamu bisa menyesuaikan waktu tugas dengan jadwal kuliahmu. Asyik kan?


5Agen asuransi

agen asuransi - asuransi kesehatan
Gambar: ShutterStock

Nah, ini sepertinya salah satu pekerjaan yang jadi favorit banyak mahasiswa juga. Kenapa bisa begitu?

Karena biasanya, komisi yang didapatkan saat berhasil closing 1 polis asuransi saja bisa mencapai ratusan ribu rupiah.

Baca juga: Sulit Dapat Kerja? Ini 8 Contoh Kerja Lepas untuk Penyandang Disabilitas

Coba saja bayangkan bila dalam sebulan kamu bisa closing sampai 10 polis? Uang jutaan rupiah sudah pasti akan kamu dapatkan.


6Distributor & dropshipper 

bisnis dropship - kerja sampingan
Gambar: ShutterStock

Bila kamu berbakat berjualan, maka ada baiknya kamu menjadi distributor atau dropshipper produk-produk yang ada di pasaran, misalnya saja produk kecantikan.

Lumayan kan, sambil kamu berjualan, juga bisa menggunakan produknya untuk kebutuhan pribadimu sendiri.


7Berjualan online

dapat uang online - kerja online

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, banyak orang malas bepergian hanya untuk sekedar shopping.

Nah, kesempatan ini bisa kamu jadikan peluang untuk berjualan online. Barangnya apa? Terserah kamu saja.

Baca juga: 7 Rekomendasi Toko Buku Favorit Buat Beli Buku Online

Coba lakukan survey kecil-kecilan, produk apa yang paling dicari orang-orang di internet. Nah, bila sudah ketemu, coba sediakan stok sedikit dulu untuk mengetes pasar.

Saat sudah laku terjual, putar kembali uang hasil penjualan untuk membelikan produk yang sama. Dengan begitu, uang kamu pun akan terus mengalir.


8Berjualan pulsa

chat - percakapan - diskusi - media sosial

Ini adalah produk jualan yang sudah pasti laku. Hari gini, mana ada orang yang tak butuh pulsa dan paket data? Kamu bisa mulai berjualan dengan menawarkannya ke teman-teman di kampus dan keluarga.

Oh iya, biasanya sering banyak kejadian pembelian pulsa secara “kasbon”, ya kan? Nah, supaya kamu tidak rugi, selalu catat setiap penjualan pulsa, siapa yang membelinya, dan berapa nominalnya. Jika sudah lewat maksimal seminggu, segera tagih pembayarannya baik-baik ya.


9Menjadi driver ojeg online

driver ojeg online - ride sharing
Gambar: ShutterStock

Kalau kamu membawa kendaraan ke kampus, baik motor ataupun mobil, coba daftarkan diri menjadi pengemudi ojeg online.

Kelebihan yang paling terasa dari pekerjaan sampingan yang satu ini adalah waktunya yang bisa sangat kamu sesuaikan dengan waktu luang saat tidak sedang kuliah. Selain itu, ada banyak bonus yang bisa kamu dapatkan setiap harinya.


10Menjadi makeup artist

Influencer - youtuber
Gambar: ShutterStock

Kamu suka dunia kecantikan dan selama ini senang bereksperimen dengan hasil riasanmu? Nah, sekarang sudah saatnya kamu memanfaatkan passion kamu itu agar bisa menghasilkan uang tambahan.

Makeup artist adalah salah satu profesi yang sekarang menjadi primadona. Kalau dulu, MUA hanya dibutuhkan saat acara pernikahan saja, sekarang tidak lagi.

Banyak momen-momen seperti wisuda, pertunangan, foto pre-wedding, riasan pesta, dan lainnya yang membutuhkan jasa MUA.

Sebagai pemula, kamu bisa membuat akun instagram khusus, dan posting foto-foto hasil riasan kamu di sana.

Mintalah bantuan sahabat atau keluarga untuk menjadi modelnya. Atau, kamu juga bisa bekerja sama dengan fotografer dan wedding organizer

Bagaimana, cukup membantu kan, info kami barusan? Semoga kamu yang tadinya bingung, bisa mendapat ide tentang kerja sampingan untuk mahasiswa.

Yang terpenting adalah, jangan sampai pekerjaan sampingan malah melalaikan kamu dari kewajiban kuliah ya! Yang benar adalah: kuliah cepat beres, kerja jalan terus!


Bacaan Lainnya:

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.