Banjir Orderan Job, Ikuti 5 Tips Penting Membuat Klien Senang – Klien tetap dalam jangka panjang merupakan salah satu sumber penghasilan freelancer yang terbesar.

Menurut konsultan managemen, Bain & Company, biaya mencari klien baru lebih mahal 6-7 kali lipat ketimbang mempertahankan klien yang sudah ada.

Untuk itu, sangat penting agar kamu bisa memanjakan klien dan membuat mereka mempekerjakan kamu lagi di periode berikutnya.

Jika kamu bekerja freelancing dengan klien tetap yang sudah mengenalmu dan mempekerjakan kamu secara teratur, semua pekerjaanmu akan menjadi lebih mudah.

Akan tetapi, buat kamu yang masih sering ditinggalkan klien, coba beberapa panduan berikut agara klien mau kembali memakai jasa kamu.

Banjir Orderan Job, Ikuti 5 Tips Penting Membuat Klien Senang

1Berkomunikasi dengan Jelas

diskusi - Membangun Tim Freelance - membuat klien senang

Sedang banjir orderan job dan ingin membuat klien senang? Ini cara pertama yang bisa kamu terapkan.

Untuk bisa memahami permintaan dan ekspektasi klien, kamu harus rajin berkomunikasi dan mengajukan pertanyaan.

Baca juga: Serupa Tapi Tak Sama, Ini Beda Remote Work & Telecommuting

Hal ini perlu dilakukan agar semua tugasnya menjadi jelas. Pastikan tidak ada yang kamu lewatkan setiap detail poin yang dijelaskan, termasuk membaca kontrak terlebih dahulu.

Kirimkan email yang memberitahukan klien bahwa proses pengerjaanmu berjalan lancar untuk menenangkan pikiran mereka.

Intinya, kamu harus bisa menciptakan pengalaman yang membuat klien mempercayai kamu dan menikmati kerja sama ini dalam jangka panjang.


2Memeriksa Ulang Hasil

ilustrator - desainer

Nyatanya, membuat klien senang bukanlah hal yang sulit. Coba deh, sebelum kamu mengirimkan hasil pekerjaan apa pun, pastikan kamu sudah mengoreksi dan mengeditnya.

Baca juga: Mau Tambah Penghasilan? Yuk, Geluti 11 Usaha Sampingan di Rumah Ini

Kadang-kadang, setelah mengerjakan sesuatu pekerjaan selama berjam–jam, bisa saja terjadi kesalahan.

Hanya karena terburu–buru menyelesaikan suatu proyek, kamu justru terjebak pada langkah akhir yang penting untuk membuktikan kualitas pekerjaanmu benar–benar sempurna.


3Mengirimkan Pekerjaan Lebih Cepat

kerja dari rumah - remote job - remote work

Ingin membuat klien senang? Kirimkan pekerjaanmu lebih awal dari waktu yang disepakati.

Kenapa begitu? Yang sering dilupakan oleh freelancer adalah, seringkali yang menghubungi atau memberikan mereka tugas hanyalah perantara. Mereka juga memiliki atasan yang menuntut hasil pekerjaan secepatnya.

Ketika kamu bisa mengirimkan pekerjaan lebih awal, kamu akan memudahkan perantara atau user ini bekerja dengan baik di depan atasan atau pemilik perusahaan.

Mengirim pekerjaan lebih awal adalah hal yang menyenangkan. Kamu bisa mendapatkan rating atau ulasan yang bagus, sekaligus tampil lebih reliable di hadapan klien.

Membuat klien senang itu sulit? Eitsss… kata siapa?


4Berusaha Lebih Profesional

menulis ebook - menjual ebook - Cara Milenial Menghasilkan Uang Dari Internet Secara Digital
Gambar: ShutterStock

Selain mengirimkan pekerjaan lebih cepat dari waktu yang disepakati, kamu bisa melakukan berbagai pekerjaan ekstra yang akan memikat si klien.

Sebagai contoh, kamu bisa merekomendasikan beberapa judul tambahan, menawarkan penelitian kata kunci, dan optimasi SEO.

Atau mungkin, kamu bisa menyarankan platform freelancing yang memberikan diskon sehingga si klien bisa membayar lebih hemat untuk jasamu.

Hal ini akan membuat klien menyukai pekerjaanmu dan menunjukkan bahwa kamu memang benar–benar freelancer handal.


5Perjanjian Retainer

jadi boss untuk diri sendiri
Gambar: ShutterStock

Jika kamu belum begitu familiar dengan perjanjian retainer, pada dasarnya ini adalah jenis perjanjian yang dilakukan antara kamu sebagai freelancer dan klien dalam jangka panjang.

Secara umum, perjanjian retainer adalah sebuah kesepakatan di mana klien bisa melakukan pembayaran jasa freelancer dengan jumlah tetap setiap bulan (tergantung kesepakatan).

Baca juga: 10 Peluang Kerja Online yang Harus Dicoba Sekarang

Jadi, kamu bisa lebih tenang dalam hal pembayaran, karena sudah pasti mendapatkan gaji setiap bulan sama seperti pegawai kantoran.

Perjanjian ini sangat bagus untuk freelancer yang ingin memiliki jadwal konsisten dan kondisi finansial yang stabil setiap bulan.

Untuk mendapatkan perjanjian retainer setiap bulan, cobalah beberapa cara berikut:

  • Membuat hubungan jangka panjang

Sebagai contoh, untuk blog perusahaan tentu membutuhkan maintain dan update setiap bulan. Cari tahu bagaimana kamu bisa membantu perusahaan memperbarui blog mereka setiap bulan.

Baca juga: 4 Blogger Buku Favorit yang Sering Kasih Rekomendasi Buku Bagus

  • Tawarkan layanan tambahan

Jika kamu menawarkan jasa desain web, kamu bisa menawarkan grafik terbaru atau formulir opt-in. Jadi, perusahaan bisa memiliki lebih banyak informasi dan arahan.

Satu hal yang pasti, kamu jangan terlalu materialistis atau money oriented. Cobalah untuk tulus dan benar–benar peduli kepada klien agar mereka bisa meningkatkan bisnisnya. Tanyakan ulang apa layanan yang berfungsi dan apa yang tidak.

Dengan demikian, kamu bisa membantu jika ada kendala.

  • Tawarkan perjanjian retainer

Akhirnya, kamu bisa menawarkan perjanjian retainer. Banyak freelancer tidak mendapatkan klien karena mereka kurang detail menggali informasi.

Cobalah mencari tahu apa yang bisa kamu bantu setiap bulan. Kamu bisa menawarkan diskon atau layanan tambahan setelah perjanjian retainer disepakati.

Kamu akan bekerja dengan klien ini secara berulang dan bisa bekerja lebih efisien dari waktu ke waktu.

Baca juga: 8 Cara Milenial Menghasilkan Uang Dari Internet Secara Digital

Jangan lupa, hubungi klien kamu sekali dalam seminggu atau lebih dan memastikan semua pekerjaanmu selesai sesuai ekspektasi.

Banyak freelance yang justru beranggapan bahwa “tidak ada kabar berarti kabar baik”. Namun, jika kamu tidak menindaklanjutinya, kamu tidak akan mendapatkan pekerjaan berulang yang kamu inginkan.

Tidak jarang, klien yang merasa senang akan memberikan rekomendasi kepada kolega, teman atau koneksi mereka untuk menggunakan jasamu.

Jadi, sudah siap untuk membuat klien senang dan mendulang untung lebih banyak?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.