Simpel tapi Menarik, Ini 4 Tips Membuat Proposal Freelancer – Menurut studi tahunan pada tahun 2017 oleh Freelancers Union & Upwork, pekerja lepas akan menjadi mayoritas tenaga kerja di Amerika Serikat pada 2027.

Pekerja lepas bertambah dalam jumlah, dan untuk saat ini, mereka sudah menjadi pekerja yang berpikiran maju bila dibandingkan dengan mereka yang bekerja di pasar tradisional.

Baca juga: Mau Tambah Penghasilan? Yuk, Geluti 11 Usaha Sampingan di Rumah Ini

Jadi, jika kamu tertarik untuk menekuni industri freelancing, kamu harus tampilkan keahlian yang menonjol dan menarik perhatian para klien.

Salah satunya dengan menawarkan proposal yang mengesankan dan mampu memikat klien saat melihatnya pertama kali.

Nah, bagaimana cara membuat proposal freelancer yang bisa memenangkan hati klien pada kesan pertama? Yuk, simak ulasan berikut.

Simpel tapi Menarik, Ini 4 Tips Membuat Proposal Freelancer

1Bagian dasar proposal

dengan menjadi pekerja lepas, kamu bisa memperluas networking
Sumber: dribble.com

Sebelum kamu siap membuat proposal freelancer, cobalah untuk membuat rancangan apa saja poin–poin penting yang akan dimasukkan di dalamnya dan tujuannya.

Pada dasarnya, sebuah proposal menunjukkan bahwa kamu memahami permintaan dan kebutuhan klien potensialmu.

Baca juga: Kerja Remote dari Rumah, Simak 5 Tips Agar Kamu Tetap Termotivasi

Kemudian, kamu juga harus menyoroti keterampilanmu yang relevan dengan pekerjaan tersebut, dan menguraikan rencana pengerjaan proyek tersebut.

Apa yang bisa disertakan dalam sebuah proposal bisa berbeda, tergantung setiap industri pekerjaannya. Namun, ada beberapa bagian dasar proposal yang harus disertakan antara lain:

  • Ringkasan proposal proyek

Di sinilah kamu bisa menunjukkan sejauh mana pemahaman kammu tentang permintaan klien potensial dan solusinya.

  • Perkiraan biaya

Buatlah dengan detail perkiraan biaya yang akan diberikan. Tidak ada klien yang suka dengan biaya tambahan atau biaya kejutan di akhir proyek.

Jika kamu menawarkan proyek desain interior, mungkin sulit memproyeksikan biaya secara spesifik.

Namun, sertakan saja tarif kamu per jam atau anggaran kasar untuk material, dan cantumkan bahwa harga bisa berubah sewaktu–waktu.

  • Proses pengerjaan dan timeline

Satu pertanyaan yang pasti akan diajukan oleh setiap klien adalah “kapan proyek ini akan selesai?” Berikan garis besar proyek secara terperinci dan jadwal waktu tentatif untuk setiap tugas.

  • Ketentuan dan pembayaran

Kamu kemungkinan besar akan membutuhkan informasi lebih jauh untuk membuat surat penawaran atau proposal.

Namun, kamu bisa memasukkan ketentuan yang terkait seperti berapa banyak revisi yang bisa diberikan, rincian pembayaran dan jatuh tempo pembayaran, serta informasi penting lainnya.

  • Tanda tangan dan info kontak

Biarkan klien mengetahui informasi kontak agar bisa menghubungi kamu dengan mudah. Cantumkan tanda tangan dan nama lengkap di bawahnya.

Baca juga: 10 Situs Freelance yang Wajib Dicoba Seluruh Freelancer

Pertimbangkan mengirim proposal secara elektronik dan memungkinkan klien menyetujui dengan tanda tangan elektronik pula.

Ini akan sangat mempercepat proses pengerjaan dan membuat proposalmu tampak lebih profesional.


2Bagian awal proposal

dengan menjadi pekerja lepas, kamu bisa memperluas networking
Sumber: dribble.com

Jika kamu masih tergolong baru dalam proses penulisan proposal, bagian awal bisa menjadi bagian tersulit karena kamu tidak tahu harus memulai dari mana.

Ditambah lagi, kamu belum memahami bagaimana tampilannya dan apa yang harus disertakan.

Sementara itu, kamu mungkin harus membuat proposal yang terlihat unik dan benar–benar menonjol di antara ratusan proposal freelancer lainnya.


3Gunakan software proposal online

Kerja sambil liburan
Gambar: CanWork

Alat khusus yang bisa kamu manfaatkan secara signifikan untuk membantu membuat proposal freelancer adalah software proposal online.

Baca juga: 10 Peluang Kerja Online yang Harus Dicoba Sekarang

Sekarang, sudah banyak software proposal beredar di internet. Kamu mungkin perlu beberapa waktu untuk mempelajari penggunaan alat ini.

Namun, begitu kamu mahir, alat ini akan sangat membantu dan memenangkan lebih banyak proposal freelancing.


4Pilih template yang sudah jadi

Cara lain yang termudah adalah memakai template proposal yang sudah jadi. Kamu hanya perlu mencari template dan memilih template yang tepat dan memenuhi ekspektasimu.

Template ini biasanya sudah termasuk konten tipikal dari proses penulisan proposal standar.

Baca juga: Bagaimana Cara Merekrut Freelancer Berbakat ke Bisnis Kamu?

Menggunakan template adalah cara yang bagus untuk mendapatkan pemahaman tentang struktur dan konten yang umum digunakan dan menghemat banyak waktu.


5Membuat proposal yang atraktif

layanan profesional - pekerja lepas - freelancer - Cara Milenial Menghasilkan Uang Dari Internet Secara Digital - membuat proposal freelancer
Gambar: ShutterStock

Apa yang kamu lakukan agar proposalmu membuat klien kagum dan terkesan? Apa yang membuat email kamu tampak berbeda dari freelancer lain?

Di bagian pembuka harus terdengar menawan, memberikan nilai aktual, dan menunjukkan bahwa kamu sudah melakukan riset tentang proyek ini. Hal ini akan membangkitkan minat dan animo langsung pada pikiran klien.

Misalnya, kamu bisa memberikan sejumlah portofolio dari beberapa pekerjaan sebelumnya yang relevan atau pengalaman dan keahlian yang kamu miliki untuk mendukung proyek ini.

Kamu juga bisa mulai mencari pekerjaan freelancing secara remote di beberapa situs dan platform freelance untuk menawarkan proposalmu.

Hal lain yang membuat proposal freelancer terlihat menarik adalah harga jasa atau tarif layanan lebih ekonomis yang kamu tawarkan bisa bersaing dengan jasa freelancer lainnya.

Baca juga: It’s Yesterday! 5 Stigma Keliru Tentang Freelancer yang Harus Dihindari

Pantau secara teratur platform ini, karena kamu bisa menjangkau klien potensial secara cepat. Setelah mereka mem-posting pekerjaan yang ditawarkan, kamu akan lebih mudah meningkatkan peluang mendapatkan proyek.

Itulah dia 4 tips membuat proposal freelancer. Nah, selamat mencoba, ya!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.