9 Cara Mendapatkan Pekerjaan Sebelum Lulus Kuliah – Dunia kerja sepintas memang kelihatan menakutkan ya? Coba saja bayangkan, di Indonesia ada ratusan ribu lulusan peguruan tinggi yang sampai sekarang masih berstatus menganggur.

Boro-boro dapat gaji tinggi di perusahaan skala internasional, bisa dapat kerja saja rasanya sudah untung!

Hmm… kalau kamu termasuk mereka yang sedikit kuatir dengan masa depan kamu setelah lulus kuliah nanti, coba ikuti tips ini deh.

Dijamin, pasti bakal banyak perusahaan yang rebutan untuk mempekerjakan kamu, bahkan sebelum kamu menggondol gelar sarjana. Yuk, ketahui caranya!

9 Cara Ampuh Mendapatkan Pekerjaan Sebelum Lulus Kuliah

1Nilai IPK

sibuk bekerja dan belajar
Copyright: aqr-studio

Mau diakui atau tidak, nilai IPK masih merupakan hal yang jadi salah satu faktor pertimbangan perusahaan saat akan meng-hire calon karyawannya.

Nah, oleh karena itu, usahakan kamu memiliki rata-rata nilai IPK di atas 3,00 setiap semesternya.

Biasanya nih, perusahaan besar selalu menghubungi universitas-universitas untuk menanyakan rekomendasi calon-calon lulusan kampus tersebut yang memiliki nilai tinggi.  Siapa tahu saja kamu bisa terpilih!


2Aktivitas Non-Akademik

target tahunan tercapai - bekerja
Copyright: aqr-studio

Coba deh kamu perhatikan teman-temanmu di kampus.  Pasti banyak kan, yang jadwal sehari-harinya hanya seputar “kuliah – hangout – rumah” saja?  Nah, walaupun kamu tergoda untuk ikut dalam pola seperti itu, jangan sampai dituruti yah!

Baca Juga: 8 Cara Milenial Menghasilkan Uang Dari Internet Secara Digital

Sayang lho, kalau waktu 4 tahun di kampus terbuang sia-sia.  Coba libatkan diri dalam organisasi kemahasiswaan yang ada di kampus.  Ini bisa sangat menaikkan “nilai” kamu di mata perusahaan lho!

Atau buat kamu yang tak terlalu berminat berorganisasi tapi menyukai dunia seni dan olahraga, bisa juga aktif di klub tari, vocal group, atau bela diri, misalnya.

Yang jelas, jika ingin mendapatkan pekerjaan sebelum lulus kuliah, manfaatkan kegiatan kemahasiswaan tadi untuk bersosialisasi dan menambah pengalaman


3Pengalaman Berorganisasi di Luar Kampus

freelance - pekerja lepas - kerja sampingan (7)

Selain aktif di kampus, ada baiknya juga kamu ikut organisasi atau kegiatan di luar sana.  Misalnya, bergabung dengan kelompok sukarelawan yang peduli masalah sosial, membantu saat penggalangan dana untuk bencana, dan lain-lain.

Biasanya organisasi semacam ini membutuhkan banyak tenaga anak muda kreatif seperti kamu. Bukan tidak mungkin kan, kalau hasil kerjamu bagus, kamu akan ditawari kerja di sana.


4Kemampuan Bahasa Asing Aktif

freelance - pekerja lepas - kerja sampingan (7)

Nah ini adalah salah satu kelemahan banyak lulusan perguruan tinggi di Indonesia: bisa berbahasa Inggris, tapi pasif alias hanya bisa secara tertulis tapi tak berani bercakap-cakap.

Baca Juga: Kerja Sambil Liburan, Ini 5 Kebahagiaan Freelancer yang Tak Dimiliki Pekerja Kantoran

Ayo dong, tingkatkan kemampuan bahasamu kalau ingin dilirik oleh perusahaan-perusahaan besar. Percaya deh, apapun latar belakang jurusanmu, punya kemampuan berbahasa asing itu tak akan ada ruginya!

Mau kamu seorang calon dokter, pengacara, public relation, akuntan, desainer grafis, pasti butuh menguasai bahasa Inggris. Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan pekerjaan sebelum lulus kuliah dengan lebih mudah.


5Interpersonal Skill

freelance - pekerja lepas - kerja sampingan (7)
Copyright: aqr-studio

Skill lainnya yang juga harus kamu asah agar perusahaan tertarik mempekerjakanmu adalah kemampuan berinteraksi dengan orang lain. Dalam hal ini, tentu yang berhubungan dengan lingkungan pekerjaan.

Baca Juga: Berapa Idealnya Tarif Jasa Freelancer? Ada 7 Cara untuk Menentukannya

Ingat poin pembahasan poin pertama tadi kan? Perusahaan sering menghubungi kampus untuk menanyakan mahasiswa yang dapat direkomendasikan.

Bila di saat kampus, kamu terkenal sebagai orang yang punya kemampuan interpersonal bagus, pihak universitas pun pasti tak akan ragu untuk merekomendasikan namamu.

Bisa jadi, mendapatkan pekerjaan sebelum lulus kuliah adalah hal yang sangat mudah untuk kamu raih!


6Kemampuan IT / Mengoperasikan Teknologi

bekerja lepas - menjadi freelancer - kerja sampingan berpenghasilan besar
Copyright: aqr-studio

Kemampuan IT? Serius nih? Pasti ada deh yang bertanya begitu.  Iya dong.  Sama seperti bahasa asing, kemampuan IT yang bagus di zaman sekarang bisa menjadi salah satu “aset pribadi” kamu.

Walaupun bidang yang kamu tekuni tak ada hubungannya dengan IT, tapi tak ada salahnya untuk sedikit mengerti bidang itu. Gampang kok!

Baca Juga: Kerja Freelancing Cocok untuk Tipe Introvert, Kenapa ya?

Coba ikuti kursus singkat IT yang sekarang banyak diadakan lembaga-lembaga kursus kalau mau mendapatkan pekerjaan sebelum lulus kuliah.

Ada yang cuma beberapa jam, hitungan hari, sampai beberapa minggu. Selain dapat sertifikat, kamu pun akan mengerti tentang IT. Yah… minimal tidak gaptek deh soal IT!


7Rajin Ikut Seminar & Lomba

pekerjaan dengan deadline mepet - kebiasaan freelancer sukses yang patut ditiru - cara membagi waktu antara freelance dan full time

Ayo ngaku deh, siapa yang selalu malas ikutan seminar dan pelatihan di kampus?  Hmm… gimana mau mendapatkan pekerjaan sebelum lulus kuliah? Mulai sekarang buang rasa malas itu!

Mau tahu kenapa? Biasanya saat mengadakan seminar atau lomba, pihak kampus sering mengundang praktisi-praktisi yang duduk di jabatan strategis perusahaan besar.

Nah, saat ada sesi tanya jawab atau presentasi, coba berikan pertanyaan yang “out of the box”, kritis, dan “menggelitik”.

Siapa tahu saja pembicara di seminar tadi akan terkesan dengan kemampuan kamu, dan menawari pekerjaan di perusahaannya. Bukan mustahil, kan?


membuat podcast - menjadi voice talent - freelance voice over

Salah satu penyakit lain yang sering diderita oleh anak muda Indonesia adalah takut berbicara di depan umum.

Mulai dari gugup, takut salah bicara, sampai rasanya ingin menangis saat semua mata memandang.

Nah, segera atasi semua hal tadi dengan mengikuti kursus public speaking, jika kamu ingin mendapatkan pekerjaan sebelum lulus kuliah. Banyak lho manfaatnya, misalnya saja kamu jadi tak lagi takut jika harus presentasi makalah di depan kelas atau saat sidang skripsi nanti.

Atau juga kamu bisa dapat kesempatan untuk terpilih menjadi MC di acara-acara kampus.  Nah, itu adalah kesempatan kamu untuk bisa “terlihat” oleh banyak instansi dan perusahaan yang menjadi sponsor acara tersebut.


9Memanfaatkan Masa Magang

sibuk bekerja dan belajar - Sumber aqr-studio (2)

Biasanya, menjelang semester-semester akhir, mahasiswa harus magang di perusahaan untuk memenuhi nilai SKS-nya.

Walaupun ini bukan “kerja betulan” seperti karyawan lainnya, jangan malah bermalas-malasan saat kerja.

Manfaatkan kesepatan ini untuk melakukan pekerjaan sebaik-baiknya. Sst… sekedar bocoran saja nih, mahasiswa magang biasanya masuk ke dalam penilaian perusahaan untuk dijadikan calon karyawan juga lho oleh bagian SDM.

Oleh karena itu, bekerjalah dengan rajin dan penuh semangat ya!


Penutup

Nah, itulah dia 9 tips mendapatkan pekerjaan sebelum lulus kuliah. Bagaimana tips di atas?  Mudah, kan menjalankannya?  Percaya deh, seperti halnya segala sesuatu yang ada di dunia ini, kerja keras dan kerja cerdas pasti akan berbuah hasil yang maksimal.

Coba lakukan cara-cara di atas, dan kamu dijamin akan segera “dilamar” perusahaan, meskipun kamu belum lulus kuliah. Selamat mencoba!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.