Ada Side Job? Kerjakan Saja di 7 Tempat yang Bikin Produktif Ini – Horeeee… senangnya tiba-tiba ada klien yang berminat untuk meng-hire kamu untuk mengerjakan side job!

Apalagi nilai fee-nya pun besar. Lumayan kan, bisa untuk menabung beli gadget incaran atau nonton konser musisi favoritmu?

Baca juga: Jangan Bingung, Begini 6 Cara Cepat Menemukan Pekerjaan Freelance

Hmm…tapi setelah beberapa hari mengerjakan tugas, kok rasanya bosan ya ada di tempat yang itu-itu saja? Selain jenuh, ide pun rasanya mandeg. Nah kalau sudah begini, apa dong yang harus dilakukan?

Jangan kuatir, kami punya saran tempat-tempat mana saja yang pas buat kamu jadikan tempat bekerja. Jadi kalau kamu punya side job, kerjakan di sini saja yuk!

Ada Side Job? Kerjakan Saja di 7 Tempat yang Bikin Produktif Ini

1Kamar tidur

dengan menjadi pekerja lepas, kamu bisa memperluas networking - membuat proposal freelance
Sumber: dribble.com

Ini adalah tempat paling mudah dijangkau dan murah pula. Tak perlu ke mana-mana.  Bahkan kamu bisa mengerjakan project-mu sambil berpiyama.

Tapi ada juga kelemahannya. Biasanya, karena merasa ini adalah “daerah kekuasaan” milik sendiri, ada kemungkinan kamu menjadi kurang produktif dan agak malas-malasan.

Baca juga: Simpel tapi Menarik, Ini 4 Tips Membuat Proposal Freelancer

Belum lagi akses ke tempat tidur yang tinggal melangkah saja, membuat godaan tidur saat sedikit lelah amat besar.

Nah, cara mengatasinya gampang saja sebenarnya. Walaupun kamu mengerjakan side job kamu di dalam kamar, usahakan tetap berpakaian lengkap seperti layaknya hendak bepergian.

Selain itu, hindari bekerja di tempat tidur. Selalu gunakan meja dan kursi agar tubuhmu “menangkap sinyal” bahwa kamu sedang bekerja, dan bukan beristirahat.


2Teras Rumah

karir freelance terbaik - freelancer - pekerja lepas - kerja remote - Karakter Freelancer Sukses

Walaupun masih berada dalam satu rumah, tapi ternyata cukup banyak perbedaan antara mengerjakan side job kamu di kamar tidur dengan di teras rumah.

Salah satunya adalah teras lebih membuat kamu “bergabung” dengan dunia luar daripada di kamar. Lalu, untuk menghindari kebosanan, pergantian ruangan seperti ini, meskipun masih di dalam satu bangunan, cukup efektif lho!

Baca juga: Bosan Kerja Kantoran? Ini 7 Pekerjaan Freelance dengan Gaji Tinggi

Selain itu, bila sambil mengerjakan side job kamu harus sambil melakukan aktivitas lainnya, seperti menjaga keponakan atau memasak misalnya, maka ini adalah lokasi yang paling pas untuk bekerja.


3Taman

menjadi pekerja lepas dan memiliki pendapatan lebih banyak - dribble - bekerja di taman
Sumber foto: dribble.com

Bagi kamu freelancer yang bergerak di bidang kreatif, sangatlah penting untuk menjaga asupan ide-ide tetap mengalir. Nah, salah satu tempat yang paling cocok untuk membuat kamu banjir ide adalah taman.  

Sama seperti di rumah, bekerja di taman pun murah meriah. Kelebihan lainnya adalah, udara terbuka dan suasana alami di sekitar kamu, pasti membuat otak terasa rileks.  Dengan demikian, ide-ide kreatif pun akan mudah bermunculan.

Baca juga: Kerja Remote dari Rumah, Simak 5 Tips Agar Kamu Tetap Termotivasi

Oh iya, satu tips nih buat kamu yang ingin mengerjakan side job di taman, bawalah bekal air mineral dan makanan ringan.

Selain mampu mengganjal perut saat lapar, juga menghindarkan kamu dari keinginan jajan secara berlebihan. Psst…makan-makannya nanti saja, kalau fee-nya sudah cair ya!


4Coffee shop

kerja remote - pekerja lepas - kerja di rumah - kerja dari rumah

Nah, ini dia tempat favorit sejuta umat freelancer. Coffee shop! Kopi sih memang hanya pesan secangkir, tapi yang penting kan bisa duduk di tempat nyaman, berikut ada colokan listrik dan wi-fi gratis!

Baca juga: Berapa Idealnya Tarif Jasa Freelancer? Ada 7 Cara untuk Menentukannya

Okae, tapi serius deh. Ini memang tempat paling ideal untuk bekerja. Selain itu, biasanya coffee shop pun menyediakan menu makanan ringan ataupun berat, jadi kamu tak usah repot cari-cari makan saat lapar.

Selain itu, kebanyakan coffee shop buka 24 jam. Ini pastinya berguna sekali buat kamu yang merupakan night owls alias orang yang baru bisa bekerja produktif pada malam hari. Biasanya, kebiasaan ini dimiliki para desainer grafis dan penulis.


5Kerjakan side job di perpustakaan

freelancer peluang kerja online - kerja sampingan untuk mahasiswa
Gambar: ShutterStock

Tempat ideal lainnya di mana kamu bisa mengerjakan side job adalah perpustakaan, terutama bila project yang sedang kamu kerjakan membutuhkan riset data tertentu.

Baca juga: 10 Situs Freelance yang Wajib Dicoba Seluruh Freelancer

Memang sih, zaman sekarang (hampir) semua hal bisa ditemukan di internet. Namun, seringkali ada materi-materi tertentu yang hanya bisa kamu dapatkan di text book.

Nah, walaupun kamu sudah bukan anak kuliah lagi, kamu masih bisa kok mengakses perpustakaan kampus-kampus.

Biasanya ada keanggotaan untuk masyarakat umum yang bisa kamu ikuti. Selain itu, di setiap tempat ada juga Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang bisa kamu manfaatkan.


6Co-working Space

lembur - begadang - 7 Tempat Asyik yang Bikin Kamu Produktif Mengerjakan Side Job

Ini adalah tempat yang mulai menjamur di kota-kota besar dalam beberapa tahun terakhir. Co-working space adalah tempat yang bisa digunakan siapa pun untuk bekerja atau melakukan meeting.

Fasilitasnya pun lengkap. Biasanya ada kursi, meja, whiteboard, proyektor, dan perlengkapan lainnya yang biasa terdapat di perkantoran.

Baca juga: 10 Peluang Kerja Online yang Harus Dicoba Sekarang

Konsep penggunaannya pun bervariasi.  Ada yang harus dibooking terlebih dahulu untuk beberapa jam, tapi ada juga yang bisa langsung digunakan. 

Mirip dengan coffee shop, beberapa co-working space juga menawarkan makanan dan minuman. Pokoknya tempat semacam ini benar-benar mempermudah hidup para freelancer deh! 


7Kereta api

pekerja lepas - bekerja di mana saja - bekerja di kereta api
Sumber: medium.com

Nah, ini mungkin jadi tempat yang paling tidak terbayangkan oleh kamu, ya kan?  Kereta? Bisa memangnya kerja di kereta? Tentu saja bisa!

Kalau kamu sedang suntuk dan butuh suasanya baru, coba deh sengaja  pulang-pergi menggunakan kereta di jam-jam santai.

Tujuan yang agak jauh pun tak masalah. Misalkan, pulang-pergi menggunakan kereta jurusan Jakarta-Bandung.

Fasilitas nyaman yang sekarang ada di setiap kereta benar-benar memudahkan siapapun untuk membuka laptop dan bekerja dengan nyaman.

Baca juga: 7 Inspirasi Tempat Baca Buku Favorit Para Pencinta Buku

Selain itu, pemandangan berbeda yang dapat kamu nikmati dari atas kereta pasti banyak memberikan ide segar untuk project yang kamu jalankan.

Nah, itu tadi 7 tempat yang asyik untuk bekerja.  Semoga mulai sekarang kamu tak akan bingung lagi, di mana harus mengerjakan side job kamu. Selamat bekerja teman-teman!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.