Mau Tambah Penghasilan? Yuk, Geluti 11 Usaha Sampingan di Rumah Ini – Menjadi pegawai kantoran mungkin bukan tujuan semua orang. Apakah kamu salah satunya?

Ya, ketika bekerja, ada yang memutuskan untuk membuka bisnis sendiri, meneruskan usaha keluarga, menjadi freelancer, atau bisa juga bekerja di rumah.

Namun, bagi kamu yang tetap ingin bekerja di kantor tapi ingin tambah penghasilan, yuk simak 11 usaha sampingan di rumah yang bisa kamu lakukan berikut ini.

Siapa tau, pundi-pundi uang di tabunganmu bisa bertambah sebagai persiapan bekal masa depan!

Mau Tambah Penghasilan? Yuk, Geluti 11 Usaha Sampingan di Rumah Ini

1Menjual jasa pembuatan desain grafis

desain grafis - graphic designer
Gambar: ShutterStock

Apakah kamu senang membuat grafis, ilustrasi, atau hal-hal yang berkaitan dengan desain? Mengapa tidak menjual jasa pembuatan desain grafis saja?

Baca Juga: 10 Situs Freelance yang Wajib Dicoba Seluruh Freelancer

Ini merupakan usaha sampingan yang bisa kamu kerjakan di rumah. Jasa desain grafis pun beragam macamnya.

Kamu bisa menjual jasa pembuatan logo, kartu undangan pernikahan, pembuatan banner, pembuatan suvenir, pembuatan ilustrasi custom, dan sebagainya.

Sebelum menjalani usaha ini, ada baiknya kamu memiliki portofolio terlebih dahulu sehingga calon klien kamu bisa melihat hasil pekerjaanmu yang sebelumnya.

Portofolio tersebut bisa kamu kemas dengan menarik dalam bentuk website, gambar di Instagram, atau kamu juga bisa memamerkannya di website seperti Behance.

Modal yang dibutuhkan ialah keterampilan, niat, juga waktu yang cukup. Untuk penghasilan yang didapat pun tergantung jam terbang dan seberapa bagus hasil karya yang kamu ciptakan.

2Membuka les privat

les privat private course - membuat klien senang - banjir orderan job
Gambar: ShutterStock

Apakah kamu punya keahlian yang bisa dibagikan kepada orang lain? Katakanlah bahasa Inggris, bahasa Jerman, bermain gitar, matematika, menggambar, apapun itu… semuanya bisa dijadikan pemasukan tambahan, lho!

Kamu bisa mulai menawarkan jasa kamu kepada teman-teman dekat atau kepada tetangga. Tawarkan pilihan di mana kamu akan memberikan jasa kamu, di rumahmu sendiri, di rumah murid, atau di tempat lain yang memang cocok untuk kegiatan belajar-mengajar.

Kamu juga perlu menentukan jadwal les privat, misalnya kamu mengadakan les privat Bahasa Inggris pada Senin-Jumat pukul 19.00 – 21.00 WIB, atau hari Sabtu pada pukul 10.00 – 12.00 WIB.

Untuk harga, kamu bisa menentukan rate per pertemuan, mingguan, atau bisa juga bulanan.

3Menulis blog dan mengembangkannya

menulis - story telling - blogging - jadi freelancer
Gambar: ShutterStock

Usaha sampingan di rumah sebagai blogger nyatanya sedang hits, lho! Untuk modalnya sendiri sebenarnya tidak terlalu mahal. Kamu hanya perlu membeli domain dan hosting.

Baca Juga: Cara Membuat Blog

Kemudian, selain kemampuan menulis, jangan lupa juga menginvestasikan waktu kamu untuk mempublikasikan tulisan secara rutin.

Selanjutnya, promosikan blog dan tulisan-tulisanmu milikmu di media sosial agar ada lebih banyak orang yang mengetahui usaha sampingan kamu ini.

Kamu juga bisa memanfaatkan Google Adsense dan memperoleh pendapatan dari iklan-iklan di blog. Kalau blogmu bagus, akan sangat mungkin ada beragam brand yang ingin bekerja sama denganmu.

Wah… lumayan, kan, bisa dapat pendapatan lebih setiap bulannya. 😁

4Social media influencer

influencer media sosial
Gambar: ShutterStock

Zaman sekarang, media sosial menjadi lahan empuk yang bisa kamu manfaatkan untuk menambah pemasukan setiap bulannya. Bagaimana caranya? Dengan menjadi influencer.

Apabila dulu klien atau agensi melihat jumlah followers di media sosial, kini mereka akan lebih percaya pada engagement rate suatu akun.

Untuk itu, jika kamu berniat untuk menjalani usaha sampingan ini, buatlah konten-konten menarik di media sosial dan tingkatkan engagament dengan followers-followers kamu.

Siapa tahu, ada brand yang tertarik untuk bekerja sama denganmu, entah itu endorsement, paid promote, atau bisa jadi diundang sebagai pembicara.

5Social media manager

Influencer - youtuber
Gambar: ShutterStock

Selain menjadi seorang social media influencer, kamu juga bisa menjalani usaha sampingan sebagai social media manager.

Media sosial yang diurus pun bukan cuma akun-akun bisnis saja. Bahkan, akun personal dengan banyak followers terkadang membutuhkan orang khusus untuk meng-handle-nya.

Biasanya, seorang social media manager bertanggung jawab untuk membuat content plan, mengkreasikan konten tersebut, mengunggah di media sosial, bahkan melakukan evaluasi.

6Menjual produk di e-commerce

bisnis online - jualan produk online - jualan online - usaha sampingan di rumah
Gambar: ShutterStock

Selanjutnya, kamu bisa menjual beragam produk di e-commerce dan mendulang untung dari setia prpduk yang dijual.

Baca Juga: Cara Membuat Toko Online

Sistemnya, kamu bisa membuat sendiri produknya lalu dijual secara langsung kepada pelanggan. Kemudian, kamu juga bisa menjadi reseller atas produk yang dijual orang lain.

Bisa juga, kamu menerapkan sistem dropshipper karena cara ini terbilang lebih efisien dibanding harus menyetok barang di rumah.

Ketika menjual suatu produk, tidak masalah kok, jika ingin menaikkan harganya sedikit lebih mahal. Toh, margin tersebut nantinya bisa memberikan keuntungan buat kamu.

7Menjual pulsa elektrik

pulsa - mobile payment
Gambar: ShutterStock

Tahukah kamu, pulsa elektrik kini sudah menjadi kebutuhan siapa pun. Bahkan, hampir seluruh penduduk Indonesia menggunakan ponsel dan bisa jadi, satu orang memiliki lebih dari satu ponsel.

Kebutuhan akan pulsa pun tentu semakin meningkat. Hal ini dikarenakan banyaknya penggunaan ponsel, hingga semakin tingginya tarif yang dikenakan oleh service provider.

Maka dari itu, yuk coba peruntungan kamu dengan menjual pulsa elektronik. Tawarkanlah kepada keluarga, teman kantor, teman kuliah, tetangga, atau kenalan-kenalan kamu.

Kalau laris manis, usaha sampingan ini bisa mendatangkan omzet yang besar, lho!

8Menjadi penerjemah

translator - penerjemah
Gambar: ShutterStock

Menguasai lebih dari satu bahasa memang menyenangkan. Selain bisa berkomunikasi dengan orang asik dengan lebih mudah, kamu juga bisa mendapatkan uang dari keahlian kamu ini, lho!

Baca Juga: 7 Aplikasi Terbaik Untuk Belajar Bahasa Asing

Jasa penerjemahan kini dibutuhkan untuk berbagai aspek. Misalnya menerjemahkan skripsi, dokumen, lagu, bahkan menjadi penerjemah lisan di berbagai acara. Salah satunya adalah konser musik.

Untuk penerjemahan dokumen, kamu bisa mematok harga per kata atau perlembar. Sementara itu untuk penerjemah lisan, kamu bisa mematok harga per jam atau per kegiatan.

9Membuka katering rumahan

bisnis katering rumahan - usaha sampingan di rumah
Gambar: ShutterStock

Banyak orang gemar memasak, tapi tidak semua orang memiliki waktu untuk melakukannya. Maka dari itu, kamu bisa menangkap peluang usaha sampingan di rumah ini sebagai celah untuk menghasilkan lebih banyak uang lagi.

Baca Juga: 10 Peluang Kerja Online yang Harus Dicoba Sekarang

Sebelum membuka katering rumahan, kamu bisa membuat daftar menu apa saja yang cocok untuk dijual. Kamu juga bisa mengadakan survey kecil-kecilan terkait menu tersebut, beserta harga yang akan dikenakan.

Kemudian, cobalah untuk memberikan tester makanan yang kamu buat kepada calon pembeli, ya. Biarkan mereka menilai dan memberikan feedback terkait  rasa masakan kamu.

Jika mereka suka, besar kemungkinan mereka akan membeli katering rumahan dari kamu, bahkan ikut mempromosikannya kepada orang lain.

10Agen asuransi

agen asuransi - asuransi kesehatan
Gambar: ShutterStock

Senang bertemu dengan orang baru? Senang berbagi wawasan mengenai hal bermanfaat, seperti asuransi? Ini dia usaha sampingan di rumah yang bisa kamu jalani.

Kamu tidak perlu mengeluarkan modal banyak untuk menjadi seorang agen asuransi. Sebaliknya, jika kamu mampu menjual polis asuransi ke banyak orang, tentu kamu bisa mendapatkan komisi yang besar!

Penting diingat, sebelum menjadi agen asuransi, pelajari dulu produk yang akan dijual, ya. Latih juga kemampuan public speaking kamu sehingga kamu bisa mendorong dan mempersuasi orang lain untuk mengalokasikan uang demi produk asuransi yang kamu tawarkan.

11Usaha fotokopi dan printing

fotokopi print - printing usaha sampingan di rumah
Gambar: ShutterStock

Apabila kamu tinggal di kawasan kampus atau perkantoran, membuka usaha fotokopi dan printing tentu akan sangat menguntungkan.

Nah, karena target market kamu adalah mahasiswa dan pekerja kantoran, ada baiknya memberikan harga yang terjangkau untuk mereka.

Sebagai modal, kamu bisa membeli mesin fotokopi yang juga bisa mencetak dan memindai dokumen atau foto. Kamu juga perlu menyediakan kertas dan tinta, ya.

Nah, itulah dia 11 usaha sampingan di rumah yang bisa kamu jalani. Dari daftar di atas, mana yang paling mungkin untu kamu jalani?

Apapun pilihannya, semoga dapat memberikan penghasilan tambahan untukmu, ya. Selamat menjalani usaha sampingan!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.