Mau Freelance Voice Over? Persiapkan Dulu Alat-alat Ini! – Menyenangkan memang kalau kamu mau freelance voice over atau jadi voice talent.

Kerjanya cepat, bayarannya pun tinggi.  Apalagi, pekerjaan semacam ini tak terlalu menyita waktu, jadi cocok deh buat kamu yang masih sibuk kuliah atau punya kerja utama di tempat lain.

Profesi ini biasanya digeluti oleh penyiar radio.  Seringkali, banyak job datang karena calon klien tertarik untuk menggunakan jasa mereka saat mendengar suaranya di iklan radio yang di putar. 

Tapi bagaimana dong, kalau kamu ingin menekuni profesi ini, tapi tak punya akses ke studio rekaman?

Apakah setiap kali mau merekam suara harus menyewa recording studio? Iya kalau fee yang kamu dapatkan memang banyak.  Namun, kalau fee-nya kecil, bagaimana?  Bisa-bisa bukannya untung, kamu malah rugi.

Baca juga: 7 Tips Hari Pertama Magang Buat Kamu, Dijamin Asyik!

Nah, mungkin ini saatnya kamu untuk memiliki peralatan recording sendiri, biar kerjaan makin mudah dan cepat untuk dilakukan. Selain itu, gampang kan kalau ada revisi, kamu tidak usah repot-repot lagi menyewa studio.

Sekarang pertanyaannya adalah, perlengkapan apa saja ya yang kamu butuhkan? Nah, kalau kamu mau freelance voice over, ini dia alat-alat yang harus kamu siapkan!

Mau Freelance Voice Over? Persiapkan Dulu Alat-alat Ini!

1Microphone

membuat podcast - menjadi voice talent - freelance voice over

Alat pertama dan yang terpenting jika ingin freelance voice over adalah microphone. Ada banyak pilihan microphone yang bisa kamu beli. Harganya pun beragam.

Sebenarnya, untuk merekam vokal, microphone yang harganya tak terlalu mahal pun biasanya memiliki kualitas yang cukup baik.

Hanya saja, tentu bila kamu ingin memiliki microphone yang berkualitas sangat tinggi dan harganya mahal akan jauh lebih baik. Hitung-hitung sebagai investasi masa depan.  Apalagi kalau kamu ingin menekuni profesi ini secara serius.

Satu hal yang harus dihindari adalah menggunakan microphone bawaan dari laptop (built-in microphone).

Hal ini dikarenakan, jenis microphone tersebut dirancang untuk menangkap suara di sekitar laptop tersebut, jadi besar kemungkinan hasil rekaman kamu akan memiliki tingkat noise yang tinggi.

Baca juga: 6 Tips Mengerjakan Skripsi dan Magang di Waktu Bersamaan

Pasti banyak di antara kamu yang kemudian bertanya, bisakah menggunakan alat perekam berupa ponsel saja? Jawabannya: tergantung ponsel yang kamu miliki.

Ada ponsel yang memiliki kualitas recording yang sangat bagus dan jernih, ada pula yang tidak. Jadi, kalau kamu mau menggunakan ponsel untuk merekam suara, coba dulu ya mendengarkan hasil rekamannya.


2Soundcard

freelance musisi - freelance seniman - podcast - pengisi suara - dubber - kerja sampingan untuk mahasiswa - freelance voice over

Kebanyakan laptop masa kini hanya memiliki 1 audio port untuk earphone saja. Nah, ini tentu sedikit menyulitkan bila kamu ingin mencolokkan microphone ke laptop.

Baca juga: Ada Side Job? Kerjakan Saja di 7 Tempat yang Bikin Produktif Ini

Di situlah salah satu fungsi soundcard, selain dari banyak fungsi lainnya yang akan kita bahas lain waktu.

Soundcard berbentuk USB bisa kamu beli dengan harga sangat murah, dan mudah pula penggunaannya. Hanya tinggal colokkan saja di port USB pada laptop, maka langsung bisa digunakan.

Duh… rasanya makin enggak sabar mau freelance voice over, ya!


3Peredam suara

membuat podcast - menjadi voice talent - freelance voice over

Perlengkapan yang ke-3 yang wajib kamu miliki jika ingin freelance voice over atau jadi voice talent adalah peredam suaran atau soundproof.

Bila kamu perhatikan, dinding pada studio-studio rekaman selalu dilapisi oleh semacam panel busa.

Baca juga: 7 Strategi Jitu Menambah Penghasilan dari Buku

Fungsinya adalah untuk meredam noise yang datang dari luar, dan juga menghilangkan echo yang timbul dari suara kamu. Dinding tembok biasanya akan memantulkan suara, dan inilah yang harus dihindari agar hasil rekaman kamu menjadi sempurna.

Bila kamu memiliki dana yang cukup, melapisi seluruh dinding kamar dengan soundproof foam, tentu boleh-boleh saja. Namun, karena ruangan akan menjadi tertutup rapat dan panas, kamu juga harus memasang AC di dalam ruangan.

Nah, tapi bagi kamu yang memiliki budget terbatas, tak usah khawatir. Sekarang ada mini soundproof booth yang banyak dijual.

Fungsi booth ini sama, untuk meredam suara.  Namun, bentuknya kecil dan bisa dilipat, sehingga praktis kamu bawa ke manapun.

Baca juga: 11 Manfaat Magang yang Berguna untuk Dunia Kerja Nanti

Buat kamu yang sama sekali belum memiliki uang untuk membeli soundproof booth, tenang saja.  Kami punya trik kok untuk mengatasinya.

Kamu bisa melakukan rekaman di balik selimut tebal, atau merekam suara di dalam lemari yang berisi pakaian. Betul,lho! Walaupun terdengar seperti main-main saja, kedua hal ini efektif untuk menciptakan efek peredam suara tadi.


4Sofware editing tool

freelance - pekerja lepas - kerja sampingan - freelance voice over - mendapatkan pekerjaan sebelum lulus kuliah

Ini dia alat selanjutnya yang perlu dimiliki jika ingin freelance voice over. Setelah selesai merekam suara, tinggal dilakukan pengeditan untuk membuang bagian-bagian yang tak perlu, dan meningkatkan kualitas rekaman agar terdengar lebih jernih.

Baca juga: 12 Cara Cepat Mendapatkan Klien Pertama Kamu

Untuk melakukan hal ini, kamu akan butuh audio editing tool, seperti Cubase, Adobe Audition, Audacity, Studio One, dll. Ada yang berbayar, ada pula yang gratis. Tentu masing-masing menawarkan keunggulan yang berbeda.

Kalau kamu mencari audio editing software yang free tapi dengan fasilitas cukup lengkap, maka Audacity adalah satu satu yang bisa kamu pilih.  Kamu dapat mendownload software ini secara gratis di website resminya.


5Headphone

freelance - pekerja lepas - kerja sampingan (1)

Kalau mau jadi freelance voice over atau jadi voice talent, peralatan yang satu ini memang tak wajib kamu miliki, tapi bisa sangat mempermudah kamu mengedit suara, karena noise sekecil apapun akan jelas terdengar.

Baca juga: Tambah Penghasilan dengan 10 Kerja Sampingan untuk Mahasiswa Ini

Selain itu, menggunakan headphone saat sedang melakukan recording akan membantu kamu berkonsentrasi menghayati script, terutama bila kamu mengisi suara untuk iklan atau cerita yang membutuhkan penjiwaan karakter tertentu.

Nah, bila kamu berniat untuk freelance voice over atau voice talent, itulah alat-alat yang harus kamu siapkan.  Semoga informasi tadi membantu ya, dan makin banyak juga project voice over yang bisa kamu kerjakan!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.