10 Peluang Kerja Online yang Harus Dicoba Sekarang – Zaman sekarang, mendapatkan uang tidak hanya harus melamar ke perusahaan, pergi ke kantor, dan kerja selama minimal 8 jam setiap harinya untuk mendapatkan bayaran per bulan.

Karena perkembangan teknologi digital dan informasi yang merambat ke hampir semua aspek kehidupan dewasa ini, kita bisa bekerja secara online sehingga mendapatkan uang pun bisa dari mana saja.

Kerja online, begitulah orang-orang sering merujuk pada freelancer atau pekerja lepas, yang bisa bekerja secara fleksibel di mana saja, kapan saja, selama terhubung dengan koneksi internet.

Dengan demikian, freelancer bisa mendapatkan bayaran dari mana pun tanpa harus bertemu atau berinteraksi secara fisik dengan klien yang membayarnya.

Kerja secara online memang tengah populer. Dan banyak karyawan yang memutuskan untuk berhenti bekerja full time di perusahaannya dan melanjutkan karir sebagai seorang freelancer.

Bila kamu memutuskan untuk menjadi full time freelancer, atau setidaknya mendapatkan pendapatan sampingan dari pekerjaan online, berikut 10 peluang kerja online yang bisa kamu coba terapkan mulai dari sekarang.

10 Peluang Kerja Online yang Harus Dicoba Sekarang

1Membangun dan Mengembangkan Blog

blogging - blog - blogger
Gambar: ShutterStock

Peluang kerja online yang pertama dalam daftar ini ada baiknya dimulai dari membangun dan mengembangkan sebuah blog.

Jangan salah, meski sepertinya sepele, blog bisa menjadi sumber penghasilan utama apabila dikembangkan dengan baik. Apalagi potensinya begitu besar untuk menjadi sumber penghasilan pasif (passive income).

Di luar sana, banyak orang yang memutuskan untuk berhenti bekerja dan menjadi full time blogger dan fokus dalam mengembangkan blognya.

Penghasilan dari blog umumnya datang dari layanan periklanan seperti Google Adsense, artikel ulasan yang disponsori oleh brand tertentu, affiliate marketing (membantu menjual produk/jasa perusahaan tertentu dan mendapatkan komisi dari setiap penjualan), dropshipping, penjualan ebook, membuka kursus berbayar, dan sebagainya.

Kalau kamu tertarik, kamu bisa membaca berbagai panduan mengembangkan blog berikut untuk memulai:


2Jasa Desain Grafis

desain grafis - graphic designer
Gambar: ShutterStock

Kalau kamu memiliki kemampuan dalam hal desain grafis, kamu tentunya bisa menjual keahlianmu kepada setiap orang yang membutuhkan desain grafis.

Mulai dari logo, desain grafis untuk media sosial, hingga desain poster, apapun yang bisa kamu buat dalam bentuk desain grafis, kamu bisa menjualnya.

Apalagi sekarang ini tuntutan desain grafis sangat tinggi seiring dengan perkembangan dan tren teknologi digital yang melonjak naik.


3Jasa Editing Video

peluang kerja online jasa edit video - video editing
Gambar: ShutterStock

Sama seperti desain grafis, kamu juga bisa menjual keahlianmu dalam hal editing video. Video menjadi salah satu bentuk konten digital yang sekarang ini paling diminati oleh pengguan internet.

Baca Juga: 10 Situs Freelance yang Wajib Dicoba Seluruh Freelancer

Asupan konten video semakin menjadi tren. Kalau kamu perhatikan, jumlah Youtuber saat ini semakin tinggi dan pengguna Youtube yang awalnya hanya sebagai penikmat video mulai berbondong-bondong terlibat menjadi Youtuber juga.

Namun, tidak banyak di antara mereka yang mampu menghasilkan video dengan editan profesional. Kamu bisa menawarkan keahlianmu kepada mereka dalam bentuk partnership atau pun jasa berbayar.

Selain itu, kamu juga bisa menawarkan keahlianmu pada penggiat media sosial/influencer, startup, dan perusahaan-perusahaan lain yang sering mempromosikan bisnisnya dalam wadah digital.


4Jasa Menulis Lepas

menulis - story telling - blogging - jadi freelancer
Gambar: ShutterStock

Desain grafis dan video memang merupakan konten digital yang paling banyak dikonsumsi dewasa ini. Namun, keduanya tetap membutuhkan tulisan atau copywriting untuk melengkapi pesan/tujuan konten yang ingin disampaikan kepada audiens.

Baca Juga: 10 Kursus Online untuk Belajar Instagram Marketing

Selain itu, tulisan berupa artikel juga masih tetap menjadi konten yang paling banyak dikonsumsi, apapun bentuknya entah itu berita, tutorial, dan sebagainya.

Kalau kamu senang menulis, sudah saatnya kamu memanfaatkan hobimu itu untuk mendapatkan uang. Atau, kalau kamu merasa kurang jago menulis, kamu bisa mulai melatihnya lewat blog pribadi, seperti yang dijelaskan pada poin pertama artikel ini.

Sekarang, tuntutan jasa kepenulisan artikel juga tinggi. Makanya, jangan sia-siakan keahlianmu dalam menulis untuk mendapatkan uang.


5Jasa Penerjemah

translator - penerjemah
Gambar: ShutterStock

Tren menjadi penerjemah juga kian hari kian meninggi sebagai salah satu peluang kerja online yang harus kamu coba.

Tingginya tuntutan atas keahlian penerjemah umumnya terjadi karena adanya dorongan perkembangan teknologi internet juga, yang menjadikan promosional atau distribusi konten menjadi tak terbatas oleh negara dan bahasa antar-penggunanya.

Contohnya saja Instagram, di mana ia sudah digunakan oleh penduduk di hampir tiap negara di seluruh dunia, menjadikannya harus ‘beradaptasi’ dari segi bahasa (localized) agar user experience penggunanya melonjak naik.

Pihak Facebook lewat Instagram sadar bahwa tidak semua orang di seluruh dunia memahami Bahasa Inggris.

Agar aplikasinya bisa digunakan pula di negara yang mayoritas penduduknya tidak memahami Bahasa Inggris, maka Instagram harus memiliki bahasa yang digunakan oleh mayoritas penduduk di negara tersebut.

Itu masih satu aplikasi. Sekarang ini sudah banyak aplikasi maupun layanan online yang mengembangkan sayap distribusi secara internasional, yang artinya kebutuhan untuk jasa penerjemah akan terus meningkat.

Makanya, kalau kamu memang jago bahasa asing, sudah saatnya kamu menjual keahlianmu tersebut sebagai seorang penerjemah.


6Voice Over

peluang kerja online voice over - voice actor
Gambar: ShutterStock

Bakat untuk bekerja online sebagai voice actor dalam menyediakan voice over memang tidak dimiliki oleh semua orang.

Tetapi, kalau kamu merasa suaramu cocok untuk mengisi voice over, sudah saatnya kamu mencoba untuk terjun sebagai voice actor.

Ada banyak perusahaan yang akan membutuhkan jasamu, mulai dari digital agency hingga perusahaan besar lainnya yang mengandalkan narasi/voice over dalam kegiatan promosionalnya.

Kamu bisa melatih suaramu dengan rutin membuat podcast pribadi.


7Admin Media Sosial

admin sosial media
Gambar: ShutterStock

Menjadi admin media sosial juga merupakan salah satu peluang kerja online yang layak untuk kamu pertimbangkan.

Hampir setiap perusahaan dewasa ini juga mulai memanfaatkan teknologi internet dalam kegiatan pemasaran. Selain membuat website perusahaan, mereka juga tentu akan merambah kanal lain seperti media sosial.

Karena rata-rata perusahaan punya media sosial, kamu bisa menawarkan diri untuk menjadi admin media sosial mereka. Tentu akan sangat menyenangkan, apalagi kalau kamu memang senang bermain media sosial dan terhitung aktif dalam melakukan posting.

Atau, kamu bisa membuat akun media sosial yang bersifat kurator di mana kamu membagikan konten yang menurutmu relevan dengan target audiens kamu, seperti yang dilakukan oleh 9Gag dan lain sebagainya.

Ketika akun media sosial yang kamu kelola sudah memiliki pengikut yang banyak, kamu bisa menawarkan sponsorship kepada brand dan meraup untung dari setiap kali posting di akun kamu. Menarik sekali, kan?


8Membuka Channel Youtube

Influencer - youtuber
Gambar: ShutterStock

Seperti yang tadi sudah disebutkan di atas, banyak orang yang kini berbondong-bondong menjadi Youtuber. Kamu juga bisa!

Buka channel Youtube kamu sendiri dan mulai isi dengan konten-konten menarik hasil karya kamu sendiri.

Kembangkan dengan baik, cari inspirasi dari sesama Youtuber, dan mulai monetisasi channel Youtube kamu lewat layanan pengiklanan Google maupun dari brand tertentu.

Hmmm… menarik untuk dicoba, kan? Apalagi kalau kamu percaya diri beraksi di depan kamera dengan ide kreatifmu sendiri.


9Menjadi Influencer di Media Sosial

influencer media sosial
Gambar: ShutterStock

Sama seperti menjadi admin media sosial, bedanya kamu perlu mempromosikan kamu sendiri sebagai seorang influencer bagi pengikutmu.

Katakanlah kamu seorang traveler. Kamu senang membagikan postingan mengenai aktivitas traveling kamu lewat foto-foto keren hasil jepretan sendiri.

Informasi dari pengalaman travelingmu sendiri yang kamu bagikan lewat caption ternyata sangat bermanfaat bagi pengikutmu.

Setelah punya pengikut yang banyak serta konten yang berkualitas, percayalah, kamu akan mendapatkan banyak sekali tawaran endorsement dari brand tertentu dan bisa mendapatkan banyak uang darinya.

Kalau kamu perhatikan, banyak sekali orang menjadi influencer di media sosial sebagai pekerjaan online yang dijadikan sumber penghasilan utama.


10Membuka Kelas Online

kursus online - kelas online
Gambar: ShutterStock

Peluang kerja online terakhir dalam daftar ini adalah membuka kelas online sendiri. Bila kamu terhitung ahli dalam suatu bidang baik dari segi teori maupun praktek, jangan ragu untuk membuka kelas online dan mulai membagikan pengetahuanmu pada orang lain yang membutuhkan.

Coba cek website Udemy maupun Ruang Guru, di sana banyak sekali expert pada suatu bidang yang membuka kelas online dan mendapatkan keuntungan berlimpah dari ribuan siswanya.

Memang butuh upaya ekstra dalam prosesnya. Tapi begitu jadi dan ternyata laris manis, keuntungan yang kamu dapat pun mampu membayar semuanya.


Apa yang Harus Kamu Siapkan?

Sampai pada tahap ini, aku yakin kalau kamu sudah mendapatkan inspirasi terkait peluang kerja online apa yang akan kamu manfaatkan sesuai keahlianmu.

Memang, mendapatkan klien pertama itu selalu susah, begitu pun klien kedua dan ketiga. Tapi tenang, nikmati prosesnya, dan dalam prosesnya, pastikan kamu melakukan hal-hal berikut:

  • Buat resume/portofolio digital agar calon klien bisa dengan mudah melihat keahlian, contoh-contoh hasil kerjamu, kompetensimu sebagai seorang freelancer.
  • Kalau memang kamu belum punya portofolio sama sekali, ajukan jasa gratis kepada influencer di media sosial, teman, brand atau perusahaan tertentu dan minta review/feedback atas hasil kerjamu pada mereka.
    • Kemudian tampilkan hasil kerjamu di portofolio onlinemu lengkap dengan testimoni mereka.
    • Bagikan ke media sosialmu untuk mendapatkan eksposur.
    • Minta juga orang yang sudah kamu bantu untuk membagikan (atau memamerkan) hasil kerjamu di akun media sosial/website mereka untuk mendapatkan eksposur.
  • Kirim proposal jasa gratis/berbayar kepada perusahaan/brand tertentu dengan cara menghubungi mereka lewat email atau pun telepon.
    • Ajukan proposal lengkap. Kamu bisa membuat proposal keren dengan tool online semacam Canva, PicMonkey, dan sebagainya.
    • Meski berbayar, untuk mendapatkan klien pertama, janganlah mematok harga yang tinggi. Sesuaikan dengan upaya pengerjaanmu.

Dengan begitu, peluang kerja online apapun yang ingin kamu tekuni akan membuahkan hasil, terutama bila kamu memang ingin terus belajar meningkatkan kemampuan dan pengetahuan serta mampu bekerja secara profesional.

Selamat mencoba dan semoga sukses, kawan!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.