Peluang KerjaMenulis Artikel Dibayar? Ini 25+ Situs yang Bisa Kamu Manfaatkan

Menulis Artikel Dibayar? Ini 25+ Situs yang Bisa Kamu Manfaatkan
M

Bikin toko online sendiri untuk bisnis online-mu dengan mudah dan gratis selama 14 hari di Shopify. Bikin toko online gak pernah semudah ini!

Menulis Artikel Dibayar? Ini 25+ Situs yang Bisa Kamu ManfaatkanBuat kamu yang ingin mendapatkan penghasilan dengan menjadi penulis lepas, maka kamu dapat mulai dengan menjadi penulis lepas online.

Selain mendapat pekerjaan dari situs-situs freelance, kamu juga bisa menjual artikel secara online ke situs-situs yang mau mebayar tulisanmu.

Setidaknya ada 25+ situs yang masih aktif menerima tulisan untuk dibayar. Angka dan sistem pembayarannya pun bervariasi, bahkan ada situs yang mengklaim bisa membayar kamu hingga Rp10juta per bulan.

Baca Juga: 10 Situs Freelance yang Wajib Dicoba Seluruh Freelancer

Nah, kalau kamu penasaran ingin mencoba menulis artikel dan dibayar, kamu bisa mulai mengirim artikelmu ke situs-situs ini. Lumayan buat menambah penghasilan.

Daftar Isi


Menulis Artikel dan Dibayar? 25+ Situs Indonesia dan Luar Negeri yang Akan Membayar Setiap Tulisanmu

I. 19 Situs Indonesia yang Bersedia Membayar Tulisanmu

Ada banyak sekali situs Indonesia yang akan membayar setiap tulisanmu bila mereka memutuskan untuk menerbitkkannya. Masing-masing situs tentu memiliki kebijakan sendiri dalam menyeleksi tulisan dan ketentuan dalam hal pembayaran honor.

Maka dari itu, kami menyarankan agar kamu memeriksa informasi lengkapnya di masing-masing situs untuk mengetahui persyaratan lebih lanjut karena informasi yang ada di artikel ini bisa sewaktu-waktu berubah tanpa kami ketahui/sempat kami perbaharui.

Dari sekian banyak situs Indonesia yang bersedia membayar tulisanmu, berikut 19 di antaranya:

1
Menjadi Kontributor Lepas di Mongabay

Buat kamu yang belum tahu, Mongabay.co.id adalah situs berita lingkungan yang terhitung populer di Indonesia. Dari sekian banyak situs yang fokusnya membahas tentang hal-hal terkait lingkungan, Mongabay bisa dibilang menjadi yang terdepan.

Buat kamu yang kebetulan suka dengan tema-tema linkungan dan tertarik mengirimkan artikel dan foto, kamu bisa mengirimnya ke Senior Editor Mogabay.

Informasi lengkap tentang cara bergabung menjadi Kontributor Lepas di Mongabay dan cara mengirim artikelnya, kamu bisa buka halaman ini: https://www.mongabay.co.id/halaman-kontribusi/.

Selain namamu sebagai penulis dan pemilik foto, kamu juga akan diberikan honorarium sebagai berikut:

  1. Rp750 per kata untuk setiap artikel yang dimuat di situs Mongabay (semakin komprehensif tulisanmu, maka semakin besar pula bayarannya)
  2. Rp50.000Rp100.000 per foto yang kamu sertakan.

Nantinya, bayaran akan ditransfer via rekening sekali sebulan, normalnya setiap akhir bulan. Semakin banyak artikelmu dimuat dalam satu bulan, maka tentu saja kamu akan dibayar dengan nilai yang lebih besar lagi.

Menarik sekali, bukan? Bila memang topiknya sesuai dengan minatmu, kamu bisa banget menjadi penulis lepas dan dibayar oleh Mongabay.

Jadi Penulis Lepas? Ini 5 Peluang Kerja Online Untuk Penulis Lepas

Jadi Penulis Lepas? Ini 5 Peluang Kerja Online Untuk Penulis Lepas

5 Peluang Kerja Online Untuk Penulis Lepas – Di era digital seperti sekarang ini, kamu bisa ... Selengkapnya


2
Kirim Tulisan Terbaikmu ke IDN Times

IDN Times adalah salah satu situs khusus kalangan milenial yang sangat populer, terutama di media sosial. Ada beragam topik bacaan menarik yang disajikan di situs ini.

Di IDN Times, kamu yang selama ini hanya membaca artikelnya saja ternyata bisa juga menjadi penulis lepas atau penulis artikel dan mendapatkan bayaran.

Lewat IDN Times Community, siapapun termasuk kamu bisa menjadi penulis lepas atau kontributor dan mendapatkan imbalan atas setiap tulisanmu yang diterbitkan dengan sistem poin atau bagi hasil.

Karena situs media seperti IDN Times mengandalkan iklan dalam meraup keuntungan, maka iklan yang tayang di artikelmu nantinya akan berhak kamu klaim lewat sistem poin.

Berikut rincian sistem poin dan potensi bayaran yang bisa kamu dapatkan saat menulis:

  • Setiap 100 views atau 100 kali artikelmu dibaca, kamu akan mendapatkan 1 poin.
  • 1 poin = Rp100.
  • Poin tersebut bisa kamu kumpulkan dengan menulis lebih banyak artikel lagi.
  • Minimal poin yang bisa ditukarkan atau di-redeem adalah sebesar 500 poin.
  • Kamu bisa menukarkan poin dalam bentuk uang atau pun barang tertentu yang disediakan.
  • Imbalan berupa uang bisa dicairkan ke rekening bank Indonesia.

Dari pengalaman kami, menulis artikel dibayar oleh IDN Times sedikit tricky. Tapi, bila kita rutin membaca dan melihat konten apa saja yang populer dari segi jumlah artikel dibagikan dan jumlah engagment di media sosial, sebenarnya pendapatan dari IDN Times bisa lebih dimaksimalkan lagi.

Berikut beberapa tips mendapatkan pendapatan yang lebih besar dari menulis artikel di IDN Times berdasarkan pengalaman tim Kerja Lepas:

  1. Selalu ikuti panduannya agar mempercepat proses review/editing sehingga lebih cepat pula artikelmu diterbitkan dan dibaca oleh semua orang. Panduan lengkapnya bisa dilihat di halaman ini: https://www.idntimes.com/life/inspiration/idn-community/nulis-artikel-c1c2/12.
  2. Ikuti tren atau hal apa yang sedang hangat dibicarakan. Kamu bisa merujuk pada Instagram, Twitter, Youtube, situs berita online lainnya, atau bahkan di situs IDN Times sendiri di kanal Trending. Dengan begitu, kamu tidak akan kehilangan ide tulisan yang bisa meraup lebih banyak poin.
  3. Pantau juga tipe artikel seperti apa yang paling banyak dibaca di IDN Times, entah itu listicle, narasi, dan sebagainya.
  4. Setiap kali artikelmu berhasil diterbitkan, selalu bagikan ke media sosial atau ke rekan-rekanmu untuk menambah jumlah view.
  5. Tulis judul artikel yang clickbait dan kontroversial bila memungkinkan, asalkan masih sangat relevan dengan isi artikel.
  6. Utamakan tulis artikel dengan topik yang berpotensi viral.
  7. Semakin banyak artikel yang diterbitkan sama dengan kesempatan untuk mendapatkan bayaran yang lebih besar.

Bagaimana menurutmu? Sudah pernah coba menulis artikel dibayar di IDN Times?


3
Bergabung di Brilio Creator

Brilio Creator adalah platform komunitas penulis yang dikembangkan oleh Brilio. Brilio sendiri merupakan salah satu situs bacaaan khusus milienial yang mirip dan tak kalah populer dengan IDN Times.

Sistem imbalan penulis lepas yang ada di Brilio Creator sangat mirip dengan IDN Times.


4
Lebih Suka Nulis Cerpen Dibanding Artikel? Kirim ke Kompas.id

Yang menarik dari Kompas.id dibandingkan dengan Harian Kompas versi cetak dalam hal mengirimkan cerpen adalah, proses seleksinya tidak seketat media cetak.

Maka dari itu, bila selama ini kamu sering mencoba mengirim cerpen ke Harian Kompas tapi selalu ditolak, jangan berkecil hati, perbaiki naskahmu dan kirimkan ke Kompas.id.

Setiap cerpen yang diterbitkan akan diberikan honorarium sebesar Rp200.000Rp250.000.

Bila kamu tertarik, langsung saja kirimkan naskahmu ke [email protected] atau [email protected].


5
Kirim Juga Karya Cerpenmu ke Detik.com

Bila honor atas cerpenmu di Kompas.id masih terasa kurang, kamu bisa dapat dua kali lipat honorarium bila karyamu diterbitkan di Detik.com.

Ya, Detik bersedia membayar karyamu sebesar Rp500.000. Bila tertarik, langsung saja kirimkan karyamu ke [email protected].


6
Menjadi Penulis Lepas di Mojok.co

Kami tim Kerja Lepas sendiri sangat tertarik dengan konten-konten yang terdapat di Mojok.co. Ada banyak konten berbau satir dengan gaya bahasa yang akrab bagi semua kalangan anak muda, sehingga konten-kontennya sangat bisa dinikmati.

Tentu, selain menjadi pembaca setia, kamu juga banget lho menulis artikel dan dibayar oleh pihak Mojok untuk setiap artikel yang dimuat.

Berikut beberapa rubrik di Mojok.co yang bisa kamu eksplor:

  1. Esai: Tidak ada tema spesifik karena kamu bisa menulis apapun tentang tema yang kamu suka.
  2. Konter: Rubrik ini berisi artikel-artikel bertema teknologi, terutama gadget.
  3. Sungguh-sungguh liputan (Susul):  Berupa liputan yang menurut Mojok.co sendiri bersifat humanis, nyeleneh, mindblowing, atau seputar gaya hidup anak muda.
  4. Malam Jumat. Kamu yang punya banyak pengalaman atau cerita horor perlu banget nulis di rubrik ini.
  5. Otomojok. Buat kamu yang suka review dunia otomotif.
  6. Rerasan. Sama seperti rubrik Esai, tapi kamu harus menulisnya dalam bahasa Jawa. Asik, kan?

Bila kamu tertarik untuk mengirim tulisan, kamu bisa langsung mengirimkan naskah tulisanmu lewat email ke redaksi[at]mojok.co dengan subyek salah satu rubrik di atas sesuai dengan naskahmu sendiri.

Bayaran atau honorarium untuk setiap tulisanmu yang tayang di Mojok.co sebenarnya tidak disebutkan secara spesifik.

Namun, dari informasi mereka sendiri, setidaknya bayaran yang akan kamu dapatkan dari tulisanmu bisa digunakan untuk kencan dengan pacarmu di restoran elit.

10 Peluang Kerja Online yang Harus Dicoba Sekarang

10 Peluang Kerja Online yang Harus Dicoba Sekarang

10 Peluang Kerja Online yang Harus Dicoba Sekarang – Zaman sekarang, mendapatkan uang tidak ... Selengkapnya


7
Kirim Tulisan Anti-Mainstream ke Buruan.co

Sama seperti Mojok.co, Buruan.co juga menyajikan bacaan-bacaan seru yang tersaji dalam berbagai rubrik.

Rubrik yang tersedia di Buruan.co antara lain BURUAN, BUKU, JEDA, dan APRESIASI. Hanya saja, hanya tulisan untuk rubrik BURUAN yang akan diberikan bayaran.

Rubrik BURUAN sendiri khusus untuk puisi dan cerpen dalam bahasa Indonesia serta puisi dan cerpen dalam bahasa Sunda.

Bila kamu kebetulan sedang bosan menulis artikel, kamu bisa mengirimkan puisi dan cerpen untuk mendapatkan bayaran, lho.

Panjang cerpen sendiri antara 3500-5000 kata. Bisa langsung dikirimkan ke redaksi[at]buruan.co dan bila dimuat, kamu akan mendapatkan bayaran sebesar Rp200.000.

Imbalan tersebut akan ditransfer ke rekening bank kamu paling lama dua minggu setelah karyamu terbit.

Informasi selengkapnya bisa langsung dibaca di situs Buruan.co.


8
Menulis Artikel Islami Dibayar oleh Islami.co

Bila kamu suka menulis hal-hal bertopik Islami, kamu juga bisa banget mengirim tulisan terbaikmu ke Islami.co.

Panjang artikel yang dibutuhkan pun hanya 500 – 900 kata, sehingga bila kamu selama ini sudah berpengalaman dalam menulis artikel, tentu kamu bisa menulis banyak artikel bertemakan keislaman di Islami.co.

Honorarium atau imbalan atas tulisanmu tidak spesifik disebutkan, akan tetapi tentu sangat bergantung dengan kualitas tulisanmu yang dimuat. Imbalan akan dikirimkan 2-3 minggu setelah artikelmu terbit.

Kamu bisa langsung mengirimkan tulisanmu lewat email ke redaksi[at]islami.co.


9
Tulis Tema Keislaman Lainnya dan Kirim ke Iqra.id

Sama seperti Islami.co, Iqra.id juga menerima tulisan-tulisan berkualitas seputar keislaman. Naskah yang diterima mulai dari sastra, reportase, resensi, dan sebagainya.

Nominal honornya tidak dijelaskan secara spesifik. Kamu bisa langsung mengirimkan karyamu ke redaksi[at]iqra.id.


10
Dapat Uang Dari Tulisan di IdeIde.id

Kalau kamu suka nulis artikel tentang review buku dan film, puisi, hingga cerpen, IdeIde.id maka bisa banget kamu tuju.

Setiap karyamu akan diberikan honorarium sebesar Rp50.000. Bila sudah siap, silakan kirimkan karyamu ke redaksiideide[at]gmail.com.


11
Bergabung Dengan Partner Penulis Digstraksi.com

Di Digstraksi.com, kamu bisa mengirimkan artikel dengan topik yang beragam, mulai dari teknologi, kecantikan, hingga traveling.

Perhitungan honorarium mirip seperti IDN Times dan Brilio. Pendapatan didasarkan pada perhitungan view atau jumlah baca, mulai dari Rp1Rp100 per view.

Minimum saldo yang bisa kamu tarik dari total pendapatanmu adalah sebesar Rp200.000.


12
Kirim Artikel Catatan Perjalanan dan Topik Lainnya ke Magrib.id

Situs yang satu ini menerima artikel berbagai topik mulai dari cerpen, puisi, esai, catatan perjalanan, dan karya terjemahan.

Nominal honorarium tidak spesifik disebutkan, tapi akan ditransfer paling lambat 18 hari setelah karyamu diterbitkan.

Bila kamu penasaran ingin mengirimkan artikelmu, tinggal kirim saja via email ke editormagrib[at]gmail.com.


13
Menulis Artikel Dibayar oleh UC News

UC News adalah portal berita dan artikel yang menawarkan sistem pengisian konten oleh kontributor melalui layanan UC We- Media.

Sebelum berkontribusi menulis untuk UC News kamu harus mendaftar dulu di aplikasi ponsel. Saat pendaftaran kamu harus menyertakan foto KTP dan foto diri. Kamu juga harus memilih topik yang menjadi minat kamu menulis.

Setelah mendaftar kamu harus menunggu approval selama 48 jam sebelum mulai menulis. Ada dua cara untuk mendapatkan penghasilan dari UC News.

Pertama, kamu harus terikat buat menulis minimal 20 artikel asli per bulan. Kedua, kamu mendapatkan bagi hasil dari iklan yang dipasang UC News di artikel kamu. 

Pihak UC News tidak memberikan informasi berapa harga yang mereka bayar untuk satu artikel, namun UC News mengklaim penulis bisa mendapatkan Rp10 juta per bulan.


14
Kirim Tulisan ke BasaBasi.co Kalau Ingin Menulis Artikel Dibayar 

Basabasi.co merupakan situs yang menyajikan tulisan lengkap mulai dari puisi, esai, resensi, cerpen, sampai artikel. Tiap jenis tulisan mereka hargai berbeda. 

Melihat tulisan-tulisan yang ditambilkan basabasi.co, kamu akan langsung tahu kalau mereka memang menaruh minat pada tulisan-tulisan berkualitas.

Bahkan yang mereka sebut artikel ringanpun punya topik yang mendalam, kamu tidak akan menemukan artikel-artikel clickbait di situs ini. 

Baca Juga: 4 Aktivitas Fisik yang Bisa Dilakukan Saat Bekerja di Rumah

Kalau kamu ingin menulis artikel dan dibayar, situs ini juga menyediakan bayaran yang cukup menggiurkan, yaitu Rp200 ribu per artikel ringan sebanyak 3-4 halaman.

Bayarannya cukup tinggi, karena mereka akan menyeleksi tulisanmu sebelum diterbitkan. Caranya, simak langsung di situs resminya.

Punya minat lain selain menulis artikel? Kirim hasil karyamu yang lain, situs ini menyediakan fee sampai Rp300 ribu untuk tulisanmu. 


15
Menulis Artikel Opini Dibayar oleh Geotimes 

Buka Goeotimes. Dalam situsnya, Geotimes mengklaim platformnya sebagai portal kolom populer dan terkini tentang tokoh dan kebijakan publik.

Portal ini mengundang para penulis dengan analisis tajam mengenai isu agama, ekonomi, politik, sosial, dan media untuk menulis opini sebanyak 750-1000 kata.

Baca Juga: Mau Tambah Penghasilan? Yuk, Geluti 11 Usaha Sampingan di Rumah Ini

Artikel yang kamu buat untuk Geotimes harus bersifat argumentatif dengan menyertakan tesis dan call for action.

Setelah kamu mendaftarkan artikelmu, pihak redaksi akan mengkurasi apakah artikelmu layak tampil dalam kurun waktu paling lambat dua minggu.

Kalau artikel opinimu ditampilkan maka honor yang kamu terima sebesar RP350 ribu. Jika Geotimes menganggap kamu emang ahli dalam bidang yang kamu tulis, honormu bisa mencapai Rp1 juta. 

Geotimes mengusung kode etik jurnalistik dalam menyunting tulisan-tulisan yang masuk maka pastikan kamu membaca pedoman media siber mereka sebelum menulis. Tulisan yang berbau SARA dijamin tidak lolos seleksi di portal ini.


16
Remotivi Menunggu Tulisan Tajam Kamu untuk Dibayar

Kalau kamu tertarik menulis untuk menyoroti topik media, maka Remotivi.or.id adalah wadahnya.

Baca Juga: Tambah Penghasilan dengan 10 Kerja Sampingan untuk Mahasiswa Ini

Di laman “menulis untuk kami”, portal ini menjelaskan bahwa mereka menerima tulisan dari berbagai kalangan yang memiliki kepedulian kepada isu media.

Serupa dengan Geotimes, Remotivi bersedia membayar tulisan argumentatif dengan penjabaran yang runut dan ilmiah, namun ditulis dengan gaya non-akademis. Secara garis besar, Remotivi mengharapkan tulisan dengan ide menarik, berbobot dan dapat dipertanggungjawabkan.

Untuk berkontribusi, kamu bisa mengirimkan tulisanmu ke [email protected]. Kemudian kamu harus menunggu selama lima hari kerja untuk mengetahui apakah tulisanmu akan terbit atau tidak.

Walaupun tidak menyebutkan besar honor untuk penulis, namun sebuah sumber menyebutkan bahawa Remotivi bisa membayar Rp350 ribu – Rp1,5 juta untuk tulisan 800-2000 kata. 

Kalau dalam sebulan ada 20 saja tulisanmu yang terbit maka penghasilanmu sudah lebih besar dari UMP Jakarta.


17
Menulis Dibayar Oleh VoxPop.id

Voxpop Indonesia menyajikan konten yang bersifat opini dengan sudut pandang segar dan menarik. Sesuai slogan mereka, VoxPop.id merupakan tempat berbagi pandangan, cerita dan kenangan.

Baca Juga: Kerja Freelancing Cocok untuk Tipe Introvert, Kenapa ya?

Jika kamu memiliki kemampuan menulis dengan perspektif segar namun tidak terlalu satire, maka VoxPop bisa menjadi tempat yang cocok untuk menerbitkan tulisanmu. 

Honor yang bisa kamu terima kalau tulisanmu diterbitkan juga lumayan, sekitar Rp250.000 per tulisan. Bisa buat tambahan uang jajanmu, kan?


18
Kirimkan Artikel Terbaikmu ke Bacapetra.co

Bacapetra.co sendiri menerima naskah berupa cerpen, puisi, review buku dan film, dan karya terjemahan.

Kalau kamu kebetulan tertarik untuk menulis review buku dan film, kamu bisa banget mengirimkan naskahmu ke situs yang satu ini.

Berikut rincian imbalan yang akan kamu terima untuk setiap karya yang diterbitkan:

  • Cerpen sebesar Rp250.000,-
  • Puisi sebesar Rp150.000,-
  • Review sebesar Rp200.000,-
  • Karya Terjemahan sebesar Rp200.000,-.

Bila kamu tertarik, kamu bisa mengirimkan karyamu ke email redaksi[at]bacapetra.co.


19
Kirim Cerpen Hingga Resensi ke Nongkrong.co

Situs ini juga menerima karyamu berupa tulisan, lho. Tinggal pilih saja tulisan seperti apa yang ingin kamu produksi, mulai dari cerpen, puisi, esai, hingga resensi.

Untuk cerpen, kamu akan menerima honor sebesar Rp100.000 bila karyamu dimuat, sedangkan tiga jenis tulisan lainnya masing-masing akan diberikan honor sebesar Rp50.000.

Tertarik? Kamu bisa kirimkan karyamu ke redaksinongkrong[at]gmail.com.


II. Menulis Artikel Dibayar Pakai Dollar di 8 Situs Luar Negeri Ini

Selain situs-situs Indonesia, kamu yang pede dan terampil menulis artikel dalam bahasa Inggris juga berkesempatan untuk mendapatkan uang dari situs-situs luar negeri.

Nominalnya pun terhitung sangat layak, bisa lebih besar lagi tergantung pada kualitas tulisan dan gaya bahasa artikelmu.

Catatan Editor

Agar kamu dapat menerima pembayaran lebih mudah dari situs luar negeri, kamu mungkin harus memiliki akun Paypal dan Payoneer karena rata-rata situs tersebut akan membayarmu dengan metode pembayaran itu.

Baca artikel berikut untuk membuat akun Paypal atau pun Payoneer:

Cara Membuat Akun Paypal, Mudah Gak Pake Ribet!

Cara Membuat Akun Paypal, Mudah Gak Pake Ribet!

Cara Membuat Akun Paypal, Mudah Gak Pake Ribet! – Buat kamu yang suka dan kerap melakukan ... Selengkapnya

Cara Membuat Payoneer: Daftar dan Cara Membuat Akun Payoneer Dengan Mudah

Cara Membuat Payoneer: Daftar dan Cara Membuat Akun Payoneer Dengan Mudah

Cara Membuat Payoneer: Daftar dan Cara Membuat Akun Payoneer Dengan Mudah – Sudah tahu belum ... Selengkapnya

Paypal dan Payoneer, Dua Alat Pembayaran Internasional yang Harus Diketahui Freelancer

Paypal dan Payoneer, Dua Alat Pembayaran Internasional yang Harus Diketahui Freelancer

Paypal dan Payoneer, Dua alat pembayaran internasional yang Harus Diketahui Freelancer – ... Selengkapnya

Selain itu untuk pencairan ke kurs rupiah, kamu bisa memonitor pergerakan kurs dollar ke rupiah lewat artikel berikut agar ketika dollar sedang naik, kamu bisa mencairkan pendapatanmu ke rekening bank dengan nominal yang lebih tinggi:

Kurs Dollar ke Rupiah: Kurs Dollar Hari Ini | Seni Berpikir

Kurs Dollar ke Rupiah: Kurs Dollar Hari Ini | Seni Berpikir

Kurs Dollar ke Rupiah, Kurs Dollar Hari Ini: August 3, 2021 - Pantau statistik nilai tukar mata ... Selengkapnya

Berikut daftar situs luar negeri tempat kamu bisa menulis artikel dibayar:

20
Gabung Jadi Penulis di Contena

Situs ini berbeda dengan situs-situs lainnya yang telah disebutkan sebelumnya. Contena akan menghubungkan kamu dengan para perusahaan yang membutuhkan jasa kepenulisan.

Bedanya dengan situs freelancer pada umumnya, Contena fokus pada bidang kepenulisan. Database perusahaannya pun ada lebih dari 1.500, sehingga mudah bagi kamu nantinya untuk melakukan pitching.


21
Kirim Artikel Seputar Teknologi Digital ke Hongkiat

Hongkiat adalah salah satu situs favorit tim Kerja Lepas karena mengandung banyak sekali informasi menarik seputar dunia desain, web development, hingga teknologi digital lainnya.

Bila kamu juga tertarik dengan topik-topik tadi, kamu bisa mengirimkan artikelmu dan mendapatkan honor sebesar $50 bila diterbitkan lewat Paypal.


22
Kirim Tulisan Tentang Menulis Artikel Dibayar ke Writers Weekly

Topik-topik yang umumnya diterbitkan di Writers Weekly persis seperti topik yang sedang kamu baca saat ini, yakni cara dan tempat di mana kamu bisa menulis artikel dan dibayar.

Minimal jumlah kata untuk setiap artikel hanyalah 600 kata, dan mereka bersedia membayarmu sejumlah $60 untuk setiap tulisan yang terbit via Paypal.


23
Tulisan Tentang Apapun yang Menarik Akan Diberikan ‘Tepuk Tangan’ di Medium

Bila kamu familiar dengan Kompasiana, Medium ini mirip seperti itu. Setiap orang bisa membuat akun dan mempublikasikan tulisannya tentang apapun, selama tidak melanggar kaidah-kaidah hukum.

Yang menarik, potensi uang yang bisa kamu dapatkan dari Medium bisa dibilang tak terbatas, karena semakin banyak dan menarik tulisanmu bagi pembaca, semakin besar pula uang yang akan kamu dapatkan.

Di Medium, bila kamu cukup percaya diri dengan kualitas tulisanmu, kamu bisa ‘menguncinya’ agar hanya pembaca-pembaca yang berlangganan premium di Medium sajalah yang bisa membaca tulisanmu.

Sistemnya, kamu dan Medium nantinya akan bagi hasil dari jumlah pendapatan dari artikelmu.


24
Kirim Artikel Jurnalistik, Riset, Hingga Foto ke NewNaratif

NewNaratif berisi tentang hal-hal menarik seputar Asia Tenggara dengan riset yang mendalam.

Bila kamu suka dengan pergerakan-pergerakan demokratis dan ingin berkontribusi mengirimkan artikel jurnalistik dan riset, mungkin NewNaratif akan menjadi tujuan yang paling tepat untukmu.

Setiap artikel akan dibayar senilai $200, tentu harus sesuai dengan kedalaman riset yang telah kamu lakukan dan terapkan di artikelmu. Selain itu, kamu juga bisa menyertakan foto pendukung, di mana setiap foto akan dihargai senilai $50.


25
Gabung di WhatCulture Bila Kamu Suka Tentang Dunia Gaming, Film Hingga Olahraga

Kalau kamu pecinta artikel seputar game, film hingga olahraga, kamu pasti tertarik untuk mengirimkan tulisan ke WhatCulture.

Situs ini bersedia membayar lebih dari $40 untuk setiap tulisan yang terbit via Paypal.


26
Suka Dunia Traveling? Kirim Catatan Perjalananmu ke Travel + Leisure

Menulis artikel-artikel seputar traveling ke Travel + Leisure ternyata sangat menguntungkan. Untuk setiap artikel yang terbit, kamu bisa dibayar sebesar $1 per kata.

Semakin banyak jumlah kata di artikelmu, semakin besar juga honor yang akan kamu terima, Tentu, artikelmu akan melewati proses editing yang sangat ketat sehingga artikelmu yang tadinya panjang bisa jadi lebih ramping.


27
Untuk Kamu yang Punya Pemahaman Mendalam Seputar Web Development, Wajib Berkarya di SitePoint

Kalau kamu punya pemahaman mendalam seputar dunia web development yang mencakup CSS, HTML, Sass, PHP, Ruby, dan berbagai hal pendukung lainnya, kamu bisa mengirimkan tulisanmu dan mendapatkan honor sebesar $150 hingga $300 per artikel yang diterbitkan.

Rata-rata, SitePoint bersedia membayar sebesar $150 untuk artikel biasa, $200 untuk artikel dalam bentuk tutorial, dan $300 untuk artikel jenis apapun yang menurut mereka sangat mendalam dan berkualitas.

Belajar Bahasa Pemrograman untuk Pemula: 7 Bahasa Pemrograman Paling Mudah Paling Mudah Dipelajari

Belajar Bahasa Pemrograman untuk Pemula: 7 Bahasa Pemrograman Paling Mudah Paling Mudah Dipelajari

Belajar Bahasa Pemrograman untuk Pemula: 7 Bahasa Pemrograman Paling Mudah Paling Mudah Dipelajari ... Selengkapnya

10 Situs Belajar Coding Online yang Bisa Kamu Jadikan Referensi Belajar

10 Situs Belajar Coding Online yang Bisa Kamu Jadikan Referensi Belajar

10 Situs Belajar Coding Online yang Bisa Kamu Jadikan Referensi Belajar – Tertarik belajar ... Selengkapnya


Penutup

Memilih media untuk menerbitkan tulisanmu bisa disesuaikan dengan tujuanmu menulis. Kamu bisa menulis artikel-artikel ringan jika tujuanmu hanya untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Baca Juga: 5 Tantangan Tersulit Dunia Freelance yang Harus Dihadapi Milenial

Namun jika kamu mau menulis artikel dan dibayar sebaga profesional, maka pilihlah media-media yang terkenal mengkurasi tulisan yang diterbitkan.

Dengan begitu nilai tulisanmu tidak hanya bernilai rupiah, tetapi juga reputasimu sebagai penulis akan meningkat.


Bacaan Lainnya:

Bangun Karir Impian Dari sekarang

Satu email per minggu untuk karir masa depanmu.
Langganan sekarang demi masa mendatang.

Atau, kamu juga bisa pilih topik di sini.

Tonton Serial Video Tips & Trik Dunia Freelance

Subscribe


Artikel Terkait

Artikel Menarik Lainnya

5 KOMENTAR

  1. Martina Munial Pangkul

    Since my hobby is writing besides reading, I’m in love to join with you guys.

  2. Salam kena, kami juga membutuh para penulis konten dan marketer untuk menulis konten review dan terbit ke situs media yang lain atau blog pribadi anda.

  3. Astrit Carmelia

    Saya ingin bekerja sebagai penulis karena ingin mendapatkan uang tambahan agar tidak merepotkan kedua orang tua saya

  4. Saya ingin menjadi penulis cerpen, karena saya mempunyai hobby untuk msmbuat cerita cerpen.. Saya sangat membutuhkan pekerjaan ini, tolong bantu saya.. TerimaKasih, Kira kira untuk gajih nya berapa ya sebulan? Aa saya boleh tau??

  5. Nama saya Tika ayu saya ingin sekali menjadi seorang penulis cerpen atau novel alasany karna saya ingin mewujudkan impian saya menjadi seorang penulis dikarenakan saya memang hobi menulis
    Terimakasih

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.