6 Aplikasi dan Website Untuk Mempermudah Pekerjaan Online Freelancer
6

6 Aplikasi dan Website untuk Mempermudah Pekerjaan Online FreelancerBekerja lepas menuntut kita untuk lebih terorganisir dan fokus, karena yang harus diperhatikan bukan hanya pekerjaan saja tapi juga urusan-urusan lain di sekeliling pekerjaan. Mulai dari urusan tagihan sampai beban kerja harus menjadi tanggung jawab kita. 

Rasanya seperti tidak mungkin ya mengurus semua sendirian? Tapi jangan khawatir, di era serba digital ini semua ada aplikasinya.

Aplikasi untuk mempermudah pekerjaan online freelancer yang akan kami jabarkan di bawah ini bisa membantu kesibukanmu sebagai pekerja lepas, bahkan sampai merencanakan kapan jadwal liburan agar tidak bentrok dengan pekerjaan.

6 Aplikasi dan Website untuk Mempermudah Pekerjaan Online Freelancer

Aplikasi Freelance G Suite Untuk Mempermudah Pekerjaan Online Freelancer

Menjadi seorang pekerja lepas di era teknologi kamu pasti kenal dua jagoan Google ini. Gmail sudah menjadi kontak surel kita sehari – sehari untuk berkomunikasi dengan klien. Sementara itu google drive bisa memudahkan kamu berbagi dokumen dengan klien.

Baca Juga: 10 Situs Freelance yang Wajib Dicoba Seluruh Freelancer

Salah satu keunggulan berbagi dokumen lewat google drive adalah klien bisa langsung memberi kamu umpan balik di dokumen tersebut tanpa bolak balik mengirim file lewat lampiran email. 

Sekarang ini kamu bisa mendaftarkan bisnis freelance mu ke G Suite. Dengan mendaftar ke layanan G Suite kamu akan mendapatkan alamat surel [email protected]. Alamat surel dengan domain bisnismu akan membuat kamu terlihat lebih profesional. 

Selain email, kamu juga bisa menikmati fasilitas lengkap Google lainnya seperti drive dan Google calendar yang bisa kamu pakai untuk mengelola kesibukan sehari-hari.

Dengan begitu, kamu tentu bisa mempermudah pekerjaan online freelancer yang biasa kamu kerjakan.

Trello, Aplikasi Freelance Pengganti Whiteboard

Trello merupakan jenis kolaborasi yang bisa digunakan oleh sebuah tim kerja. Bayangkan Trello sebagai whiteboard daring tempat satu tim membuat sebuah rencana kerja. 

Trello masuk kategori aplikasi freelance untuk mengorganisir karena pekerja lepas yang bekerja dalam tim bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk mengakses alur kerja.

Baca Juga: 10 Peluang Kerja Online yang Harus Dicoba Sekarang

Tampilan Trello sangat sederhana, di laman muka aplikasi ini ada list yang berupa kolom-kolom. Penempatan list secara horizontal menggambarkan urutan tahapan kerja yang harus dilewati tiap tugas. 

Selain list, Trello juga punya card atau tugas-tugas yang harus dilakukan di tiap tahapan kerja. Nah, card ini nanti bisa diseret untuk dipindahkan ke list berikutnya kalau sudah selesai diproses di satu tahapan kerja.

Tiap card juga bisa kamu klik untuk melihat detil tugas seperti instruksinya atau tautan-tautan yang terkait pekerjaan. 

Di Trello kamu juga bisa memberi label untuk mengkategorikan jenis tugas atau keterangan tambahan tentang tugas.

Dengan Trello, kamu bisa sangat mempermudah pekerjaan online kamu dan lebih terstruktur dari segi urutan prioritas pekerjaan online, deadline, dan sebagainya.

Slack, Aplikasi untuk Komunikasi dalam Tim

Slack merupakan platform komunikasi yang bisa dimanfaatkan anggota tim untuk melakukan koordinasi. Aplikasi freelance ini bisa memudahkan kamu berkomunikasi dan berbagi file saat kerja remote sekalipun.

Baca Juga: 8 Cara Milenial Menghasilkan Uang Dari Internet Secara Digital

Di aplikasi Slack kamu bisa chat dengan anggota tim lainnya sama seperti di platform chat lain. Tidak hanya itu, Slack punya fitur Channel dimana kamu bisa membentuk grup percakapan khusus mengenai satu topik.

Tingkat privasi saluran percakapan di Slack juga bisa diatur menjadi pribadi, rahasia, atau universal tergantung kebutuhan. 

Salah satu keunikan Slack sebagai aplikasi kolaborasi adalah hadirnya fitur twitter seperti mention dan hashtag untuk memudahkan kamu memanggil satu topik. 

Keunggulan lain dari Slack adalah aplikasi ini terintegrasi dengan layanan-layanan lain diantaranya GitHub, Trello, Google Hangout, DropBox, dan Trello.

Beberapa layanan yang terintegrasi dengan Slack memungkinkan kamu untuk mengirim gambar, file bahkan code dengan mudah.

Baca Juga:

Lengkapnya layanan Slack inilah yang bisa meningkatkan produktivitas kamu sebagai pekerja lepas.

Cushion, Website Freelance yang Lengkap

Cushion merupakan website untuk freelancer merencanakan aktivitas sepanjang tahun, termasuk liburan. Pekerjaan online freelancer bisa semakin dipermudah dengan website freelance yang satu ini.

Baca Juga: Mau Tambah Penghasilan? Yuk, Geluti 11 Usaha Sampingan di Rumah Ini

Aplikasi ini terbilang cukup lengkap, kamu bisa memasukkan nama proyek beserta tenggat waktunya. Kemudian, informasi yang sudah kamu masukkan tadi akan ditampilkan pada grafik lini masa.

Selain itu kamu juga bisa memasukkan anggaran pemasukan dari proyek yang sedang aktif, serta mencatat kontak surel klien. 

Website ini tepat kalau dikatakan sebagai paket lengkap kebutuhan freelancer, namun sayangnya karena terlalu lengkap jadi terasa rumit untuk digunakan. 

Focus Booster Untuk Mempermudah Pekerjaan Online Freelancer Dengan Teknik Podomoro

Salah satu tantangan bekerja lepas dari rumah adalah penggunaan waktu yang tidak efektif karena banyak distraksi. Agar kamu bisa mengukur waktu yang kamu gunakan untuk fokus bekerja ada aplikasi freelance bernama Focus Booster.

Baca Juga: Bosan Kerja Kantoran? Ini 7 Pekerjaan Freelance dengan Gaji Tinggi

Aplikasi ini menggunakan teknik Podomoro, yaitu metode pengelolaan waktu yang membagi pekerjaan ke dalam interval kecil (25 menit).

Setelah mendaftar di aplikasi ini, kamu bisa memasukkan informasi klien aktif dan waktu yang kamu alokasikan untuk klien tersebut. Saat kamu akan memulai mengerjakan pekerjaan kamu tinggal memulai timer.

Permudah Pekerjaan Online Freelancer Dengan RescueTime

Kalau kamu mau tahu berapa banyak waktu yang kamu kerjakan untuk satu aktivitas dan bagaimana memanfaatkan waktu dengan lebih baik maka RescueTime adalah jawabannya. 

RescueTime bahkan bisa memblokir aplikasi yang mendistraksi seperti facebook selama masa waktu yang kamu set sebagai waktu fokus.

Baca Juga: Banjir Orderan Job, Ikuti 5 Tips Penting Membuat Klien Senang

Keunggulan dari aplikasi freelance RescueTime adalah kamu akan mendapatkan lapran mingguan melalui email tentang bagaimana pengelolaan waktumu. Dari laporan tersebut, kamu bisa merencanakan bagaimana menggunakan waktumu dengan lebih baik. 

Kontributor
Kontributorhttps://kerjalepas.com/
Penulis kontributor untuk Kerja Lepas. Membahas tentang berbagai hal seputar pekerja lepas atau freelancer dan segala hal yang menyangkut freelancing.

Artikel Menarik Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.