Referensi Paypal dan Payoneer, Dua Alat Pembayaran Internasional yang Harus Diketahui Freelancer

Paypal dan Payoneer, Dua Alat Pembayaran Internasional yang Harus Diketahui Freelancer
P

Paypal dan Payoneer, Dua alat pembayaran internasional yang Harus Diketahui FreelancerMendaftar di berbagai situs freelance internasional seperti Upwork, Fiverr, atau Freelancer.com seringkali menjadi hal yang menakutkan karena kita khawatir terkait bagaimana cara menerima pembayarannya.

Di laman pembayaran situs-situs ini kita biasa melihat logo Paypal atau Payoneer sebagai alat pembayaran antar negara.

Ecommerce alat pembayaran ini seringkali membutuhkan verifikasi yang tidak sesederhana kita menerima transfer antar bank lokal.

Baca Juga: Banjir Orderan Job, Ikuti 5 Tips Penting Membuat Klien Senang

Kalau kamu mau menjadi freelancer yang go Internasional maka kamu harus mengetahui cara kerja alat pembayaran internasional. Nah artikel ini ada untuk membantu kamu berkenalan dengan dua alat pembayaran ini.


Alat Pembayaran Internasional #1: Paypal

Apa itu Paypal?

paypal
Gambar: pymnts.com

Berdiri pertama kali pada tahun 2000, Paypal digunakan sebagai alat pembayaran pada 200.000 transkasi Ebay per hari.

Sampai pada akhirnya, perusahaan lelang tersebut mengakuisisi Paypal pada tahun 2002. Kini, Ebay menjadi perusahaan induk Paypal.  

Langganan Artikel Terbaru, Yuk!

Dapatkan artikel terbaru seputar dunia freelancing dari Kerja Lepas

Paypal merupakan sebuah inovasi alat pembayaran internasional dengan menggunakan surel yang menggantikan sistem pembayaran lama yang menggunakan wesel pos.

Baca Juga: Sulit Dapat Kerja? Ini 8 Contoh Kerja Lepas untuk Penyandang Disabilitas

Sebegitu disukainya Paypal sebagai sebuah sistem pembayaran, 99 juta pengguna internet memilih Paypal sebagai alat pembayaran. Paypal juga tersedia di lebih dari 150 pasar, dan melayani transaksi di 24 negara. 

Dengan memiliki aku Paypal kamu bisa membayar atau menerima pembayaran ke berbagai negara secara online hanya dengan mendaftar melalui surel.


Bagaimana Cara Memverifikasi Akun Paypal?

Jika kamu sudah memverifikasi akun Paypalmu, maka kamu tidak memiliki batasan jumlah transaksi, bisa melakukan pembayaran dan menerima pembayaran dengan menarik uang ke rekening bank. Selain itu, kamu juga bisa menikmati berbagai fitur Paypal lainnya.

Baca Juga: Ingin Resign dan Jadi Full Time Freelancer? Tanyakan 8 Hal Ini Dulu

Yang sering jadi masalah adalah cara memverifikasi akun Paypal itu sendiri, karena mereka memiliki syarat untuk memverifikasi akun dengan menggunakan kartu kredit.

Lalu bagaimana jika kamu tidak memiliki kartu kredit? Apa kamu masih tetap bisa menerima pembayaran dari Paypal?

Ternyata bisa, hanya saja kamu membutuhkan yang namanya VCC (Virtual Credit Card). Begini caranya memverifikasi akun Paypal dengan menggunakan VCC:

1. Masuk ke Akun Paypal

Untuk masuk ke akun Paypal kamu hanya perlu memasukkan email dan passwordmu.

2. Pilih Menu Account Setting

Setelah berhasil masuk, kamu bisa langsung menuju ke menu “account settings”. Lalu di bawah kategori “business profile”, pilih menu “money, bank, and cards”. Kemudian klik opsi “link a new card”. 

3. Masukkan Detil Informasi VCC

Setelah itu Paypal akan meminta kamu memasukkan detil informasi VCC berupa :

  • No Kartu
  • Expiry date
  • Kode CVC (3 angka di belakang kartu)
  • Billing Address

Setelah semua informasi dimasukkan, maka kamu tinggal klik “OK”.

4. Kode Paypal

Kartu kamu sekarang sudah terhubung, namun masih belum terverifikasi. Untuk memverifikasi, kamu bisa memasukkan kode 4 angka yang ada di billing statement VCC kamu.

Jika kamu membeli VCC dari pedagang VCC online, maka kamu bisa menanyakan kode ini ke mereka.   

Nah, setelah kamu memverifikasi akun Paypalmu, kini kamu sudah bisa menggunakan paypal sebagai alat pembayaran internasional.

Akunmu sudah bisa diapkai baik untuk berbelanja online atau menerima pembayaran hasil kerja freelancemu.

Baca Juga: 6 Aplikasi dan Website Untuk Mempermudah Pekerjaan Online Freelancer

Beberapa situs freelancer seperti Fiverr dan Freelancer.com bekerja sama dengan Paypal untuk membayar para freelancernya.


Menerima Pembayaran Internasional Dengan Payoneer

Apa Itu Payoneer?

payoneer
Gambar: Payoneer

Payonerr merupakan sebuah sistem pembayaran internasional yang berkantor pusat di Amerika Serikat, dan sudah berdiri sejak 2005.

Baca Juga: 12 Cara Cepat Mendapatkan Klien Pertama Kamu

Pemilik akun Payoneer bisa mengirim dan menerima pembayaran melalui akun bank, fitur e-wallet, atau ke kartu Payoneer Mastercard isi ulang. Kartu ini bisa digunakan untuk transaksi online atau bertransaksi langsung di seluruh dunia. 

Payoneer sebenarnya mirip dengan Paypal, namun masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Ini beberapa kelebihan memiliki akun Payoneer jika dibandingkan dengan Paypal:

  1. Pendaftaran yang Mudah dan Gratis

Kami sudah mencoba sendiri saat membuat akun Payoneer untuk menerima pembayaran dari Fiverr.

Kamu hanya butuh KTP dan nomor rekening bank lokal sebagai persiapan sebelum mulai proses membuat akun. Semua langkah membuat akun payoneer bisa dilakukan tanpa kartu kredit yang berbelit-belit.

  1. Payoneer Memiliki kartu Prepaid MasterCard (Kartu Debit)

Ketika saldomu sudah mencapai jumlah tertentu, kamu bisa mendapatkan kartu Debit Mastercard.

Kartu debit Payoneer bisa kamu gunakan untuk belanja di seluruh merchant Mastercard atau tarik tunai di semua ATM yang punya logo mastercard. Lumayan kan? Bisa dipakai untuk traveling

  1. Bisa Tarik Langsung Uang ke Bank Lokal dari Fiverr

Dengan memiliki akun Payoneer kamu bisa tarik langsung uang dari saldo Fiverr kamu ke bank lokal tempat kamu membuka rekening tabungan.

Pertama, Fiverr membutuhkan proses clearance selama 14 hari sebelum uang dari saldomu sampai ke Payoneer. Namun, begitu uangmu sudah sampai di Payoneer, uang akan dikirim ke rekening bankmu dalam waktu dua hari saja.

Baca Juga: Menulis Artikel Dibayar? Ini 5 Situs yang Bisa Kamu Manfaatkan

Dengan mengetahui tentang alat pembayaran internasional yang banyak dipakai situs freelancer, kini kamu tidak perlu merasa asing lagi dengan sistem pembayaran internasional.

Baca Juga:

Memang butuh usaha lebih di awal untuk membuat akun di kedua alat pembayaran ini, namun kami rasa hal tersebut sepadan dengan penghasilan lebih besar yang bisa kamu terima dari situs-situs freelance internasional. 


Tonton Serial Video Tips & Trik Dunia Freelance

Subscribe


Kontributor
Kontributorhttps://kerjalepas.com/
Penulis kontributor untuk Kerja Lepas. Membahas tentang berbagai hal seputar pekerja lepas atau freelancer dan segala hal yang menyangkut freelancing.

Artikel Menarik Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.