8 Cara Milenial Menghasilkan Uang Dari Internet Secara DigitalKaum milenial merupakan generasi yang lahir antara tahun 1980-an hingga tahun 1996.

Berbeda dengan generasi pekerja sebelumnya yang sangat loyal terhadap perusahaan, milenial justru cenderung mendobrak berbagai sistem di dunia kerja yang sudah ada.

Milenial menuntut sebuah kebebasan dan fleksibilitas dalam hal pekerjaan. Mereka lebih menyukai bekerja secara remote atau jarak jauh karena sejak lahir sudah lekat dengan teknologi modern. 

Ini artinya, milenial  akan cenderung memilih pekerjaan yang melibatkan teknologi secara digital.

Bila kamu termasuk salah satu kaum milenial yang ingin menghasilkan uang secara digital, berikut adalah beberapa pekerjaan di era digital yang bisa meningkatkan kondisi finansialmu dan menghasilkan omset tambahan.

8 Cara Milenial Menghasilkan Uang Dari Internet Secara Digital

1Tulis dan Publikasikan Ebook

menulis ebook - menjual ebook - Cara Milenial Menghasilkan Uang Dari Internet Secara Digital
Gambar: ShutterStock

Salah satu ide untuk mendapatkan penghasilan tambahan secara digital adalah menerbitkan ebook.

Kamu bisa memakai berbagai platform yang saat ini sudah tersedia. Misalnya, platform Amazon Kindle Direct Publishing untuk melakukan ini. 

Kamu juga bisa membuat buku cetak sesuai ebook yang di-request oleh klien. Semuanya masih dalam satu platform.

Baca Juga: Mau Tambah Penghasilan? Yuk, Geluti 11 Usaha Sampingan di Rumah Ini

Setelah ebook ini diluncurkan atau dipublikasikan, kamu juga bisa mengkonversinya menjadi buku audio menggunakan platform ACX untuk diterbitkan di platform tertentu seperti Audible.com atau podcasting.


2Buat Sebuah Blog dan Kembangkan

blogging - blog - blogger
Gambar: ShutterStock

Sumber penghasilan lainnya yang bisa menambah pemasukan gajimu adalah memulai sebuah blog.

Jika kamu memahami mekanisme pemasaran online, kamu bisa membuat blog yang akan terus menghasilkan pendapatan setiap bulan. Bahkan, jika kamu tidak melakukan pekerjaan apa pun.

Baca Juga:

Semakin banyak fitur dan iklan yang kamu gunakan di dalam blog kamu, semakin baik. Pertimbangkan juga konten blog yang akan kamu posting karena akan ada banyak audiens yang membaca dan melihatnya.

Hindari konten berbau SARA, pornografi atau konten negatif lainnya saat membuat blog.


3Bergabung dengan platform pekerjaan lepas

situs freelance - website situs freelance indonesia
Gambar: ShutterStock

Banyak pekerjaan di luar sana yang menawarkan layanan atau jasa secara online. Tergantung di mana lokasi kamu tinggal, kamu bisa menemukan pekerjaan seperti ojek online, pengantaran paket, atau menemukan pekerjaan di situs freelancer.

Baca Juga: 10 Situs Freelance yang Wajib Dicoba Seluruh Freelancer

Di sejumlah situs penawaran jasa, mereka juga menawarkan jasa seperti kebersihan, pindah rumah/ kost, katering dan sebagainya. Kamu mungkin memiliki keahlian di salah satu bidang tersebut.


4Memberikan layanan profesional

layanan profesional - pekerja lepas - freelancer - Cara Milenial Menghasilkan Uang Dari Internet Secara Digital
Gambar: ShutterStock

Punya keterampilan profesional? Jika kamu seorang desainer grafis, programmer, pengacara, akuntan, atau memiliki keahlian profesional lainnya, kamu dapat menghasilkan uang tambahan menggunakan sejumlah situs freelancer profesional. 

Di situs freelancer profesional ini, pekerjaan yang dibutuhkan lebih kompleks dan menuntut hasil yang profesional. Kamu bisa mendapatkan manfaat internet secara lebih luas untuk menunjukkan keterampilanmu dan menghasilkan uang ekstra. 


5Buat kursus online

kursus online - kelas online
Gambar: ShutterStock

Sumber penghasilan besar lainnya secara digital adalah membuka kursus online. Tergantung pada apa keahlianmu.

Baca Juga: Jam Kerja Fleksibel, 8 Alasan Kenapa Kamu Harus Jadi Freelancer

Kamu bisa membuat kursus online di berbagai bidang dan mengajarkan para peserta kursus tanpa harus bertatap muka secara langsung. 

Saat ini juga sudah populer jenis kursus online untuk pelatihan pemrograman, penulisan, pemasaran, dan sebagainya.


6Mengajar Bahasa Inggris

mengajar bahasa inggris
Gambar: ShutterStock

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang paling populer di seluruh dunia. Kebutuhan masyarakat untuk memahami dan menguasai bahasa Inggris juga semakin meningkat.

Bila kamu memiliki keterampilan berbahasa asing atau bahasa Inggris, kamu bisa membuka les bahasa Inggris secara online. 

Terutama untuk mengajar anak – anak, remaja, mahasiswa, atau karyawan dan masyarakat umum. 


7Pemasaran media sosial

admin sosial media
Gambar: ShutterStock

Semua orang membutuhkan jasa pemasaran media sosial di era modern. Kamu akan lebih mudah mendapatkan penghasilan besar dengan membantu pemilik bisnis atau start up yang sedang berkembang dalam upaya pemasaran media sosial. 

Baca Juga: 10 Peluang Kerja Online yang Harus Dicoba Sekarang

Tengok saja platform media sosial seperti Pinterest, Instagram, atau Facebook, setiap hari berisi berbagai jenis gambar, infografis, video, dan ide – ide brilian lainnya.

Semua itu adalah peluang emas bagi para pemasar media sosial atau marketer untuk menghasilkan pundi – pundi uang yang berlimpah setiap bulan.


8Menjadi Youtuber

Influencer - youtuber
Gambar: ShutterStock

Hari – hari sekarang, anak – anak muda milenial bercita – cita menjadi Youtuber. Bagaimana tidak, dengan mengunggah konten video yang populer, kamu bisa mengantongi uang jutaan rupiah. 

Kehidupan online dan digital yang dimiliki kaum milenial membuat segalanya menjadi lebih mudah untuk menghasilkan uang secara cepat dan canggih.

Situs berbagi video secara online ini dapat mendorong keterlibatan audiens dengan Youtuber favorit.

Dengan bantuan fitur-fitur interaktif seperti komentar, YouTubers memiliki kesempatan untuk mengeluarkan konten yang lebih otentik dan lebih sedikit skrip.

Namun, tetap saja, Youtuber adalah sebuah profesi yang menantang. Channel akun Youtuber bergantung pada dukungan audiens.

Semakin banyak followers dan subscriber dari Youtube, maka semakin besar pendapatan iklan dan menarik sponsor.

Tingkat persaingan Youtubers juga sangat sengit, mereka harus membuat konsep, merekam video berkualitas dan mengedit video secara detail. 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.