Peluang Kerja 7 Tips Menjadi Freelancer Online di Fiverr

7 Tips Menjadi Freelancer Online di Fiverr
7

7 Tips Menjadi Freelancer Online di Fiverr Sudah mendaftar akun Fiverr, sudah membuat gig, sudah menunggu berbulan-bulan tapi jangankan dapat satu job, pesan masuk pun tidak ada. 

Mendapatkan pekerjaan freelance online di Fiverr memang bukan perkara mudah. Para seller yang sekarang sudah ada di Fiverr adalah seller lama yang bergabung di Fiverr saat marketplace tersebut belum ramai.

Karena itu mereka sudah berhasil membentuk pasar mereka sendiri, seiring dengan personal branding mereka. 

Meskipun begitu, bukan tidak mungkin, kamu sebagai seller baru bisa mendapatkan $5 pertama mu dari Fiverr. Asal tahu tipsnya dan cukup sabar menunggu maka kamu bisa mulai menuai job dari Fiverr.

Nah, ini dia tips bagaimana menjadi freelancer online suskes di Fiverr yang patut kamu coba.

7 Tips Menjadi Freelancer Online di Fiverr

1
Tentukan Gig-mu Sebelum Jadi Freelancer Online di Fiverr

Sebelum memulai berjualan jasa di Fiverr, kamu harus menentukan dulu apa yang mau kamu jual. Menentukan jasa apa yang mau kamu jual bisa sedikit tricky sih. Untuk itu ada langkah-langkahnya:

1. Tentukan Niche-mu

Baik kamu seorang penulis, seorang web desainer, atau ilustrator kamu harus spesifik akan bidang yang mau kamu jual.

Misalnya sebagai seorang penulis kamu mau menulis tentang travel, gaya hidup, dan hiburan. Dengan begitu, di Fiverr kamu bisa membuat gig mu dengan judul penulis gaya hidup, travel, dan liburan.

2. Melakukan Riset

Ada baiknya sebelum kamu membuat gig lakukan riset dulu bagaimana seller lain yang ada di niche mu membuat gignya. Riset ini bukan untuk meniru, tapi untuk membantu menemukan ciri khas yang berbeda dari para seller lain.

3. Ketahui Nilaimu

Di Fiverr batas terendah harga gig adalah $5. Namun, freelancer online pemula sering tergoda untuk memberikan diskon atau bekerja gratis agar order terus berdatangan.

Baca Juga: 7 Cara Menghadapi Klien yang Sulit dan Menjengkelkan

Sebaiknya hal seperti ini tidak dilakukan karena akhirnya nilaimu tidak ditentukan oleh kualitas tapi karena diskon-diskon yang kamu berikan.

Bukan berarti tidak boleh memberikan diskon, diskon masih bisa diberikan di momen-momen tertentu seperti musim liburan.


2
Buat Video

Agar klien tertarik, mengapa tidak membuat video dimana klien merasa berinteraksi langsung dengan kamu?

Dengan melihatmu sebagai seller erbicara langsung menjelaskan gig yang ditawarkan klien pasti akan lebih percaya dan kemungkinan mereka membeli jasamu akan semakin besar.

Baca Juga: Tempat Kerja Selain Café, Ini 5 Coworking Space di Jakarta

Kalau kamu bukan orang yang percaya diri berada di depan kamera kamu bisa mengubah tampilan gig agar menarik dengan menggunakan gambar estetis.

Gunakan gambar  yang merepresentasikan gig yang dijual. Tapi ingat jangan sembarang ambil gambar di google image ya, sebaiknya gunakan gambar dari situs foto stok.


3
Update Gig Agar Sukses Menjadi Freelancer Online

Rajin-rajinlah melakukan riset tentang kompetitormu. Dengan melihat layanan seperti apa yang diberikan kompetitor, kamu bisa mengupdate gigmu agar bisa tetap bersaing.

Kesalahan pekerja freelance online adalah tidak pernah mengubah gignya sama sekali sejak pertama kali bergabung.

Baca Juga: Contoh Kontrak Kerja Freelance, 7 Poin ini Harus Ada!

Selain itu, dengan riset, kamu juga bisa menyesuaikan keyword, tag, judul, dan foto untuk gigmu agar tetap relevan dengan kata kunci pencarian.


4
Keluar dari Zona Nyaman, Kunci Menjadi Freelancer Online Sukses

Jika ada klien yang meminta spesifikasi khusus di luar zona nyamanmu, lakukan! Walaupun dengan satu syarat, kamu mengenakan biaya tambahan.

Baca Juga: Paypal dan Payoneer, Dua Alat Pembayaran Internasional yang Harus Diketahui Freelancer

Bekerja di luar zona nyamanmu bagus lho buat perkembangan karir freelance. Hitung-hitung menambah variasi potfolio yang nantinya bisa kamu jadikan gig baru di akun Fiverr, kesempatan menambah penghasilan juga jadi terbuka lebar. 


5
Selesaikan Pekerjaanmu Lebih Cepat dari Deadline

Fiverr punya sistem penghitung waktu otomatis. Timer inilah yang akan mencatat ketepatan waktumu menyelesaikan pekerjaan sesuai tenggat waktu dan akan mempengaruhi rating mu sebagai seller. 

Karena itu, memenuhi deadline menjadi hal yang sangat penting. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti wifi mati tiba-tiba, atau sistem Fiverr yang error, ada baiknya kamu menyelesaikan dan mensubmit pekerjaan 24 jam sebelum tenggat waktu menurut timer Fiverr.


6
Perlakukan Klien Dengan Setara

Berikan pelayanan dan keramahan yang sama untuk klien tanpa memandang harga gig yang mereka beli.

Kamu tidak akan tahu klien –klien yang membeli paket basic bisa menjadi pelanggan setia yang nantinya mungkin akan berkembang jadi klien besar.


7
Bergabung di Forum Fiverr untuk Belajar jadi Freelancer Online yang Baik

Belajar dari para senior yang sudah lebih dahulu menaklukkan Fiverr tentunya akan memberi banyak manfaat bagi para pemula.

Cobalah bergabung dengan forum-forum Fiverr di internet untuk mengetahui tips yang hanya bisa didapatkan dari pengalaman berjualan di Fiverr. 

Menjadi seorang freelancer online di Fiverr memang tidak mudah tetapi bukan tidak mungkin.

Sebagian dari tips-tips di atas sebenarnya tidak hanya bisa kamu terapkan di Fiverr tapi juga di banyak situs freelance lainnya, intinya adalah terus belajar dan menaruh respect pada setiap klien. 

*
  • Fiverr - Freelance Services
Rating: 4.5 158940 (total 158.940 review)
Harga: 0 Gratis
Tersedia di:
  • Tersedia di Google Play Store
  • Tersedia di Apple App Store untuk perangkat iOS
  • Tersedia sebagai aplikasi web


Artikel Lainnya:

Kontributor
Kontributorhttps://kerjalepas.com/
Penulis kontributor untuk Kerja Lepas. Membahas tentang berbagai hal seputar pekerja lepas atau freelancer dan segala hal yang menyangkut freelancing.

Artikel Menarik Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.