9 Cara Meningkatkan Keterampilan Freelancer agar Tidak Ketinggalan
9

Cara Meningkatkan Keterampilan Freelancer – Berbeda dengan bekerja di kantor, memiliki profesi pekerja lepas, kita harus memikirkan sendiri pengembangan karir kita.

Bertanggung jawab atas karir sendiri berarti tidak ada yang mengirim seorang freelancer untuk ikut training atau program pengembangan profesi. 

Meskipun begitu, bukan berarti seorang freelancer tidak merlu meningkatkan keterampilannya. Justru karena menjadi pekerja lepas kita dituntut untuk terus memperbaharui keterampilan agar bisa mengikuti kebutuhan pasar.

Baca Juga: 10 Situs Freelance yang Wajib Dicoba Seluruh Freelancer

Untuk meningkatkan keterampilan kamu sebagai freelancer, lagi-lagi kamu butuh disiplin tinggi karena melibatkan kecakapan mengelola waktu.

Simak yuk bagaimana cara meningkatkan keterampilan untuk freelancer agar karir kamu cemerlang.

9 Cara Meningkatkan Keterampilan Freelancer agar Tidak Ketinggalan

Kenali Kekuatan dan Kelemahan Diri Sendiri

Ibarat seperti empat tungku kompor gas, kalau semuanya menyala, maka api di masing-masing tungku nyalanya akan kecil, begitu juga dengan keterampilanmu. 

Mungkin kamu punya beberapa keterampilan sekaligus, desain web, koding, SEO, dan menulis, tetapi dengan energi dan waktu yang ada paling hanya satu atau dua yang bisa kamu jadikan fokus. 

Baca Juga: Tambah Penghasilan dengan 10 Kerja Sampingan untuk Mahasiswa Ini

Sebelum membuat rencana ke depan kita harus memetakan dulu apa yang kita miliki sekarang, salah satunya keterampilan andalan kita.

Pilih satu atau dua yang menjadi poin terkuat kamu, poin terkuat ini yang nantinya harus kamu perhatikan untuk diasah di tahap-tahap selanjutnya. 

Cara Meningkatkan Keterampilan, Tentukan Posisimu Lima Tahun ke Depan

Setelah tahu keterampilan andalan kamu, tentukan apa yang mau kamu raih dengan keterampilan tersebut lima tahun ke depan.

Baca Juga: Mau Tambah Penghasilan? Yuk, Geluti 11 Usaha Sampingan di Rumah Ini

Misalnya, kamu ingin dapat klien perusahaan besar dari keahlian desain web mu, atau kamu ingin tulisanmu mencapai harga tertentu. 

Ini penting karena terkait dengan poin berikutnya, yaitu mengisi gap keterampilan yang ada.

Cara Meningkatkan Keterampilan, Ketahui Dulu Skill Gap

Kamu ingin dapat klien perusahaan besar, tapi ternyata keterampilanmu belum cukup buat memenangkan klien besar. Pelajari keterampilan apa yang belum kamu punya untuk memenuhi kebutuhan klien besar.  

Cara Meningkatkan Keterampilan dengan Ngobrol

Sambil ngopi, sambil makan siang, sambil main bola, kamu bisa ngobrol dengan sejawat yang memiliki keterampilan yang sama denganmu.

Dengan cara ini kalian bisa saling bertukar pikiran dan ide, bahkan sebuah pemecahan masalah bisa muncul dari obrolan informal seperti ini. 

Selain itu, cara ini juga efektif untuk mengetahui gap keterampilan yang menjadi jarak antara kamu yang sekarang dan targetmu lima tahun ke depan.

Ikut Komunitas Profesi untu Meningkatkan Keterampilan

Apapun bidang keterampilan yang kamu kuasai pasti ada komunitasnya. Komunitas baik online maupun offline bisa menjadi sarana bertukar ilmu.

Baca Juga: 4 Aktivitas Fisik yang Bisa Dilakukan Saat Bekerja di Rumah

Salah satu cara meningkatkan keterampilan freelancer adalah dengan mengikuti forum baik lokal maupun internasional.

Di forum – forum ini kamu bisa mengajukan pertanyaan, ataupun menjawab pertanyaan seputar keahlianmu. Jangan salah, menjawab pertanyaan juga merupakan cara mengasah keterampilah lho. 

Selain untuk bertukar ilmu, forum-forum ini juga bisa jadi tempat kamu menemukan proyek-proyek baru yang bisa memperkaya portfoliomu. 

Kreatiflah dalam menemukan forum-forum lokal ataupun internasional untuk mencari komunitas yang sesuai. 

Cara Meningkatkan Keterampilan dengan Diversifikasi Porfolio

Sebagai freelancer, cara cepat meningkatkan keterampilan adalah dengan mencoba hal baru. Sebaiknya, kamu jangan terjebak dengan pekerjaan yang itu-itu saja, bahkan disarankan untuk mencoba pekerjaan yang belum pernah kamu kerjakan. 

Kamu juga bisa menggabungkan skill mayor kamu dengan skill minor kamu untuk memberi nilai lebih pada pekerjaan. Jika klien masih meragukanmu, tidak apa-apa mengerjakan pekerjaan pro bono di awal demi portfolio.

Lakukan Riset Terhadap Keterampilan Freelancer Tertentu

Kalau langkah-langkah sebelumnya sudah dijalankan, untuk memastikan kamu mendapatkan sumber daya yang cukup. lakukanlah riset. 

Melalui riset Google, banyak yang bisa kamu temukan, mulai dari kursus online, sertifikasi, sampai buku yang bisa menunjang keterampilanmu.

Lakukan Apa yang Harus Kamu Lakukan

Dari hasil riset, ngobrol, dan mengikuti komunitas, kamu sudah memiliki pengetahuan yang cukup untuk mengetahui apa yang harus kamu lakukan untuk meningkatkan keterampilan.

Baca Juga: Bagaimana Cara Merekrut Freelancer Berbakat ke Bisnis Kamu?

Nah, sekarang adalah saatnya melakukan ,“Do”, karena tanpa praktek apa yang sudah kamu ketahui akan sia-sia.

Baik itu membaca buku, ikut ujian sertifikasi, atau kursus online, kamu harus menyediakan waktu khusus untuk benar-benar melakukan alias tidak hanya sebatas rencana.

Alokasikan Waktu Khusus Untuk Meningkatkan Keterampilan

Apa boleh buat, sebagai pekerja lepas, salah satu cara agar arus kas deras adalah dengan memenuhi semua slot waktu kita dengan  pekerjaan. Tetapi, cara ini tidak sepenuhnya tepat, karena kita jadi tidak punya waktu untuk meningkatkan keterampilan.

Baca Juga: Jangan Bingung, Begini 6 Cara Cepat Menemukan Pekerjaan Freelance

Karena itu disarankan untuk mengalokasikan waktu khusus untuk belajar keterampilan baru. Waktu khusus ini bisa diambil dari jatah waktu mingguan, bulanan, atau tahunan. Misalnya kamu tetapkan bahwa tiap bulan Februari kamu tidak akan mengambil job dan fokus ke belajar hal baru. 

Yang paling penting jangan sampai lupa untuk mengimbangi cara ini dengan pengelolaan keuangan yang baik, karena di waktu yang kamu gunakan untuk belajar kamu tidak menghasilkan uang.

Baca Juga:

Resep paling ampuh sebagai cara meningkatkan ketermapilan kamu sebagai freelancer adalah dengan menyediakan waktu khusus.

Dengn adanya waktu khusus banyak yang bisa kamu lakukan untuk belajar hal baru, karena itu rencanakan waktumu dengan baik agar bisa terus mengasah kemampuanmu.


Kontributor
Kontributorhttps://kerjalepas.com/
Penulis kontributor untuk Kerja Lepas. Membahas tentang berbagai hal seputar pekerja lepas atau freelancer dan segala hal yang menyangkut freelancing.

Artikel Menarik Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.