Aktivitas Fisik yang Bisa Dilakukan Saat Bekerja di Rumah – Bekerja sebagai freelancer menuntut kita untuk lebih banyak duduk sambil menatap layar komputer.

Padahal, banyak dampak kesehatan yang bisa ditimbulkan dengan duduk lebih dari 7 jam sehari. Risiko diabetes, stroke, tekanan darah tinggi siap mengintai individu dengan gaya hidup terlalu banyak duduk.

Saking berbahayanya menghabiskan waktu dengan duduk, disebutkan olahraga teratur kita selama 2-3 jam sehari pun tidak dapat menutupi dampak buruk dari terlalu banyak duduk. Tidak ada solusi yang lebih baik selain kita harus tetap aktif walaupun bekerja sebagai freelancer.

Di bawah ini adalah aktivitas fisik yang bisa kamu lakukan untuk menjaga tubuh tetap aktif selama bekerja dari rumah.

4 Aktivitas Fisik yang Bisa Dilakukan Saat Bekerja di Rumah

1Altivitas Fisik di Pagi Hari, Kardio

olahraga cardio

Sebelum kesibukan dan deadline menguasai harimu, sempatkan untuk kardio sehari sekali di pagi hari.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk latihan kardio, bisa jalan kaki santai di sekitar rumah, lari di treadmill, atau berenang.

Baca Juga: Catat ya! Ini 5 Kesalahan Freelancer Saat Bidding Project

Kamu Cuma butuh waktu setidaknya setengah jam saja untuk latihan kardio ini. Agar bisa rutin melakukan kardio, kamu bisa menggunakan aplikasi habit tracker untuk memantau kebiasaan barumu.

Selain membuat tubuh tetap aktif, banyak manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dari rutin latihan kardio.

Beberapa diantaranya adalah, mencegah obesitas, meningkatkan kapasitas paru-paru, mengurangi risiko serangan jantung, dan mengurangi stress. 

2Aktivitas Fisik dengan Bekerja Sambil Berdiri

standing desk
Gambar: Shutterstock

Ini juga salah satu cara jitu untuk mengurangi waktu duduk kamu selama seharian. Memangnya tidak pegal kerja sambil berdiri? Ya lumayan pegal, tapi itulah intinya, badanmu jadi terlatih.

Baca Juga: Jangan Bingung, Begini 6 Cara Cepat Menemukan Pekerjaan Freelance

Tenang kamu tidak harus berdiri selama 8 – 10 jam penuh. Kamu bisa pasang timer di ponsel mu untuk mengatur waktu duduk dan berdiri, misalnya 1 jam berdiri, lalu setengah jam duduk, kemudian berdiri lagi.  

Untuk memulai bekerja berdiri, gunakan meja kerja berdiri yang juga bisa diubah menjadi meja duduk. Biasanya meja seperti ini juga bisa diatur ketinggiannya, sehingga bisa menyesuaikan dengan tinggi badanmu untuk membuat berdirimu jadi nyaman.  

Beberapa dampak positif dari kerja sambil berdiri adalah membakar kalori, menurunkan kadar gula darah, menurunkan risiko penyakit jantung, mengurangi sakit tulang punggung, serta meningkatkan mood dan produktivitas.

3Berjalan Kaki, Aktivitas Fisik Murah Meriah

berjalan kaki
Gambar: Shutterstock

Seketat-ketatnya deadline yang sedang kamu jalani kamu pasti butuh makan siang atau camilan kan? Nah inilah kesempatanmu untuk pergi ke luar rumah dengan berjalan kaki.

Baca Juga: 5 Kerja Sampingan Berpenghasilan Besar yang Bisa Dilakukan di Rumah

Walaupun sekedar membeli makan, atau ke minimarket untuk membeli cemilan, setiap langkah berarti kok. 

Soal jumlah berapa langkah yang harus kita tempuh dalam sehari demi kesehatan, CDC merekomendasikan untuk melakukan aktivitas fisik setidaknya 150 menit dalam seminggu.

Kalau berjalan dalam 1 menit menghasilkan 100 langkah, maka kita butuh 15.000 langkah dalam seminggu, atau lebih dari 2000 langkah per hari.

Sama seperti aktivitas fisik lainnya, berjalan kaki dapat membuat suasana hati menjadi positif dan meningkatkan produktivitas kita. 

4Melakukan Latihan – Latihan Kecil di Antara Pekerjaan

Aktivitas Fisik yang Bisa Dilakukan Saat Bekerja di Rumah
Gambar: Shutterstock

Setelah 2 jam penuh bekerja sediakan 5 menit saja waktu untuk melakukan latihan fisik ringan, sehingga sirkulasi darahmu tetap lancar.

Ada beberapa latihan ringan yang bisa kamu coba di area kerjamu di rumah, yang kamu butuhkan hanya meja kerja, dan kursi.

1. Squat Ringan

Untuk melakukan gerakan ini kamu perlu alat bantu berupa kursi, pastikan kamu menggunakan  kursi yang tanpa roda. 

Caranya, letakkan telapak kaki rata dengan lantai, kemudian duduk di kursi, lalu berdiri. Ulangi gerakan duduk berdiri sampai 20 kali. 

2. Jumping Jacks

Awali pada posisi berdiri dengan kaki rapat, lalu letakkan lengan di samping badan. Melompatlah sambil buka kaki lebar, saat melompat satukan tangan di atas kepala. Lalu, kembali lagi ke posisi awal. Ulangi juga gerakan ini sebanyak 20 kali.

3. Push Up di Meja

Lakukan gerakan push up di lantai. Sebagai variasi kamu juga bisa menggunakan meja kerja sebagai alat bantu push up.

Letakkan kedua telapak tangan di atas meja dengan bahu direnggangkan dan tubuh dalam posisi papan/plank. Pelan-pelan dorong tubuh ke arah meja sampai siku membentuk sudut 90° kemudian dorong tubuh ke atas lagi.

4. Plank dengan Mengangkat Kaki

Tidak sesulit kedengarannya kok. Gerakan ini juga membutuhkan bantuan meja. Jadi posisikan badanmu seperti posisi awal saat akan push up di meja, lalu angkat kaki kanan dan kiri secara bergantian. Ulangi gerakan sampai 20 repetisi untuk tiap kaki.

Baca Juga: Mau Tambah Penghasilan? Yuk, Geluti 11 Usaha Sampingan di Rumah Ini

Tetap melakukan aktivitas fisik saat kamu bekerja di rumah sangat tricky. Kamu butuh disiplin dan tekad kuat untuk tidak hanya duduk diam.

Dengan disiplin menjaga tubuh tetap aktif, maka produktivitasmu akan meningkat, daya pikirmu pun akan semakin tajam dan yang pasti akan mempengaruhi kualitas kerja kamu.

Jadi, sudahkah kamu beraktivitas fisik hari ini? Selamat mencoba.


Bacaan Lainnya:

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.