Jangan Bingung, Begini 6 Cara Menemukan Pekerjaan Freelance – Sama seperti pekerjaan umum lainnya, mencari pekerjaan lepas juga tidak gampang. Kamu harus bersaing dengan ribuan freelancer lain dari seluruh dunia di satu platform freelance.

Meskipun sulit, tetapi kamu tidak perlu khawatir. Kamu masih bisa memiliki banyak opsi untuk menemukan pekerjaan freelancer secara online.

Terlebih saat ini jumlah platform freelancer di era digital sudah sangat banyak. Mulai dari platform freelancer dari tanah air sendiri, maupun dari luar negeri.

Selain itu, kamu juga bisa menghubungi langsung beberapa perusahaan rintisan atau start up yang mungkin membutuhkan bantuan sesuai keterampilan yang kamu miliki.

Baca Juga: Mau Tambah Penghasilan? Yuk, Geluti 11 Usaha Sampingan di Rumah Ini

Kamu memang harus bekerja keras secara konsisten untuk menemukan pekerjaan di dunia freelancing. Berikut adalah beberapa strategi yang bisa membuat impianmu menemukan pekerjaan menjadi lebih mudah dalam hitungan menit.

Siap memulai perburuan pekerjaan freelance? Oke, let’s do it!

6 Cara Menemukan Pekerjaan Freelance

1Bergabunglah dengan Platform Freelancing

Kerja sambil liburan
Gambar: CanWork

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah menerapkan strategi yang paling jelas dan gampang, yaitu mendaftar di platform freelancing.

Carilah dan temukan beberapa situs platform freelancing, kemudian buat daftarnya. Selanjutnya, buatlah profil akun kamu dan mulailah mencari pekerjaan yang cocok.

Baca Juga: 10 Peluang Kerja Online yang Harus Dicoba Sekarang

Situs freelancing umumnya menjadi jembatan bagi klien potensial atau bahkan perusahaan ternama menyelesaikan proyek mereka dengan tarif ekonomis.

Mencari pekerjaan di salah satu platform ini sangat mudah dan mendaftar hanya butuh waktu beberapa menit.

Akan tetapi, untuk mendapatkan sebuah proyek, kamu harus bersaing dengan ribuan atau bahkan jutaan freelancer yang berasal dari berbagai negara.

Jadi, jika kamu termasuk pemula dalam dunia freelancing, kunci untuk menemukan pekerjaan adalah temukan situs freelancing yang relatif masih baru atau sedang naik daun dengan persaingan rendah.

Tunjukkan keahlianmu seperti seorang profesional dan berikan proposal yang bisa menarik perhatian klien.


2Periksa Halaman “Karir” Sebuah Website

penulis lepas - freelancer - freelancing
Gambar: ShutterStock

Saat mengunjungi situs web tertentu atau situs web resmi perusahaan, kamu bisa melihat tautan di bagian footer atau bagian paling bawah situs.

Baca Juga: Jam Kerja Fleksibel, 8 Alasan Kenapa Kamu Harus Jadi Freelancer

Di sana, ada menu yang bertuliskan “Karir” atau “Work with Us”, dll. Menu ini akan merinci posisi atau lowongan pekerjaan yang saat ini tersedia di berbagai perusahaan. Artinya kamu boleh melamar pekerjaan ini setiap saat.

Cobalah mengunjungi situs web yang relevan dengan industri yang kamu minati. Dan periksa untuk mengunjungi menu ini dan melihat apakah mereka sedang membutuhkan pegawai baru.

Misalnya, jika kamu seorang marketer atau desainer, kamu bisa mengunjungi situs web startup yang berhubungan dengan industri desain dan pemasaran.

Siapa tahu ada posisi pekerjaan freelance yang tersedia saat ini. Tidak sedikit perusahaan rintisan atau start up yang juga menawarkan pekerjaan khusus seperti freelancing atau pekerjaan remote.


3Menulis Untuk Blog

peluang kerja online - blog - membuat blog - blogging
Gambar: ShutterStock

Jika kamu hobi atau menyukai dunia tulis – menulis, kamu bisa langsung menunjukkan bakatmu dengan menulis untuk blog. Blog tersebut juga bisa kamu gunakan sebagai portofolio online kamu, lho.

Baca Juga: Cara Membuat Blog 

Ada ratusan blog di luar sana yang membayar orang untuk menulis blog resmi perusahaan. Beberapa blog bahkan membayar lebih dari $100 atau setara dengan Rp1,5 juta per postingan blog.

Tentu saja ini adalah jenis blog profesional milik perusahaan ternama. Kamu harus menjadi penulis yang baik untuk melakukan pekerjaan freelance di salah satu situs ini.


4Grup Facebook

grup facebook
Gambar: ShutterStock

Menemukan pekerjaan freelance secara remote atau freelancing di grup Facebook juga masih populer saat ini di kalangan pekerja lepas maupun pemilik bisnis.

Baca Juga: 8 Cara Milenial Menghasilkan Uang Dari Internet Secara Digital

Caranya? Mudah saja. Kamu hanya perlu login ke akun Facebook pribadimu dan mulai mencari grup facebook yang menawarkan lowongan pekerjaan freelance.

Ketikkan kata kunci yang relevan dengan industri freelancing dan temukan grup Facebook terkait.

Atau klik “tampilkan semua hasil pencarian’ untuk menemukan grup dan hasil pencarian yang lebih banyak.


5Forum Berbagi Informasi Pekerjaan

grup diskusi - forum
Gambar: ShutterStock

Jika kamu termasuk salah satu pekerja lepas yang relatif baru atau pemula, maka kamu mungkin masih belum terbiasa dengan forum pekerjaan freelance atau pekerjaan lainnya secara umum.

Baca Juga: Bagaimana Cara Merekrut Freelancer Berbakat ke Bisnis Kamu?

Sebelum ada situs platform freelancing, forum pekerjaan menjadi tempat penyedia lowongan pekerjaan yang banyak dikunjungi sebagian besar pekerja lepas.

Hingga kini, forum pekerjaan seperti ini masih aktif. Dan ada banyak ratusan pekerjaan baru yang diposting setiap hari.


6Referensi Teman

komunikasi - kerja lepas - freelancer
Gambar: ShutterStock

Hampir 60% dari semua jenis pekerjaan akan lebih mudah diperoleh melalui jaringan atau referensi teman. Terlebih untuk pekerjaan freelance yang bisa dilakukan secara remote, klien tentu membutuhkan pekerja yang bisa dipercaya dan diandalkan.

Baca Juga: Catat ya! Ini 5 Kesalahan Freelancer Saat Bidding Project

Bila kamu direkomendasikan oleh seorang teman yang sudah dikenal dan dipercaya oleh klien, kesempatanmu mendapatkan pekerjaan ini tentu akan semakin tinggi.

Untuk memulai mendapatkan referensi, kamu bisa menghubungi kolega sekarang atau siapa pun di industri yang relevan.

Menjalin hubungan yang baik dengan eks rekan kerja, manager, atau teman, akan mengembangkan jaringan koneksi yang lebih besar lagi.

Bagaimana, sekarang kamu sudah tidak bingung lagi untuk menemukan pekerjaan lepas yang cocok, kan?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.