Inspirasi 5 Langkah Cerdas Memulai Bisnis Print on Demand, Pemula Wajib Tahu!

5 Langkah Cerdas Memulai Bisnis Print on Demand, Pemula Wajib Tahu!
5

Download stock video premium, font, template web dan media sosial serta 53+ juta aset digital untuk proyek freelancing-mu sepuasnya hanya dengan $16,5 / bulan.

5 Langkah Cerdas Memulai Bisnis Print on Demand, Pemula Wajib Tahu!Pernah beli kaos yang dibuat secara khusus seperti yang kamu mau, misalnya dari ukuran, warna, hingga desain print produk?

Nah, inilah yang disebut produk dari bisnis print on demand.

Belakangan ini produk dengan hasil desain custom menjadi incaran banyak orang.

Pasalnya produk ini memiliki keunikan tersendiri, karena kita bukan cuma bisa memilih sendiri desainnya tapi juga memilih yang sesuai dengan kebutuhan.

Misalnya beli kaos atau produk lainnya, maka kamu bisa memilih bahannya, ukurannya, hingga desain yang akan dicetak di kaos  atau produk  lainnya. Menarik, bukan?

12 Cara Cepat Mendapatkan Klien Pertama Kamu

12 Cara Cepat Mendapatkan Klien Pertama Kamu

12 Cara Cepat Mendapatkan Klien Pertama Kamu – Profesi sebagai freelancer memang jadi idaman ... Selengkapnya


Mengenal Bisnis Print on Demand

Bisnis ini tidak jauh berbeda dengan bisnis online yang lain. Namun, bedanya ada pada sistem yang digunakan.

Melalui bisnis ini, kamu bekerja sama dengan suplier atau pemilik dari digital printing untuk mengerjakan pesanan dengan desain cetak milik kita.

Dengan kata lain, produk baru akan diproduksi ketika ada pesanan masuk dari customer.

Bisa dibilang ini merupakan cara halus dalam menarik perhatian pembeli. Karena produk memiliki value yang berbeda dengan produk lainnya. 

Kamu bisa menawarkan berbagai produk kustom sesuai pesanan klien atau customer dengan desain yang kamu buat sendiri.

Produk-produk yang dijual pun cukup beragam mulai produk kaos, case buat handphone, mug, topi dan berbagai produk lain yang bisa dicetak dengan digital print. 

Selain menjual desain print melalui bisnis print on demand, kamu juga bisa menjual desain tadi ke beberapa situs untuk menjual desain print on demand yang kamu buat.

Seperti di Tees.co.id atau Teespring.com, jadi ini bisa jadi peluang bisnis menjanjikan untuk kamu yang punya skill desain grafis.

Cara Membuat Video Animasi Mudah Dengan Hasil Keren

Cara Membuat Video Animasi Mudah Dengan Hasil Keren

Cara Membuat Video Animasi Mudah Dengan Hasil Keren – Ingin tahu cara membuat video animasi ... Selengkapnya


5 Tips Menjalankan Bisnis Print-on-demand

Apapun bisnis yang ingin kamu mulai, selalu awali dengan membuat strategi pemasaran. Pilih platform yang efektif dan mampu mendukung kegiatan pemasaran, agar mendapatkan hasil yang maksimal. 

Sama halnya dengan bisnis print on demand yang belakangan menjadi salah satu jenis bisnis online yang cukup diminati. Tak semudah yang terlihat, bisnis ini harus dijalankan dengan usaha ekstra. Karena banyak hal yang perlu kamu pertimbangkan.

Tapi bukan berarti sulit untuk dijalankan. Buat kamu yang tertarik mencoba bisnis ini, yuk simak langkah-langkah cerdas berikut ini.

1. Tentukan Niche dan Kembangkan Produk

Setelah memilih niche, segera tentukan produk apa yang ingin dikembangkan. Beberapa produk yang cukup populer dalam bisnis print on demand umumnya tak jauh-jauh dari kaos, casing hp, kartu, power bank dan lain sebagainya.

Meski ada banyak pilihan, tetap pastikan jika desain yang kamu tawarkan untuk bisnis ini sesuai target market yang dibidik. Sehingga target penjualan pun bisa dicapai dengan lebih mudah.

5 Tips Memilih Jasa Foto Produk untuk Toko Online

5 Tips Memilih Jasa Foto Produk untuk Toko Online

Punya toko online, produk yang hendak dijual, dan sedang mencari jasa foto produk untuk ... Selengkapnya


2. Buat Desain Produk dan Bangun Website  

Setelah memiliki ide untuk niche dan produk, kini saatnya kamu mulai bekerja. Ketika kamu memiliki skill lebih di bidang desain, maka akan sangat mungkin bisnis kamu akan lebih menonjol.

Karena bisnis ini sangat bergantung dari desain yang nantinya akan dicetak di produk yang kamu tawarkan. Agar desain yang dihasilkan sendiri akan lebih unik, jadi pastikan kamu membuatnya sendiri bukan mencontek.

Jika tak punya waktu atau skill untuk membuat desain grafis yang unik untuk produk kamu, bisa coba beli di situs desain. Misalnya saya di CreativeMarket, Envato Elements dan lain sebagainya.

Selanjutnya, yang tak kalah penting ialah membangun situs web untuk bisnis tersebut. Hal ini demi mendukung kelancaran bisnis yang kamu jalankan.

Pertama, kamu harus bisa menentukan platform yang sesuai untuk bisnis kamu. Ada Blogspot, WordPress, dan lain sebagainya. Jangan lupa, media sosial masih jadi platform yang menjanjikan untuk menjalankan bisnis online tersebut.

Salah satunya Instagram, karena platform ini memiliki banyak pengguna. Ditambah lagi dengan fitur-fitur yang sangat mendukung, serta gratis tentunya. 

Setelah memilih platform yang sesuai, kemudian lengkapi dengan detail lainnya. Seperti halaman profile, beranda, halaman kontak, detail pembayaran dan lain sebagainya.

Strategi Penjualan: 10 Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Online

Strategi Penjualan: 10 Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Online

Strategi Penjualan: 10 Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Online - Strategi bisnis yang baik ... Selengkapnya


3. Menentukan Supplier  

Agar bisnis print-on-demand yang kamu jalankan bisa berjalan lancar, maka pilih suplier yang tepat untuk kamu ajak kerjasama. Supaya kegiata bisnis bisa tidak mengalami banyak kendala di tengah jalan.

Suplier yang baik bisa kamu temukan dengan melihat track record-nya dalam memenuhi pesanan partner-nya. Bagaimana respon mereka ketika terjadi masalah, baik tanggung jawab dan kesesuaian produk dengan pesanan.

Karena hal tersebut sangat krusial dalam bisnis, terutama jika kamu ingin bisnis bisa berjalan lancar dan jangka panjang.

6 Tips Membangun Tim Freelance Jarak Jauh demi Kesuksesan Bisnis

6 Tips Membangun Tim Freelance Jarak Jauh demi Kesuksesan Bisnis

6 Tips Membangun Tim Freelance Jarak Jauh demi Kesuksesan Bisnis – Jika kamu saat ini ... Selengkapnya


4. Lakukan Promosi

Semua bisnis, jika tidak diperkenalkan maka tak akan berkembang. Begitu juga dengan bisnis print on demand yang kamu jalankan. Karenanya, jangan lewatkan kesempatan untuk melakukan promosi. 

Berikut tips agar promosi bisnis makin moncer, diantaranya.

1
Siapkan Akun Media Sosial

Cara ampuh melakukan promosi ialah dengan memanfaatkan media sosial. Selain gratis, jangkauannya pun terbilang cukup luas, sehingga kamu bisa menjangkau target market yang dibidik dengan lebih tepat.

Kamu bisa menyiapkan akun media sosial yang sesuai dengan target market produk yang ditawarkan. Misalnya Facebook, Instagram, Twitter, maupun Youtube. Pilih salah satu yang paling relevan. 

2
Bergabung di Komunitas

Menggabungkan diri di berbagai komunitas di media sosial akan membantu kamu lebih mudah menjangkau target market.

Pastikan, komunitas atau grup yang kamu ikuti sesuai dengan niche produk yang kamu tawarkan.

3
Gunakan Influencer Marketing

Agar menjadikan promosi lebih efektif, kamu bisa menggunakan jasa influencer marketing untuk mempromosikan bisnis yang sedang dijalankan.

Pilih influencer yang sesuai dengan niche produk kamu, kemudian lihat track recordnya, dan value mereka terhadap bisnis kamu. 

4
Lakukan Optimasi SEO Pada Website 

Siapa yang tak kenal SEO (Search Engine Optimization). Strategi ini sangat ampuh mengantarkan target bertengger di halaman pertama search engine.

Dengan melakukan optimasi SEO pada website, ini artinya kamu membuat website lebih mudah ditemukan. Untuk itu pilih kata kunci yang pas dengan frekuensi pencarian yang tinggi, dan sesuai dengan produk.  

5
Lengkapi dengan Konten menarik dan Bermanfaat

Ingin website bisnis kamu kedatangan banyak trafic yang melimpah? Maka buatlah konten yang menarik dan memiliki value untuk pengunjung. Jangan melulu fokus pada penjualan saja. 

Sesekali berbagilah konten positif yang akan membuat pengunjung betah berlama-lama di website kamu sehingga mereka akan tertarik melakukan pembelian.

6
Tonjolkan Review Positif dari Pelanggan

Agar bisnis kamu makin kredibel dan meningkatkan kepercayaan calon pelanggan, gunakan review positif dari pelanggan yang pernah membeli produk kamu.

Cara ini cukup kuat dalam mempengaruhi calon pelanggan. Namun, pastikan betul jika review yang kamu gunakan bukan abal-abal.

10 Trik SEO Toko Online yang Paling Ampuh | Seni Berpikir

10 Trik SEO Toko Online yang Paling Ampuh | Seni Berpikir

10 Trik SEO Toko Online yang Paling Ampuh - Saat ini, perkembangan dari toko online semakin ... Selengkapnya


5. Periksa Performa Bisnis  

Ketika bisnis sudah berjalan, jangan buru-buru melepaskannya sendiri. Kamu tetap perlu melakukan pemantauan, agar bisnis tetap memiliki performa yang baik. Atau setidaknya tak mengalami kerugian. 

Disinilah pentingnya memeriksa performa bisnis. Periksa apakah strategi marketing yang kamu lakukan cukup efektif dalam menarik calon konsumen.

Apakah ide desain produk kurang menarik, perlukan tambahan item, atau mungkin tampilan web kurang responsif dan lain sebagainya.

Intinya cari tahu dimana letak kekurangannya dan apa saja yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan. Agar bisa melakukan peningkatkan performa bisnis. 

Kesuksesan bisnis bukan cuma dari langkah awalnya saja, tetapi juga bagaimana kamu konsisten dalam pengelolaannya. Jangan pernah takut melakukan perubahan yang akan meningkatkan bisnis.

Belajar Bahasa Pemrograman untuk Pemula: 7 Bahasa Pemrograman Paling Mudah Paling Mudah Dipelajari

Belajar Bahasa Pemrograman untuk Pemula: 7 Bahasa Pemrograman Paling Mudah Paling Mudah Dipelajari

Belajar Bahasa Pemrograman untuk Pemula: 7 Bahasa Pemrograman Paling Mudah Paling Mudah Dipelajari ... Selengkapnya


Penutup

Nah, demikian tadi beberapa langkah cerdas untuk mulai menjalankan bisnis print on demand. Ternyata bukan sesuatu yang sulit untuk dijalankan bukan?

Hanya saja, kamu harus benar-benar merencanakan semuanya secar terperinci sejak awal sebelum benar-benar melangkah. Jangan takut berbisnis, yuk mulai sekarang!


Bangun Karir Impian Dari sekarang

Satu email per minggu untuk karir masa depanmu.
Langganan sekarang demi masa mendatang.


Tonton Serial Video Tips & Trik Dunia Freelance

Subscribe


Kontributor
Kontributorhttps://kerjalepas.com/
Penulis kontributor untuk Kerja Lepas. Membahas tentang berbagai hal seputar pekerja lepas atau freelancer dan segala hal yang menyangkut freelancing.

Artikel Menarik Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.