Referensi Cara Membuat Invoice Dengan 10 Invoice Online Gratis

Cara Membuat Invoice Dengan 10 Invoice Online Gratis
C

Cara Membuat Invoice Dengan 10 Invoice Online Gratis – Salah satu hal yang sangat erat kaitannya dengan freelancer adalah invoice.

Setiap freelancer membutuhkan invoice untuk memberi tahukan klien terkait jasa yang Anda kerjakan lewat proyek tertentu dengan klien tersebut, sehingga freelancer bisa mendapatkan bayaran yang telah disepakati.

Invoice umumnya berisi rincian jasa (atau produk untuk bisnis) beserta total biayanya. Umumnya juga terdapat deskripsi terkait jasa yang dikerjakan freelancer.

Nah, mari kita kenali lebih dekat tentang seluk-beluk invoice dan bagaimana pentingnya sebuah invoice dalam dunia freelancing.

Apa Itu Invoice Dalam Dunia Freelance?

Dalam dunia freelancing, invoice adalah sebuah dokumen yang berisi tagihan pembayaran atas jasa yang kamu kerjakan kepada klien dengan harga yang telah disepakati.

Seluruh hal terkait proyek tersebut, mulai dari harga total, rincian pekerjaan, hingga nominalnya umumnya tertera di dalam invoice.

Langganan Artikel Terbaru, Yuk!

Dapatkan artikel terbaru seputar dunia freelancing dari Kerja Lepas

Sebuah invoice juga terkadang dilengkapi dengan potongan pajak, metode pembayaran (beserta nomor rekening/tujuan pembayaran), hingga tandan tangan bila diperlukan.

10 Peluang Kerja Online yang Harus Dicoba Sekarang

10 Peluang Kerja Online yang Harus Dicoba Sekarang

10 Peluang Kerja Online yang Harus Dicoba Sekarang – Zaman sekarang, mendapatkan uang tidak ... Selengkapnya

Intinya, bagi freelancer, invoice adalah alat penagihan yang kamu gunakan untuk menagih pembayaran kepada klien terkait proyek dan harga yang telah disepakati setelah/sebelum pekerjaanmu selesai.

Apa Pentingnya Invoice?

Invoice mengambil peran penting karena berisi rincian penagihan atas produk dan jasa yang disepakati bersama klien/pembeli.

Dalam dunia freelancing, invoice menjadi semacam sebuah ‘tiket’ untuk menerima pembayaran dari klien, terutama bila klien tersebut merupakan sebuah entitas perusahaan, yang di mana invoice umumnya dibutuhkan untuk memroses pembayaran lewat tim finance perusahaan tersebut. Termasuk juga untuk memroses potongan pajak.

10 Situs Freelance yang Wajib Dicoba Seluruh Freelancer Indonesia

10 Situs Freelance yang Wajib Dicoba Seluruh Freelancer Indonesia

10 Situs Freelance Indonesia yang Wajib Dicoba Seluruh Freelancer Indonesia – Berbicara ... Selengkapnya

Invoice yang diserahkan ke klien kamu berfungsi sebagai dokumen instruksional untuk membantu proses pembayaran atas jasa yang telah kamu kerjakan sebelumnya.

Apa Saja yang Harus Ada Dalam Sebuah Invoice?

Hal-hal yang perlu ada dalam sebuah invoice pada dasarnya adalah:

1. Judul Invoice

Umumnya, judul invoice berisi hal-hal yang berkaitan dengan proyek atau jasa yang Anda kerjakan. Penulisan judul invoice umumnya berbentuk huruf kapital, seperti:

INVOICE JASA PEMBUATAN WEBSITE

Seperti dokumen lain, penempatan judul biasanya berada di bagian teratas.

Sama seperti judul, logo juga umumnya di tempatkan di bagian atas. Kamu bisa meletakknya di sisi kiri atau kanan judul invoice.

Bila kamu belum punya logo, coba ikuti tutorial di bawah ini untuk membuat logomu sendiri:

... Selengkapnya

... Selengkapnya

Logo sangat diperlukan untuk branding, sehingga kamu juga perlu mem-branding dirimu sendiri secara profesional.

3. Informasimu Sebagai Freelancer

Selain itu, kamu perlu menuliskan informasimu sebagai freelancer yang mengerjakan proyek tersebut. Rincian informasi yang bisa kamu tuliskan antara lain:

  • Nama
  • Kontak (email dan nomor telepon)
  • Alamat

Hal ini penting ada agar pembayaran invoice tidak tertukar antara kamu dan freelancer lain, demi verifikasi data. Detail kontak juga diperlukan agar mempermudah klien untuk menghubungimu saat pembayaran telah dilakukan.

4. Informasi Klien

Informasi ini sama pentingnya seperti informasimu sebagai freelancer. Juga berisi hal yang sama. Bila mengisi informasi ini di invoice-mu, itu artinya kamu menuliskan kepada siapa/pihak mana tagihan invoice ini ditujukan.

5. Informasi Detail Lainnya Dalam Invoice

Berikutnya, informasi di bawah ini bisa kamu masukkan ke dalam invoice-mu nantinya:

  1. Nomor invoice (opsional)
  2. Tanggal tagihan
  3. Tanggal jatuh tempo pembayaran
  4. Total harga yang harus dibayar
  5. Deskripsi jasa/proyek yang disepakati beserta jumlah item dan nominal harganya
  6. Catatan tambahan (bisa berisi informasi metode pembayaran seperti transfer bank atau pembayaran via Paypal maupun Payoneer).
  7. Catatan tambahan lain (opsional).
  8. Tanda tangan (opsional).

Bagaimana Cara Membuat Invoice Online Gratis?

Sekarang, membuat invoice bisa sepenuhnya dilakukan secara online tanpa menginstall software tambahan atau pun membuatnya secara manual menggunakan Microsoft Word atau software sejenis.

Paling tidak, ada 10 invoice online generator yang bisa Anda manfaatkan gratis. Apa saja? Simak di bawah ini:

10 Invoice Online Gratis untuk Freelancer

1. AND.CO Invoice Generator

AndCo Invoice Generator
AndCo Invoice Generator

AND.CO merupakan aplikasi online buatan Fiverr yang diperuntukkan khusus untuk freelancer.

Dengan AND.CO Invoice Generator, kamu bisa membuat invoice langsung secara online tanpa perlu mendaftar atau membuat akun terlebih dahulu.

Tampilan dan layout yang ditawarkannya juga sangat minimalis dan tentunya terlihat profesional di mata klien.

Fitur lain yang ditawarkan oleh AND.CO Invoice Generator
  • Membuat invoice online gratis tanpa batasan jumlah, sehingga kamu bisa terus-terusan menggunakan AND.CO untuk membuat invoice online tanpa perlu membayar
  • Buat invoice sembari membangun reputasi brand dengan adanya opsi untuk menambah logo saat membuat invoice.
  • Tuliskan catatan tambahan di bagian bawah invoice.
  • Download invoice dalam bentuk PDF untuk dikirimkan ke klienmu.

Selain menyediakan alat untuk membuat invoice secara online, AND.CO juga menyediakan beragam alat yang sangat membantu menunjang urusan freelancing yang kerap kamu butuhkan, antara lain:

  • Pembuatan proposal penawaran dengan sangat mudah, di mana kamu juga bisa memanfaatkannya untuk mengumpulkan deposit uang secara otomatis, mengorganisir kontrak kerja, hingga membuat hingga mengirimkan invoice secara otomatis.
  • Membuat invoice yang canggih dan serba otomatis, berbeda dari invoice generator gratis yang kita bahas sebelumnya, fitur premium AND.CO yang satu ini akan secara otomatis membuat dan mengirimkan invoice ke klienmu dan akan memberitahumu apakah invoice tersebut sudah dilihat atau dibayar oleh klienmu.
  • Menerima pembayaran secara otomatis, karena AND.CO menyediakan fitur penerima pembayaran yang kamu kirimkan ke klien, entah itu lewat kartu kredit, Stripe, dan sebagainya.
  • Fitur untuk membuat kontrak kerja, sehingga Anda bisa langsung menandatangani kontrak kerja tersebut secara digital, dan ada teknologi canggih lainnya yang meliputi fitur satu ini.
  • Fitur Time Tracking, yang akan sangat kamu butuhkan bila kamu mengerjakan proyek yang pembayarannya berbasis bayaran per jam, sehingga kamu bisa dengan mudah membuat laporan waktu kerja ke klien kamu.
  • Monitor pengeluaran dan pemasukan dengan fitur Expense Tracking, di mana kamu bisa mengintegrasikan kartu kreditmu dengan AND.CO dan memonitor seluruh transaksi, mendata setiap nota pembayaran, dan membuat laporan saat hendak melapor pajak.
  • Organisir pekerjaan proyekmu dengan fitur Task List, fitur yang mirip dengan aplikasi semacam Trello dan Asana, yang akan membantumu untuk mengorganisir apa saja yang akan kamu kerjakan dan yang sudah diselesaikan.
  • Laporan komprehensif terhadap seluruh kegiatan freelancingmu, di mana kamu bisa menganalisa seluruh pendapatan, proyek, hingga seluruh data freelancingmu.
  • Dan masih banyak lagi

Bila kamu puas dengan AND.CO Invoice Generator, coba eksplor fitur AND.CO lainnya. Ada opsi gratis juga yang tersedia, atau kamu cukup berlangganan sebesar $18 / bulan untuk mendapatkan seluruh akses ke fitur premiumnya.

Tool freelancing yang lengkap dalam satu tempat, bisa diakses sepenuhnya secara online.


2. Free Invoice Generator

free invoice generator
Free Invoice Generator

Cara membuat invoice online lewat Free Invoice Generator sangatlah sederhana dan mudah. Sama seperti AND.CO, kamu hanya perlu memasukkan informasi di kolom yang telah disediakan.

Selain itu, kamu bisa memilih template tertentu yang cocok untuk jasa kepenulisan, terjemahan, hingga kebutuhan lainnya.

Invoice online gratis yang satu ini juga bisa kamu integrasikan dengan berbagai metode pembayaran seperti Paypal, kartu kredit, Stripe, eWay, 2CheckOut, hingga Authorize.Net.

Mau Tambah Penghasilan? Yuk, Geluti 11 Usaha Sampingan di Rumah Ini

Mau Tambah Penghasilan? Yuk, Geluti 11 Usaha Sampingan di Rumah Ini

Mau Tambah Penghasilan? Yuk, Geluti 11 Usaha Sampingan di Rumah Ini – Menjadi pegawai ... Selengkapnya

Atau, kamu juga bisa mengunduh invoice yang telah kamu buat ke dalam bentuk PDF dan mengirimkannya ke klienmu lewat email.


3. Invoice Quick

invoice quick - invoice online gratis
Invoice Quick

Invoice Quick memungkinkan kamu untuk membuat invoice online secara gratis hanya dalam hitungan menit saja.

Tampilan UI yang minimalis membuatmu dengan mudahnya bisa langsung membuat invoice hanya dengan mengisi kolom yang telah disediakan.

Fitur gratisnya juga memungkinkan kamu untuk memonitor detail transaksi, informasi tentang klien, hingga data pemasukanmu.

Menawarkan kemudahan untuk membuat invoice online secara gratis.


4. Invoice Generator

Cara Membuat Invoice Online Gratis dengan Invoice Generator
Invoice Generator

Invoice Generator tidak berbeda jauh dengan aplikasi web pembuat invoice yang telah disebutkan sebelumnya.

Kamu bisa langsung membuat invoice di browsermu dengan mengisi beberapa kolom yang dibutuhkan saja, tanpa perlu membuat akun terlebih dahulu, dan bisa langsung diunduh dalam bentuk PDF.

Dalam hal invoice online, Invoice Generator bisa dikatakan sebagai salah satu yang paling senior dan populer bagi freelancer di seluruh dunia.

Cara Membuat CV yang Menarik di 5 Website Pembuat CV Online

Cara Membuat CV yang Menarik di 5 Website Pembuat CV Online

Cara Membuat CV yang Menarik Secara Online di 5 Website – Sekarang, hampir semua hal tersedia ... Selengkapnya


5. Wave Financial

wave apps invoice online gratis

Wave Financial menyediakan fitur untuk membuat invoice gratis secara online, tetapi tidak terbatas pada itu saja.

Kamu juga bisa mengurus berbagai macam hal yang berkaitan dengan profesimu sebagai seorang freelancer maupun pemiliki bisnis UKM.

Mulai dari mencatat daftar klien yang pernah bekerja sama denganmu, pembukuan, mengumpulkan bukti pembayaran, hingga tentu saja membuat invoice dan mengirimkannya ke klien, dengan Wave Apps Financial, kamu bisa melakukan semuanya dalam satu tempat.

Yang membuatnya semakin menarik adalah karena kamu bisa memanfaatkan semua fiturnya secara gratis, 100% gratis!

Semua kebutuhan freelancing dalam satu tempat, gratis 100%!


6. Shopify Invoice Generator

Shopify Invoice Generator
Shopify Invoice Generator

Shopify pada dasarnya merupakan sebuah platform yang memungkinkan siapa saja untuk membuat toko online dengan mudah lewat biaya berlangganan bulanan mulai dari $29.

... Selengkapnya

Karena pada dasarnya Shopify adalah platform yang membantu UKM untuk berjualan secara online, ada banyak alat atau pun fitur lain yang disediakan Shopify untuk mendukung kegiatan bisnis kita, termasuk juga untuk keperluan penjualan jasa seperti kita sebagai freelancer.

Shopify juga menyediakan aplikasi web untuk membuat invoice online secara gratis. Fiturnya lebih kurang mirip seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dan yang pasti penggunaannya sangatlah mudah.

Menyediakan kemudahan untuk membuat invoice secara online dan gratis.


7. Slimvoice

Slimvoice invoice generator

Slimvoice menyediakan fitur pembuatan invoicing yang cukup sederhana dengan tampilan yang minimalis.

Lewat aplikasi ini, kamu bisa membuat, mengelola, hingga mengirimkan invoice dalam jumlah yang tak terbatas langsung dari satu tempat.

Bila kamu lebih suka mengirimkan invoice ke klienmu secara manual lewat email, kamu juga bisa mengunduh invoice buatanmu dalam bentuk PDF.

Mudahnya membuat dan mengelola invoice dalam satu tempat.


8. Duet Invoicing App

Duet Invoice Generator
Duet Invoice Generator

Mirip seperti AND.CO, Duet menyediakan berbagai tool yang bisa memenuhi kebutuhan harian freelancer, mulai dari project management, accounting, hingga tentu saja invoicing.

Duet bisa kamu download dan install di servermu sendiri, sehingga kamu bisa punya aplikasi web independen di server/website sendiri dan mengelolanya sesukamu.

Meski pada dasarnya berbayar, namun aplikasi web pembuat invoice di Duet tersedia secara gratis dan bisa digunakan oleh siapa saja.

Kerja Remote dari Rumah, Simak 5 Tips Agar Kamu Tetap Termotivasi

Kerja Remote dari Rumah, Simak 5 Tips Agar Kamu Tetap Termotivasi

Kerja Remote dari Rumah, Simak 5 Tips Agar Kamu Tetap Termotivasi – Bekerja dari jarak jauh ... Selengkapnya


9. ZOHO: Invoice Generator

ZOHO Invoice Generator
ZOHO Invoice Generator

Zoho pada dasarnya merupakan perusahaan penyedia berbagai aplikasi web yang bisa dimanfaatkan oleh UKM online hingga freelancer, mulai dari email bisnis, pembukuan, project management, CRM, akuntansi, hingga invoice.

Meski fitur-fitur yang ada umumnya berbayar lewat skema berlangganan, tapi kamu bisa membuat invoice online gratis dengan Zoho Invoice Generator.

Dengannya, kamu bisa menyimpan invoice tersebut di dalam akun Zoho-mu agar mudah dimonitor di kemudian hari, mencetak, hingga mengunduhnya dalam bentuk PDF.

8 Cara Milenial Menghasilkan Uang Dari Internet Secara Digital

8 Cara Milenial Menghasilkan Uang Dari Internet Secara Digital

8 Cara Milenial Menghasilkan Uang Dari Internet Secara Digital – Kaum milenial merupakan ... Selengkapnya


10. Invoice Simple

Invoice Simple
Invoice Simple

Invoice online gratis yang terakhir dalam daftar ini adalah menggunakan Invoice Simple. Seperti namanya, memang mudah sekali untuk membuat invoice dengan aplikasi web yang satu ini.

Cara membuat invoice online di Invoice Simple terhitung mudah. Kamu hanya perlu mengisi informasi yang dibutuhkan di kolom yang telah disediakan seperti informasi tentangmu sebagai freelancer yang menagih pembayaran, mengunggah logo, mengisi informasi klien yang tertagih, hingga mengisi detail proyek yang telah kamu kerjakan beserta harganya.

Jangan lupa juga untuk menentukan mata uang pembayaran, baik lokal maupun internasional bila klienmu berasal dari luar negeri.

Download Template PPT Gratis di 10 Website Ini

Download Template PPT Gratis di 10 Website Ini

Download Template PPT Keren dan Gratis di 10 Website Ini – Freelancer saat hendak melakukan ... Selengkapnya


Penutup: Cara Membuat Invoice Online Gratis

Nah, itulah 10 invoice online gratis yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat invoice. Dari daftar 10 invoice di atas, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhanmu, baik dari segi kolom informasi yang disediakan, tampilan yang sesuai dengan brand-mu hingga berbagai fitur lainnya.

Cara membuat invoice dengan aplikasi web di atas juga rata-rata terhitung mudah dilakukan, sehingga tidak ada alasan bagimu untuk mencobanya.

Semoga bermanfaat!



Tonton Serial Video Tips & Trik Dunia Freelance

Subscribe


Artikel Menarik Lainnya

1 KOMENTAR

  1. Avatar Alex @InvoiceQuick

    Hai, terima kasih telah menyebutkan Faktur Cepat! Kami telah meluncurkan situs web baru dan lebih baik baru-baru ini, pastikan untuk memeriksanya!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.