Peluang Kerja Jual Foto Online di 5 Situs Jual Foto Ini untuk Mendapat Uang...

Jual Foto Online di 5 Situs Jual Foto Ini untuk Mendapat Uang dari Hobi Fotografi
J

Jual Foto Online di 5 Situs Jual Foto Ini untuk Mendapat Uang dari Hobi FotografiKalau kamu punya hobi fotografi, kamu pasti mengalami bagaimana hasil jepretan yang kamu simpan sangat memakan kapasitas penyimpanan gadget atau layanan cloud-mu. Bisa dibilang, hasil jepretanmu adalah foto nganggur yang tidak menghasilkan.

Daripada hobimu tidak menghasilkan, lebih baik dibuat bemanfaat untuk orang lain sekaligus menambah pundi-pundi. 

Bagaimana caranya?

Jual hasil jepretanmu di situs jual foto. Di internet banyak situs-situs yang menyediakan foto online, di mana pengguna bisa mengunduh foto untuk kepentingan blog atau web mereka. Kamu sebagai fotografer akan mendapat semacam royalti untuk setiap foto yang diunduh.

Baca Juga: 10 Situs Freelance yang Wajib Dicoba Seluruh Freelancer

Kalau kamu menjual fotomu ke situs luar negeri tentu saja isi kocek mu akan bertambah dalam bentuk dollar. Lumayan kan?

Tapi sebelum kamu mulai menjual fotomu, ada baiknya kamu ketahui dulu foto stok seperti apa yang banyak dicari orang:

  • Kategori people – foto anak-anak, bayi, orang dewasa, orang tua, atau orang-orang dari berbagai kultur.
  • People working – gambar orang sedang menggunakan laptop, menulis, bicara dalam rapat.Gambar seperti ini banyak digunakan untuk menggambarkan kegiatan bisnis.
  • Food – macam-macam jenis makanan termasuk piring bekas makan
  • Tools – macam-macam perkakas seperti palu, sekrup, dan baut
  • Cities – gambar tentang suasana kota seperti gedung-gedung, jalan raya, orang menyebrang, atau kehidupan komuter.
  • Nature – pemandangan alam, mulai dari gunung, hewan, persawahan, sampai bunga.
  • Travel – gambar perjalanan, landmark kota- kota di dunia, road trip, dan mendaki gunung adalah gambar yang selalu banyak dicari orang.

Kalau stok fotomu banyak yang memiliki tema seperti di atas maka mulailah memilah-milah mana yang bisa kamu jual. 

Agar kamu bisa segera menjual fotomu yang sudah menumpuk, berikut kami bagikan 5 situs jual foto online tempat kamu menghasilkan uang dari hobi fotografi.

5 Situs Jual Foto untuk Mendapat Uang dari Hobi Fotografi

Adobe Stock

Adobe Stock dulu bernama Fotolia, merupakan sebuah marketplace pertama yang menjual foto online. 

Pembagian royalti yang ditawarkan Adobe Stock juga sangat menarik yaitu 20 % – 60 % tergantung dari jenis langganan pengunduh foto. Jumlah ini sangat menarik karena lebih besar dari angka yang ditawarkan situs jual foto lainnya.

Baca Juga: Tambah Penghasilan dengan 10 Kerja Sampingan untuk Mahasiswa Ini

Soal hak foto, Adobe Stock juga membolehkan kamu menjual hasil foto yang sama ke platform lain.

Ini bisa jadi hal yang menguntungkan, karena kamu bisa jual foto di dua tempat bersamaan yang berarti lebih banyak kesempatan menambah pendapatan.

Mulai dari sini untuk jual fotomu ke Adobe Stock.


Freedigitalphotos.net

Jual foto kamu di Freedigitalphotos.net. Situs ini menyebut dirinya sebagai komunitas fotografer profesional dan ilustrator digital.

Baca Juga: Mau Tambah Penghasilan? Yuk, Geluti 11 Usaha Sampingan di Rumah Ini

Pernyataan ini tidak berlebihan mengingat mereka membutuhkan kamu melamar dulu sebelum menjual hasil jepretanmu di situs mereka. 

Salah satu syarat yang Freedigitalphotos.net minta adalah unggahan 8 hasil foto terbaik dengan spesifikasi tertentu. Tak ketinggalan, identitasmu seperti foto paspor juga diminta.

Pembagian royalti yang ditawarkan situs jual foto online ini cukup adil bagi fotografer yaitu 70% dari hasil penjualan. Perlu diketahui, harga foto untuk fotografer pemula dijual pada kisaran harga $10 – $50 ke pelanggan.

Jangan menunggu terlalu lama, segera lamar untuk menjadi kontributor dari Freedigitalphotos.net.


Alamy

Alamy adalah agensi foto stok yang menjanjikan fotomu akan dilihat oleh 110.000 pembeli dari seluruh dunia. Cara Alamy menjual fotonya ke pembeli berbeda dengan situs-situs yang disebutkan sebelumnya.

Baca Juga: 4 Aktivitas Fisik yang Bisa Dilakukan Saat Bekerja di Rumah

Mereka tidak menyediakan fasilitas berlangganan untuk pembeli, tetapi memiliki klien-klien yang membeli paket foto dalam jumlah besar.

Di Alamy kamu bisa menjual foto stok, ilustrasi dan foto live report yang diambil dalam kurun waktu 24 jam. Bisa dibilang Alamy memfasilitasi beberapa genre fotografi sekaligus seperti kreatif dan editorial. 

Berapa royalti yang kamu terima? Alamy menjual foto di kisaran harga $90, royalti yang diterima fotografer adalah 50% untuk foto eksklusif dan 40% untuk foto non-eksklusif. 

Kalau kamu tertarik karyamu dilirik klien – klien di seluruh dunia, maka kamu bisa mulai menjadi kontributor Alamy di sini.


Situs Jual Foto Crestock

Satu lagi situs jual foto online yang bisa kamu coba, Crestock. Situs ini memiliki minat khusus untuk menjual foto bertemakan people.

Baca Juga: Menulis Artikel Dibayar? Ini 5 Situs yang Bisa Kamu Manfaatkan

Jadi, kalau kamu senang motret orang – orang dalam berbagai aktivitas dan budaya, inilah wadahmu menyalurkan hobi dan dibayar. 

Jangan heran jika kamu sudah mengunggah foto namun fotomu tidak tampil, karena pihak Crestock harus meninjau dulu semua foto yang diunggah.

Sayangnya, waktu yang diperlukan untuk mengkurasi foto oleh tim sunting Crestock cukup lama, sampai beberapa bulan.  

Crestock menerapakan sistem royalti progresif sesuai dengan jumlah foto yang diunduh. Sebagai gambaran, jika fotomu diunduh sampai lebih dari 10.000 maka royalti yang kamu terima adalah 40%.

Untuk menjadi kontributor Crestock, kamu harus mendaftarkan dirimu dulu di sini sebelum mengunggah foto.


FotoMoto

Fotomoto bukanlah situs tempat kamu menjual foto secara online, namun sebuah widget yang bisa kamu pasang di web kamu sendiri untuk menjual foto.

Kelebihan menggunakan Fotomoto adalah mereka akan mengurus semua penjualan kamu, bahkan sampai urusan packaging jika mau menjual bentuk fisik dari hasil jeperetanmu.

Baca Juga:

Tidak perlu khawatir, widget ini gratis, kamu hanya perlu membayar kalau kamu sudah mendapatkan uang dari penjualan. Menarik bukan?

Baik itu sebagai pekerjaan sampingan maupun sumber pendapatan utama, fotografi adalah sebuah karya seni yang patut diapresiasi.

Dengan menaruh fotomu di situs jual foto online, bukan hanya uang yang bisa kamu dapatkan namun juga karyamu bisa terekspos ke dunia luar.

Kontributor
Kontributorhttps://kerjalepas.com/
Penulis kontributor untuk Kerja Lepas. Membahas tentang berbagai hal seputar pekerja lepas atau freelancer dan segala hal yang menyangkut freelancing.

Artikel Menarik Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.