5 Kerja Sampingan Berpenghasilan Besar yang Bisa Dilakukan di Rumah – Bekerja di perusahaan, saat ini bukan lagi satu-satunya profesi yang bisa ditekuni.

Stigma bahwa orang sukses itu hanyalah mereka yang bisa berkarier di perusahaan besar dan pergi bekerja ke kantor setiap harinya sudah sangat ketinggalan zaman.

Kalau kamu termasuk mereka yang karena berbagai alasan tak bisa meninggalkan rumah terlalu lama, ada banyak sekali pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah, alias tak perlu pergi ke mana-mana.

Baca juga: Banjir Orderan Job, Ikuti 5 Tips Penting Membuat Klien Senang

Keuntungannya banyak lho, misalnya saja, kamu yang sudah memiliki anak jadi tak perlu repot mencari pengasuh anak saat ditinggal bekerja.

Atau kamu yang lokasi rumahnya jauh dari mana-mana, tak perlu mengeluarkan ongkos untuk bekerja, tapi penghasilan tetap datang setiap harinya.

Nah, berikut ini, kami akan membagikan informasi buat kamu, tentang 5 kerja sampingan berpenghasilan besaryang bisa dilakukan di rumah. Apa saja ya? Yuk kita simak!

5 Kerja Sampingan Berpanghasilan Besar yang Bisa Dilakukan di Rumah

1Social media admin

social media - kerja lepas - kerja freelancing

Pekerjaan pertama yang akan kita bahas adalah social media admin. Iya, ini pekerjaan betulan lho!

Di zaman seperti sekarang, di mana hampir semua aktivitas masyarakat berada di seputar sosial media, tak heran kalau perusahaan menganggap serius betul urusan yang satu ini.

Baca juga: Ingin Resign dan Jadi Full Time Freelancer? Tanyakan 8 Hal Ini Dulu

Coba deh kamu perhatikan, hampir setiap perusahaan, produk, maupun jasa memiliki beberapa akun sosmed sekaligus. Tujuannya memang agar lebih mudah dijangkau oleh konsumennya.

Nah, biasanya banyak perusahaan yang memilih untuk mempekerjaan freelancer sebagai admin sosmed, karena cenderung lebih efisien dari segi biaya. Kamu dapat melakukannya dengan berbekal smartphone atau laptop.

Kerjanya pun mudah. Kamu akan diberikan akses ke akun sosial media yang kamu pegang, dan diberi aturan bagaimana cara merespon pertanyaan atau memposting suatu informasi.

Biasanya, dalam sehari ada 2-3 admin yang bertugas, dan kalian akan gantian bekerja sesuai shift.

Baca juga: 7 Strategi Jitu Menambah Penghasilan dari Buku

Walaupun pekerjaannya cukup sederhana, tapi kadang saat traffic pertanyaan atau komplain sedang banyak, pekerjaan ini juga bisa cukup membuatmu sibuk.

Social media admin cocok banget buat kamu yang aktif di social media, ramah, bertanggung jawab, dan memiliki tingkat empati yang tinggi.


2Penulis

menjadi pekerja lepas dan memiliki pendapatan lebih banyak
Sumber: Dribble.com

Ini adalah pekerjaan yang bisa dilakukan di manapun, kapan pun, dan oleh siapa pun. 

Ya betul sekali, proesi penulis memang jadi banyak pilihan untuk mereka yang cari kerja sampingan berpenghasilan besar yang bisa dilakukan di rumah. Selain mudah dan murah meriah, penghasilannya pun cukup menjanjikan.

Saat mendengar kata penulis, biasanya yang terbayang adalah penulis novel atau cerita fiksi. Padahal, ada banyak area penulisan yang bisa kamu garap.

Kamu bisa menulis artikel sesuai passionmu, seperti artikel musik, film, keuangan, karier, olahraga, inspirasi, relationship, dan masih banyak lagi.

Timbul pertanyaan: “Trus ke mana dong artikel tersebut harus di kirim?” Jawabannya: media online.

Jumlah media online di Indonesia saja ada banyak sekali. Belum kalau ditambah media online yang berasal dari luar negeri.

Biasanya, kamu tinggal mengirimkan artikel yang telah dibuat ke meja redaksi via email. Lalu bila lolos dari seleksi editor, artikelmu pun akan dimuat di portal online mereka.

Baca juga: Sulit Dapat Kerja? Ini 8 Contoh Kerja Lepas untuk Penyandang Disabilitas

Ada beberapa macam sistem pembayaran untuk kontributor artikel, yang pertama adalah sistem jual lepas. Artinya, media akan membayar sejumlah uang untuk setiap artikel yang dimuat, dan kamu tak akan mendapat hasil apapun lagi.

Sistem pembayaran yang kedua adalah, pay per view. Artinya, saat artikel kamu dimuat, kamu tidak akan mendapatkan uang apapun.

Namun, setiap kali ada yang meng-klik dan membaca artikelmu, kamu mendapatkan sejumlah poin atau uang yang bila dikumpulkan tentu bisa besar jumlahnya.


3Berjualan online

dapat uang online - kerja online

Ini adalah cara yang paling mudah untuk berjualan. Kamu tak memerlukan tempat khusus atau pun izin berjualan, dan modalnya hanya barang yang akan dijual serta smartphone.

Barang apapun bisa kamu jual (asalkan legal), mulai dari pakaian, aksesoris, alat-alat tulis, buku, produk handmade, dan lainnya. Kamu pun bisa mempromosikan produkmu di marketplace Indonesia yang tersebar di Internet. 

Baca juga: Kerja Remote dari Rumah, Simak 5 Tips Agar Kamu Tetap Termotivasi

Tips agar barang jualanmu cepat laku: Foto semua produk kamu sebanyak dan semenarik mungkin, dengan pencahayaan yang terang dan dari berbagai angle.

Selain itu, berikan deskripsi sejelas-jelasnya, termasuk ukuran dan berat setiap produk yang kamu jual.


4Berjualan makanan

berjualan makanan - food delivery

Bila kamu memiliki passion di bidang makanan dan senang berkreasi, mungkin ini waktunya kamu memulai usaha di bidang makanan. Ada beberapa pilihan yang bisa kamu ambil. 

Yang pertama, kamu bisa berjualan makanan secara rutin, dengan menu yang kamu pilih sendiri, misalnya jajanan baso tahu atau mie ayam, dan berjualan di halaman rumah dengan memasang plang atau spanduk.

Yang kedua, kamu bisa berjualan frozen food siap saji, seperti chicken nugget, sosis, atau beef rollade secara online dan offline.

Baca juga: Ada Side Job? Kerjakan Saja di 7 Tempat yang Bikin Produktif Ini

Yang ketiga, kamu bisa menerima pesanan makanan atau kue-kue, jadi semacam catering kecil-kecilan.

Mulailah dengan membuat pamflet berisi menu-menu makanan atau kue yang bisa dipesan oleh orang-orang, lalu bagikan di sekitar lingkungan rumah dan lewat whatsapp atau sosial media lainnya. 


5Voice over/dubber

membuat podcast - menjadi voice talent - freelance voice over

Yang terakhir, kerja sampingan berpenghasilan besar yang dapat di lakukan di rumah adalah profesi sebagai voice over atau dubber.

Buat kamu yang memiliki suara khas dan berkarakter, sepertinya pas untuk mencoba profesi ini. 

Caranya mudah sekali. Coba buat sample suara kamu dalam bentuk file mp3, bila bisa bilingual dalam bahasa Indonesia dan Inggris tentu akan lebih baik.

Baca juga: Simpel tapi Menarik, Ini 4 Tips Membuat Proposal Freelancer

Setelah itu, kirimkan beserta CV singkat ke production house atau advertisement agency yang sering membutuhkan dubber untuk iklan dan video-video yang mereka buat.

Nah, itu tadi 5 kerja sampingan berpenghasilan besar yang bisa dilakukan di rumah. Semoga kamu tidak bingung lagi tentang bagaimana cara mendapatkan penghasilan walaupun terus berada di dalam rumah. Selamat bekerja!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.