6 Tips Mengerjakan Skripsi dan Magang di Waktu Bersamaan – Salah satu dilemma terbesar yang dialami oleh mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi dan magang di saat yang bersamaan adalah time management.

Bagaimana tidak, selain harus mengumpulkan dan mengolah data, bimbingan, serta revisi, kamu juga masih harus mengerjakan tugas sehari-hari saat magang.

Hmm…kalau kamu termasuk salah satu di antaranya, jangan kuatir ya. Karena sekarang kami punya solusinya buat kamu. Ini dia 6 tips mengerjakan skripsi dan magang di saat yang bersamaan

6 Tips Mengerjakan Skripsi dan Magang di Waktu Bersamaan

1Membuat jadwal rutin

menjadi freelancer sukses - charlyclements - tips magang hari pertama - sibuk - produktif - produktivitas - 6 Tips Mengerjakan Skripsi dan Magang di Waktu yang Bersamaan - manfaat magang
Sumber: dribble.com

Poin pertama yang akan kita bahas adalah membuat to-do-list alias daftar apa saja hal-hal yang musti dikerjakan. Membuat jadwal rutin sih gampang, yang susah itu menaatinya hehehe.

Kamu bisa membuat jadwal pengerjaan skripsi di jam-jam tertentu. Misalkan, waktu magang adalah Senin-Jumat, mulai pukul 8 pagi – 5 sore.

Baca juga: Kerja Freelancing Cocok untuk Tipe Introvert, Kenapa ya?

Berarti kamu memiliki waktu luang di malam hari. Nah, coba kerjakan skripsi secara dicicil setiap Senin-Jumat dari pukul 8 – 10 malam.

Walaupun sekilas porsi waktu mengerjakan skripsi tidak banyak, tapi apabila dilakukan secara kontinyu, pasti hasilnya akan cepat terlihat.

Selain itu, coba bagi tahapan pengerjaan bab dalam beberapa minggu. Sebagai contoh:

  • Minggu ke 1-5 = Pengumpulan data
  • Minggu ke 6-12 = Pengolahan data
  • Minggu ke 13-20 = Penyusunan skripsi, bimbingan, dan revisi
  • Minggu ke 21-24 = Persiapan sidang

Nah, kalau sudah dirinci seperti itu, hanya dalam waktu 6 bulan saja skripsi kamu pasti sudah beres dan siap untuk maju sidang, asyik kan?


2Punya playlist khusus

bekerja sambil mendengarkan musik
Gambar: ShutterStock

Sudah bukan rahasia lagi bahsa saat mengerjakan skripsi, kamu pasti akan menemukan titik jenuh. Ditambah lagi, badan yang lelah karena sudah seharian capek kerja magang. 

Bila itu terjadi, coba temani saat-saat mengetik skripsi dengan playlist lagu yang bersemangat.

Baca juga: Simpel tapi Menarik, Ini 4 Tips Membuat Proposal Freelancer

Ingat, jangan yang sendu dan ballad ya, nanti kamu malah mengantuk. Upbeat playlist ini berfungsi untuk merangsang panca indera yang sudah lelah agar tetap terjaga.

Selain musik, kamu juga bisa menyediakan camilan ringan untuk menemani membuat skripsi. Tapi ingat ya, jangan makanan yang terlalu berat. Nanti kalau kekenyangan kamu malah semakin mengantuk.


3Buat jurnal harian

menulis ebook - menjual ebook - Cara Milenial Menghasilkan Uang Dari Internet Secara Digital
Gambar: ShutterStock

Setelah membuat jadwal dan menyusun playlist lagu favorit, jangan lupa untuk membuat jurnal harian yang akan membantu kamu mengecek sudah sejauh mana perkembangan skripsi dan magangmu.

Hal ini penting, terutama bila selain pengerjaan skripsi, kamu juga mendapat tugas khusus dari supervisor tempat magang. 

Baca juga: Bosan Kerja Kantoran? Ini 7 Pekerjaan Freelance dengan Gaji Tinggi

Kamu bisa membuat jurnal ini di dua buku yang terpisah. Fungsinya, agar bisa kamu perlihatkan ke dosen pembimbing dan supervisor magang kamu.

Kenapa harus diperlihatkan? Supaya mereka bisa ikut memantau perkembangan pekerjaanmu sudah sejauh apa, dan memberikan masukan yang diperlukan.

Percaya deh, ini akan sangat membantu pengerjaan skripsi dan magang kamu ke depannya.


4Mengerjakan tugas sesuai tempat

karir freelance terbaik - freelancer - pekerja lepas - kerja remote - Karakter Freelancer Sukses

Satu tips penting mengerjakan skripsi dan magang di waktu yang bersamaan adalah jangan pernah mengerjakan tugas magang di luar kantor, atau mengerjakan skripsi saat sedang magang.

Selain hal itu membuat kamu tak terlihat profesional, hasilnya pun tidak akan maksimal.

Alasan lain mengapa mengerjakan skripsi tak sesuai tempat itu tak dianjurkan adalah kamu berpotensi salah memasukkan data, sebab biasanya pengerjakan dilakukan secara sembunyi-sembunyi karena takut ketahuan supervisor magang, ya kan?

Oleh karena itu, patuhilah jadwal yang telah kamu buat di poin 1. Kerjakan skripsi dan pekerjaan magang sesuai jadwal, juga di tempat yang seharusnya.


5Fokus

kerja freelancing introvert - kerja di rumah - kerja dari rumah - work from home
Gambar: ShutterStock

Saat sedang mengerjakan hal apapun, pusatkan perhatian kamu pada hal yang sedang kamu hadapi.

Tahan agar pikiranmu tak mengembara ke mana-mana. Fokus ini penting agar segala sesuatu yang kamu kerjakan bisa cepat selesai dengan hasil maksimal.

Coba bayangkan bila kamu sedang magang, tapi otakmu malah memikirkan data skripsi yang belum lengkap. Nanti yang ada malah skripsi tak selesai, tugas magang pun terbengkalai.


6Libur satu hari

freelancer bangun cepat - bangun pagi -bangun lebih awal
Gambar: ShutterStock

Bekerja dan mengerjakan skripsi terus-terusan tanpa henti tentu tak baik bagi otak dan kesehatan badan kamu.

Bisa-bisa kamu malah jatuh sakit, yang akan mengakibatkan pengerjaan skripsi dan program magang lebih lama.

Nah, agar hal itu tak terjadi, luangkan waktu libur minimal 1 hari dalam seminggu. Gunakan saat libur tadi untuk olahraga, jalan-jalan, atau sekedar santai nonton tv dan membaca novel kesayangan.

Intinya adalah beri waktu jeda pada otakmu setelah seminggu dipenuhi urusan magang dan skripsi ya.

Nah bagaimana 6 tips mengerjakan skripsi dan magang di waktu yang bersamaan tadi? Semoga bisa membantu kamu ya, agar tak kewalahan lagi. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan kamu juga, agar bisa menyelesaikan skripsi dan magang tepat waktu! 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.