Mau Jadi Freelancer Sukses? Miliki 3 Mindset ini!
M

3 Mindset yang Harus Dimiliki untuk Menjadi Freelancer SuksesBerperan seperti rel saat kita mencari nafkah dengan menjadi bos sekaligus karyawan bagi diri sendiri alias bekerja freelance.

Menguasai mindset yang tepat bisa membantu kita untuk menarik diri kembali ke jalur yang tepat saat sedang malas belajar hal baru, atu ingin foya-foya berlebihan dengan uang hasil kerja keras kita. 

Baca Juga: Sulit Dapat Kerja? Ini 8 Contoh Kerja Lepas untuk Penyandang Disabilitas

Pola pikir juga lah yang akan menentukan apakah kita akan bisa terus sukses di dunia pekerja lepas bahkan naik kelas menjadi seorang CEO di perusahaan kita sendiri. 

Nah pola pikir seperti apa sih yang bisa jadi kunci sukses freelancer? Simak terus artikel ini ya.

3 Mindset yang Harus Dimiliki untuk Menjadi Freelancer Sukses

Mindset Freelancer #1, Komitmen

Ini adalah rel utama yang akan menjaga kamu ada di jalur karir yang tepat saat bekerja lepas. Tanpa komitmen kamu akan kehilangan kredibilitas yang berarti juga karirmu akan selesai.

Mindset untu berkomitmen tidak hanya menyangkut satu aspek tapi banyak aspek di dunia kerja lepas yang sedang kamu geluti, diantaranya:

1
1. Waktu

Kamu harus bisa berkomitmen terhadap waktu baik waktu untuk dirimu sendiri, maupun waktu untuk klien.

Tanpa komitmen waktu untuk menjaga dirimu sendiri kamu akan burnout dan kerjaan bisa terbengkalai. Karena itu, komitmen waktu di sini juga menyangkut work-life balance.

Baca Juga: 10 Peluang Kerja Online yang Harus Dicoba Sekarang

Komitmen terhadap waktu juga bisa kamu tunjukkan dengan menyediakan waktu khusus untuk belajar hal baru. Tidak tergoda mengambil job di periode pengembangan diri yang sudah kamu tentukan adalah sebuah komitmen yang besar. 

Selain untuk diri sendiri, kamu juga harus menjaga komitmen waktu untuk klien. Kalau kamu dibayar perjam, gunakan tiap jamnya seefisien mungkin. Kalau kamu dibayar untuk satu proyek penuh, tepati setiap tenggat waktu, jangan kecewakan klien karena telah mempercayaimu.

2
2. Uang

Kamu mungkin mengira bahwa uang yang kamu hasilkan adalah uang yang sepenuhnya bisa kamu konsumsi, maaf, kamu salah. Pegang komitmen untuk mengalokasikan sebagian penghasilan untuk dana pengembangan bisnis, itu baru benar.

Selain itu cara kamu mengatur keuangan seperti menyisihkan dana pajak dan dana darurat juga merupakan bentuk komitmen kamu terhadap uang. Tanpa kemampuan ini keuanganmu akan carut marut.

3
3.  Fokus

Di dunia yang penuh distraksi ini attention atau perhatian perlahan tapi pasti sudah mengukuhkan posisinya sebagai sumber daya. Karena itu ke mana perhatianmu kamu berikan di situlah kamu berinvestasi.

Baca Juga: 10 Situs Freelance yang Wajib Dicoba Seluruh Freelancer

Merencanakan jadwal untuk esok hari di malam sebelumnya bisa jadi cara efektif untuk mengatur apa fokusmu bahkan sebelum hari dimulai.

Memakai aplikasi untuk mengukur seberapa jauh kamu bertahan fokus melakukan sebuah pekerjaan juga bisa jadi salah satu alternatif untuk berkomitmen terhadap alokasi perhatianmu. 

Semakin tinggi komitmenmu untuk fokus maka akan semakin besar kemungkinan untuk sukses di dunia freelance.


Mindset Freelancer Sukses #2, Kesabaran

Sudah berkomitmen, kini saatnya untuk sabar. Sabar di sini bukan dalam artian pasif, melainkan kemampuan untuk terus menunggu hasil sambil tetap berusaha dan mengevaluasi. 

Berkarir sebagai freelancer, ada beberapa hal yang menuntut kesabaranmu:

4
1. Klien Pertama

Untuk mendapatkan klien pertama tentu membutuhkan kesabaran. Ada yang butuh waktu panjang untuk “pecah telor” ada yang hanya perlu waktu singkat.

Baca Juga: Menulis Artikel Dibayar? Ini 5 Situs yang Bisa Kamu Manfaatkan

Namun jika ternyata kamu termasuk yang butuh waktu lama, maka kamu sangat perlu mempraktekkan kesabaran.

Sambil tetap sabar, kamu harus mempraktekkan cara-cara mendapatkan klien pertama, ini baru sabar yang benar, tetap aktif. 

5
2. Klien Sulit

Beberapa klien tidak hanya hadir di hidup kita untuk menambah pemasukan atau memperkaya portfolio, tetapi juga untuk menguji kesabaran. 

Pelajari bagaimana cara menghadapi klien sulit sambil mengatasi situasi panas dengan kepala dingin. Jika kamu menguasai teknik ini maka kamu sudah satu langkah lebih dekat menjadi seorang freelancer sukses.

6
3. Kesalahan

Kesalahan pasti dilakukan setiap orang dalam pekerjaannya, jika kamu freelancer pemula, maka kesempatan membuat kesalahan akan semakin besar. Di sinilah kamu butuh kesabaran untuk memperbaiki kesalahanmu, misalnya dengan mengkomunikasikan apa yang terjadi dengan klien dan  meminta perpanjangan waktu untuk merevisi. 

7
4. Sukses

Sebenarnya sukses bisa didefinisikan macam-macam, bisa kredibilitas, bisa materi, bisa kebebasan. Agar mudah diukur, anggaplah sukses di sini adalah pundi-pundimu yang bertambah. 

Kamu mungkin tidak mendapatkan penghasilan $10.000 di bulan pertama kamu bekerja freelance, tapi suatu saat nanti mencapai angka itu bukanlah hal mustahil. 

Untuk sampai ke posisi yang kamu inginkan pastinya kamu butuh kesabaran untuk menghadapi semua kendala dan rintangan.


Mindset Freelancer Sukses #3, Pengambil Risiko

Menjadi seorang freelancer kamu tidak bisa mempunyai pola pikir yang sama dengan saat kamu bekerja kantoran. Saat kamu memutuskan meninggalkan pekerjaan 9 – 5 mu, sat itulah kamu memutuskan keluar dari zona nyaman.

Beberapa hal ini butuh mindset freelancermu sebagai pengambil risiko supaya kamu bisa sukses di dunia kerja lepas.

8
1. Mengasah Keterampilan Untuk Menjadi Freelancer Sukses

Salah satu karakteristik portfolio yang baik adalah portfolio yang beragam, tidak hanya pekerjaan yang itu-itu saja.

Bagaimana cara menyusun portfolio yang beragam? Salah satunya dengan aktif mengasah keterampilan yang bisa dilakukan dengan cara mengambil job yang beragam juga. 

Butuh pola pikir pengambil risiko untuk mengumpulkan keberanian mengambil job yang di luar zona nyaman kita. Karena itu jika kamu belum mempunya mindset ini, kamu harus mulai melatihnya dari sekarang

9
2. Pitching ke Klien

Nah, bagaimana caranya mengambil job yang sebelumnya belum pernah kita kerjakan?

Tentunya dengan berani untuk pitching ke klien, mengapa kita orang yang tepat untuk melakukan pekerjaan tersebut tanpa ada pengalaman sebelumnya.

Kalau perlu hanya minta dibayar jika pekerjaan kita sudah mendatangkan hasil.

Itu tadi mindset freelancer yang harus kamu miliki agar kamu bisa mendulang sukses di dunia kerja lepas ini. 


Baca Juga: 

Kontributor
Kontributorhttps://kerjalepas.com/
Penulis kontributor untuk Kerja Lepas. Membahas tentang berbagai hal seputar pekerja lepas atau freelancer dan segala hal yang menyangkut freelancing.

Artikel Menarik Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.