Mau Mulai Kerja Freelance? Daftar Dulu ke 7 Kursus Online Ini
M

Mau Mulai Kerja Freelance? Daftar Dulu ke 7 Kursus Online Ini – Kamu pasti pernah berpikir bagaimana para pekerja lepas senior bisa mendapatkan pekerjaan-pekerjaan keren dengan honor besar.

Jawabannya adalah karena selain pengalaman, mereka juga bisa memenuhi ekspektasi klien dengan skill yang mereka punya.

Kendala menjadi freelancer pemula adalah masih terbatasnya skill, baik skill teknikal maupun soft skill lain yang dapat mendukung pekerjaanmu. 

Untuk mengisi gap skill yang ada, kamu perlu belajar hal baru. Menguasai keterampilan baru bisa kamu dapatkan dengan mengikuti workshop di dunia nyata atau mendaftar kursus di dunia maya.

Baca Juga: Sulit Dapat Kerja? Ini 8 Contoh Kerja Lepas untuk Penyandang Disabilitas

Walaupun kursusnya di dunia maya, namun skill nya bisa kamu praktekkan secara nyata di pekerjaan freelancemu dan pastinya akan mendatangkan pemasukan lebih untuk kamu. 

Ini dia beberapa kursus online yang bisa kamu daftar untuk menguasai keterampilan baru:

7 Kursus Online Untuk Meningkatkan Skill Kerja Freelance

Kursus Online Skillshare

Di Skillshare kamu bisa menemukan kelas-kelas menarik secara gratis atau kamu misa menjadi member untuk mendapatkan akses ke lebih dari 20 ribu kelas premium mereka.

Baca Juga: 8 Cara Milenial Menghasilkan Uang Dari Internet Secara Digital

Kelas yang bisa kamu ikuti di Skillshare juga beragam. Mau belajar entrepeneurship? Bisa. Mau belajar menulis kreatif?Ada. Mau tau lebih jauh tentang digital marketing?Juga Ada.

Selain kelas, Skillshare juga menyediakan workshop online. Bedanya workshop dengan kelas online biasa, jadwal workshop sudah ditentukan oleh pengajar dan tim skillshare.

Jadi kamu bisa belajar langsung dengan pengajar dan siswa-siswa lain. 


Tingkatkan Keahlian Kerja Freelance di Udemy

Menamatkan satu kelas di Udemy kamu bisa menambah daftar training kamu di resume. 

Di udemy kamu bisa membeli kurus berbayar mulai dari Rp 100 ribuan sampai jutaan. Kursus yang berharaga jutaan di Udemy merupakan skil-skill yang juga mahal di pasaran seperti technical writing.

Kalau kamu ingin mencoba dulu sebelum membeli, ada juga kok beberapa kursus gratis yang disediakan. Jangan lupa Udemy juga sering memberikan diskon, jadi kamu harus rajin-rajin mengecek web Udemy.


Linkedin Learning, Referensi Penting Untuk Kerja Freelance

Fitur tambahan dari Linkedin ini bekerja sama dengan Lynda.com untuk menyediakan akses ke 15.000 kursus online.

Di Linkedin Learning, kamu tidak membayar per kursus tapi harus menjadi anggota yang membayar biaya bulanan atau tahunan.

Baca Juga: Ingin Resign dan Jadi Full Time Freelancer? Tanyakan 8 Hal Ini Dulu

Keuntungan dari menjadi anggota Linkedin learning kamu bisa mendapat rekomendasi kursus yang bisa kamu ikuti sesuai dengan titel profesionalmu di profil Linkedin. 

Selain itu, Linkedin kamu juga akan langsung terupgrade menjadi premium sehingga kamu bisa mengontak orang lewat message walaupun orang tersebut bukan networkmu.

Yang pasti, beragam kursus yang ada di Linkedin Learning bisa meningkatkan keahlianmu akan bidang tertentu, dan yang pasti akan mendongkrak peluangmu saat terjun ke dunia kerja freelance.


Coursera

Coursera merupakan web penyedia kelas online yang diselenggarakan oleh universitas-universitas ternama di dunia. Kebanyakan kelas di sini gratis atau setidaknya bisa kamu nikmati gratis selama masa trial 7 hari.

Selain itu, Coursera juga merupakan tempat yang tepat kalau kamu ingin mendapatkan kursus bersertifikat, mengingat penyedia kursus merupakan universitas terpercaya.

Coursera menyediakan banyak sekali kursus online dengan cakupan topik yang amat beragam, cocok sekali digunakan bagi kamu yang ingin meningkatkan skill untuk kerja freelance.


Kursus Online Fiverr

Tidak ada freelancer yang tidak tahu Fiverr, sebuah marketplace besar tempat penyedia dan pencari jasa freelance bertemu.

Baca Juga: 10 Peluang Kerja Online yang Harus Dicoba Sekarang

Selain menyediakan pasar bagi penjaja kerja seperti kita, Fiverr juga menjaga kualitas sellernya, alias freelancer dengan menyuguhkan layanan kursus berkualitas.

Pengajar kursus online di Fiverr merupakan ahli-ahli di bidangnya. Sebagai contoh Ian Cleary, seorang content marketing profesional mengajar kursus dengan topik Blog Content Strategy

Fiverr menerapkan sistem yang sama dengan udemy, yaitu kamu membayar harga per kursus, bukan langganan bulanan.

Baca Juga: Tambah Penghasilan dengan 10 Kerja Sampingan untuk Mahasiswa Ini

Walaupun harga kursus di Fiverr lebih mahal, namun sepadan mengingat pengajar-pengajarnya adalah para ekspert.


Kelas Freelance HayAcademy

Kalau 5 kelas online di atas berbahasa Inggris, maka ada satu kelas online berbahasa Indonesia yang bisa kamu coba dari Kelas Freelance HayAcademy.

E-course dari HayAcademy ini digawangi oleh Yoko Bomb, seorang freelancer dengan pengalaman lebih dari lima tahun.

Baca Juga: 10 Situs Freelance yang Wajib Dicoba Seluruh Freelancer

Materi yang diajarkan di kelas ini cukup lengkap. Di kelas ini, kamu akan diajak untuk mengetahui apa  itu bekerja freelance, sistem pembayaran, cara membuat invoice, portfolio, menguasai situs-situs Freelance seperti Upwork dan Fiverr sampai software yang bisa mendukung pekerjaanmu. 

Tidak ada ruginya mengikuti kelass ini kalau kamu adalah freelancer pemula.


Beragam Kursus Online di SkillAcademy

Satu lagi kursus daring berbahasa Indonesia, SkillAcademy by RuangGuru. Di sini kamu bisa meningkatkan diri kamu dengan keterampilan esensial sebagai pekerja lepas. 

Beberapa kategori kelas yang bisa kamu pilih di SkillAcademy adalah pemasaran, teknologi dan software, pengembangan diri, serta bisnis dan keuangan.

Baca Juga: Menulis Artikel Dibayar? Ini 5 Situs yang Bisa Kamu Manfaatkan

Di situs penyedia kelas online ini kamu juga hanya perlu membayar per kursus, jadi tidak perlu berlangganan. Jangan khawatir, mereka juga sering memberi diskon kok sehingga harga kursus jadi terjangkau. 

Dengan rajin mengikuti kursus online, berarti kamu peduli terhadap pengembangan diri sendiri.

Baca Juga: 

Ini mindset penting sebagai pekerja lepas, karena kalau kita terlena berda di zona nyaman bisa-bisa kita tertinggal dari para freelancer lain, dan tanpa kita sadari job akan semakin berkurang. 

Selamat belajar ilmu baru!


Kontributor
Kontributorhttps://kerjalepas.com/
Penulis kontributor untuk Kerja Lepas. Membahas tentang berbagai hal seputar pekerja lepas atau freelancer dan segala hal yang menyangkut freelancing.

Artikel Menarik Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.